pendidikan

Inilah Syarat Masuk Jurusan Sastra Inggris yang Perlu Diketahui

Mempelajari bahasa Inggris sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan mengikuti kursus atau belajar secara otodidak. Sehingga, banyak calon mahasiswa yang berminat untuk masuk ke jurusan Sastra Inggris. Adapun syarat masuk jurusan Sastra Inggris ini tidaklah sulit.

Secara umum jurusan Sastra Inggris akan mendalami bahasa Inggris, namun bukan hanya itu saja. Karena juga mempelajari latar belakang, perkembangan, tata bahasa, dan berbagai terapannya. Termasuk mempelajari kesusastraannya.

Persyaratan Akademis untuk Masuk Jurusan Sastra Inggris

Syarat masuk jurusan Sastra Inggris yang pertama adalah persyaratan akademis yang berhubungan dengan pendidikan tingkat menengah serta berbagai kelengkapan yang sifatnya administratif. Berikut adalah penjelasannya:

1. Telah Menyelesaikan Pendidikan Tingkat Menengah

Persyaratan akademis yang pertama tentunya calon mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan tingkat menengah yaitu SMA atau setara. Mengenai standar nilai kemungkinan bisa berbeda antar tiap perguruan tinggi. Tapi jelas, harus sudah menyelesaikan pendidikan menengahnya terlebih dulu.

2. Lolos Seleksi Perguruan Tinggi

Sebagai salah satu syarat masuk jurusan Sastra Inggris yang utama, tentunya harus bisa lolos dari seleksi yang diadakan oleh perguruan tinggi tersebut. Masing-masing perguruan tinggi memiliki cara dan proses berbeda, dengan standar yang berbeda juga.

Umumnya, bentuk seleksinya berupa tes tertulis yang diadakan di kampus. Selain itu, juga dilihat dari nilai yang didapatkan saat kelulusan pendidikan tingkat menengah. Pada beberapa perguruan tinggi, terkadang ada tes berbentuk wawancara.

Walaupun tidak semua perguruan tinggi menerapkan proses wawancara, jika memang ada, untuk jurusan Sastra Inggris akan diadakan wawancara dalam bahasa Inggris. Jadi calon mahasiswanya harus mempersiapkan diri.

3. Menyelesaikan Proses Administrasi

Tentu saja untuk dapat mengikuti perkuliahan, para mahasiswa harus menyelesaikan dulu semua proses administrasi yang diperlukan. Biasanya dalam bentuk seperti ini:

  • Dokumen pribadi. Seperti: identitas diri, foto, salinan Ijazah SMA dan Transkrip Nilainya, Surat Keterangan Kelakuan Baik, Akte Lahir, dan dokumen lain yang diminta.

  • Pembiayaan. Yaitu uang kuliah dan kelengkapannya.

Persyaratan Pribadi Calon Mahasiswa untuk Masuk Jurusan Sastra Inggris

Jika syarat masuk jurusan Sastra Inggris di atas berkaitan dengan persyaratan akademis. Kali ini yang dibahas adalah persyaratan pribadi, berhubungan dengan kemampuan dasar para calon mahasiswa. Berikut adalah penjelasannya:

1. Memiliki Minat Pada Bidang Ini

Mempelajari sesuatu yang asing tidak akan mudah dilakukan jika tidak memiliki minat. Mempelajari bahasa Inggris dengan segala detail dan sejarahnya bukan sesuatu yang bisa dianggap ringan. Karena bukan budaya sendiri, sehingga memang belajar dari dasar. Tanpa minat maka akan berat mempelajarinya.

2. Sudah Punya Keterampilan Bahasa Inggris

Paling tidak, calon mahasiswa telah memiliki kemampuan atau keterampilan dalam bahasa Inggris. Karena jelas akan mempelajari segala sesuatu yang banyaknya nanti tersedia dalam bahasa Inggris. Jika sama sekali tidak bisa berbahasa Inggris, tentunya akan menyulitkan dalam belajar dan mencari informasi.

3. Suka Membaca

Sesuai jurusannya, syarat masuk jurusan Sastra Inggris haruslah suka membaca. Karena jurusan ini, akan mempelajari berbagai karya dan kreasi yang mayoritas tercetak dalam buku. Jika tidak suka membaca, bagaimana caranya mempelajari semua materi dan tugasnya?

Apalagi jika harus melakukan penelitian dengan membedah karya bentuk novel, puisi, dan berbagai bentuk lainnya. Semua dilakukan dengan membaca dan banyak yang dalam bahasa Inggris. Jadi kesukaan membaca itu sangat penting.

4. Punya Kemampuan Menulis

Satu hal lagi sebagai syarat masuk jurusan Sastra Inggris, yaitu mempunyai kemampuan menulis. Ini berhubungan dengan pembuatan karya Sastra, yang nantinya akan dilatih selama perkuliahan. Misalnya berkomunikasi melalui tulisan dengan menghasilkan karya tertulis dalam aneka bentuk.

Contohnya pembuatan cerita pendek, karya tulis, resensi, dan sejenisnya. Karena mempelajari bahasa dan sastra juga melibatkan cara komunikasi tertulis, agar bisa dipahami oleh orang lain.

Syarat masuk jurusan Sastra Inggris memang tidak sulit. Tapi kemampuan dan minat pribadi juga penting agar bisa lancar dalam perkuliahan dan bisa berhasil dalam karir nantinya. Sebagai bahasa internasional, kemampuan berbahasa Inggris yang benar akan sangat menguntungkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button