Belajar Komputer Otodidak Ternyata Mudah, Begini Penjelasannya!

Belajar komputer otodidak bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian besar orang, terutama anak milenial. Pasalnya kemampuan mengoperasikan komputer saat ini sudah menjadi sebuah keharusan. Berikut beberapa cara atau metode belajar komputer yang dapat diterapkan yaitu:

1. Memiliki Tekad Untuk Belajar

Untuk dapat belajar komputer otodidak seseorang diharuskan terlebih dahulu memiliki tekad belajar. Hal ini tidak berlaku untuk belajar komputer saja, tetapi juga untuk semua jenis pelajaran, mengapa? Jika tekad untuk belajar telah dimiliki, maka sebuah ilmu akan mudah dikuasai.

Pastikan bahwa tekad agar dapat menguasai komputer telah tertanam di dalam hati. Hal ini akan memunculkan semangat dan motivasi tersendiri tentunya dalam mempelajari hal-hal yang bersangkutan dengan komputer. Sebagai bahan penguat, pengguna dapat memberikan reward apabila telah berhasil mempelajarinya.

2. Memahami Dasar Komputer

Selanjutnya hal yang dapat dilakukan saat pertama kali memulai belajar komputer yaitu dengan mempelajari dasar-dasar komputer. Hal ini merupakan bagian terpenting yang nantinya dapat memudahkan pengguna memahami isi komputer yang lebih kompleks. Jadi proses belajar pun teratur dan terstruktur.

Untuk dasar-dasar yang terdapat dalam komputer sendiri terbagi ke dalam 3 bagian yaitu, brainware, software dan hardware. Secara umum, brainware dapat diartikan sebagai otaknya komputer. Sedangkan software adalah perangkat lunak dan hardware adalah kebalikannya yaitu perangkat keras.

3. Menguasai Mouse dan Touchpad

Bagi para pemula, mouse ataupun touchpad bisa saja menjadi salah satu hal yang sulit untuk dikuasai. Namun perlu diketahui, mouse sendiri dapat dipakai untuk perangkat laptop atau komputer. Berbeda dengan touchpad yang hanya terpasang pada laptop.

Biasanya kesulitan yang dihadapi oleh para pemula akan terlihat dari cara pemakaiannya yang kaku. Untuk dapat menguasainya dengan baik, pemula tentu harus belajar dengan cara mencobanya terus-menerus. Pasalnya mouse dan touchpad terasa mudah karena terbiasa digunakan.

4. Memakai Sistem Operasi

Selanjutnya belajar komputer pun dapat dimulai dengan menggunakan sistem operasi yang terdapat pada komputer. Pada umumnya sistem yang terdapat pada sebuah komputer adalah Windows. Langkah awal dapat dipelajari dengan mencoba untuk menghidupkan dan mematikan komputer.

Tidak hanya itu, sistem operasi kerja dasar lainnya yaitu melakukan klik kanan atau kiri, restart komputer, refresh. Selanjutnya pengguna juga belajar secara bertahap untuk menemukan atau membuka sebuah program. Pelajari juga cara melakukan penyimpanan file dan lainnya.

5. Mempelajari Keyboard

Jika pengguna telah terbiasa memakai mouse dan touchpad, selanjutnya pelajari keyboard yang terhubung pada komputer atau laptop. Pengguna dapat memulainya dengan mengetikkan kata-kata ataupun kalimat menggunakan keyboard. Mulailah dengan memposisikan jari-jari tangan pada setiap huruf yang ada di keyboard.

Untuk dapat menggunakan keyboard dengan baik dan benar tentu ada metode yang harus diterapkan. Terdapat beberapa cara serta tips yang dapat digunakan sebenarnya. Untuk lebih lanjut, simak berikut ini tips yang dapat ditiru di antaranya yaitu:

  • Memakai satu jari telunjuk untuk menemukan huruf.

  • Ketika sudah mulai mengenal letak huruf, mulailah untuk menggunakan dua tangan yaitu telunjuk dan jempol.

  • Jika sudah lancar dengan dua jari, mulailah untuk menggunakan jari lainnya dalam mengetik.

6. Mempelajari Cara Shortcut

Kemampuan dasar untuk mengetik sudah dapat dilakukan dengan baik? Sekarang pengguna bisa mulai mempelajari cara shortcut komputer yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan keyboard. Mengingat shortcut keyboard adalah sebuah perintah yang memanfaatkan tuts.

Itulah penjelasan tentang cara belajar komputer otodidak yang dapat diaplikasikan dengan mudah oleh para pemula. Berdasarkan penjelasan yang telah dijabarkan, metode otodidak hanya berlaku bagi mereka yang memiliki tekad belajar tinggi. Jika hal tersebut sudah dimiliki, maka apapun itu akan mudah untuk dikuasai.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.