pendidikan

6 Cara Lulus SBMPTN ,Dijamin Masuk di Universitas Favorit!

Cara lulus SBMPTN menjadi salah satu kata kunci pembahasan paling banyak dicari oleh pelajar tahun ke tiga. Pasalnya di tahun ketiga bersekolah siswa akan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu universitas. Berikut beberapa cara untuk dapat lulus SBMPTN yaitu:

1. Mempelajari Soal SBMPTN Tahun Lalu

Cara lulus SBMPTN pertama yang dapat dilakukan oleh setiap pelajar yaitu dengan mempelajari soal-soal SBMPTN tahun lalu. Mengingat tipe-tipe soal yang diujikan biasanya mirip dan cenderung sama. Oleh sebab itu, carilah beberapa soal dari tahun ke tahun dan mulai mempelajarinya.

Setelah berhasil menguasai berbagai bentuk soal dengan baik. Para pelajar juga dapat melatih tingkat kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal yang dapat dilakukan dengan menggunakan stopwatch. Hal ini dilakukan agar dapat mengerjakan soal tepat waktu.

2. Melatih Fokus dan Target

Berbeda dengan ujian sekolah, ujian SBMPTN skalanya bukan lagi sekolah, tetapi nasional. Para pelajar akan bersaing dengan ribuan pelajar yang ada di Indonesia untuk dapat masuk perguruan tinggi negeri. Supaya tidak kalah dalam ujian, pelajar tentu harus melatih fokus dan target.

Persiapan SBMPTN sendiri, idealnya dapat dipersiapkan selama 6 bulan sebelum jadwal ujian ditetapkan. Dalam hal ini, pelajar dapat mulai melatih fokus dan juga target setiap harinya. Pastikan bahwa dalam 1 minggu kemampuan memahami materi tertentu dapat dikuasai.

3. Mempelajari Konsep Bukan Menghafal

Selanjutnya cara lulus SBMPTN yang dapat dilakukan yaitu dengan mempelajari setiap konsep dan tidak menghafalnya. Pasalnya metode menghafal butuh waktu yang lama dan dapat hilang jika soal berganti. Berbeda dengan memahami sebuah konsep yang soalnya dapat diganti dan dirubah.

Asalkan konsep soalnya sama, pelajar tentu akan sangat mudah untuk menyelesaikannya. Pasalnya soal-soal yang diujikan pada SBMPTN adalah soal yang berada pada level HOTS yang berputar pada soal C5 hingga C6. Memungkinkan kemampuan berpikir kritis pun sangat dibutuhkan.

4. Melakukan Latihan Soal Sebanyak Mungkin

Pemahaman yang cukup pada sebuah materi memang penting, tetapi pelajar juga harus memperhatikan kemampuannya. Hal ini dapat dinilai dengan melakukan latihan soal sebanyak mungkin. Pasalnya semakin banyak soal yang diselesaikan, maka akan semakin terbiasa memecahkan soal.

5. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Sebelum melakukan ujian SBMPTN yang sesungguhnya, pelajar akan dihadapkan pada ujian UNBK. Ketika sedang mempersiapkan, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental. Hal ini dapat dimulai dengan mengatur jadwal tidur dan banyak berolahraga.

Jika fisik sudah bugar dan badan terasa sehat, maka otak pun akan nyaman ketika dibawa untuk belajar. Selain itu, pastikan juga pikiran terfokus pada hal-hal yang positif dan tidak memikirkan hal yang negatif. Memungkinkan mental untuk menghadapi ujian pun tetap stabil.

6. Mengatur Jadwal Belajar

Kegiatan rutin yang dilakukan agar lulus ujian SBMPTN yaitu mengatur jadwal belajar yang tepat. Untuk waktu belajar biasanya tiap orang akan berbeda-beda, ada yang suka belajar di pagi hari, malam ataupun siang. Mulailah dengan memilih waktu belajar yang disukai.

Pastikan belajar dalam keadaan mood atau dalam suasana hati yang baik. Memungkinkan proses belajar yang dilakukan dapat diserap otak dengan baik, jika dibandingkan dalam suasana hati yang buruk. Pelajar juga dapat mengatur waktu efektif dan efisien sesuai dengan gaya belajar.

Nah, itulah penjelasan seputar bagaimana cara lulus SBMPTN sehingga dapat diterima di perguruan tinggi. Berdasarkan cara yang telah dijelaskan, pastikan untuk mulai mengaplikasikannya. Memungkinkan peluang untuk lulus dan diterima di universitas terfavorit pun tinggi.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button