Ini Dia 4 Prospek Kerja Teknik Mesin yang Perlu Diketahui

Bagi pelajar yang ingin masuk ke jurusan teknik mesin, tentu sangat ingin mengetahui prospek kerja teknik mesin saat nantinya sudah lulus. Hal ini menjadi poin yang banyak dicari tahu pelajar dengan tujuan mendapatkan masa depan lebih baik.

Bukan hanya menjadi keinginan anak namun, setiap orang tua tentu juga memiliki harapan yang sama. Lalu, apa saja sebenarnya kemungkinan prospek pekerjaan untuk lulusan teknik mesin? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut:

Mengenal Jurusan Teknik Mesin Secara Singkat

Teknik mesin pada dasarnya, merupakan jurusan paling tua yang ada di dunia. Jurusan ini, umumnya akan mempelajari disiplin ilmu gabungan dari fisika mesin juga matematika. Akan ada banyak materi mengenai perhitungan dalam jurusan ini.

Adanya ilmu hitung dalam jurusan ini, pada dasarnya menjadi penting untuk membantu pelajar mengetahui cara dalam membuat dan memperhitungkan pembuatan suatu mesin. Tentunya dengan perhitungan yang tepat menggunakan ilmu matematika juga fisika inilah, nantinya fungsi mesin dapat dimanfaatkan.

Adanya ilmu ini dalam teknik mesin, nantinya juga akan membantu pelajar dalam mengetahui kekurangan pada saat mesin dibuat. Berbagai materi lain seperti aliran air, aliran listrik juga desain mesin adalah hal lain yang akan dipelajari menggunakan ilmu tersebut.

Pada dasarnya, melakukan analisis serta dapat menggambarkan desain mesin juga menjadi materi lain dalam jurusan ini. Tentunya dalam jurusan ini, juga akan membuat pelajar banyak melakukan praktik lapangan.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin

Pada dasarnya, setiap lulusan pendidikan pasti akan mendapatkan kesempatan kerja yang berbeda. Hal ini tergantung dari kemampuan, dimana akan ada faktor pendukung bernama keberuntungan di belakangnya.

Tentunya, hal ini pun akan berlaku sama pada prospek kerja teknik mesin yang umumnya memiliki banyak kemungkinan. Lalu, apa  jenis pekerjaan cocok untuk jurusan ini? Mari simak ulasan berikut:

1. Menjadi Bagian dari Sistem Analis

Prospek kerja teknik mesin yang bisa dicoba oleh jurusan ini adalah menjadi bagian dari sistem analis. Pada dasarnya, pekerjaan satu ini memang lebih banyak dikuasai oleh jurusan IT.

Namun, tentunya bukan berarti lulusan teknik mesin tidak bisa mencoba melamar pada posisi ini. Biasanya lulusan teknik mesin bisa menjadi bagian dari posisi ini di pabrik, untuk membantu melakukan analisis terhadap mesin pabrik itu sendiri.

2. Menjadi Perancang atau Teknisi Mesin

Perancang desain mesin juga menjadi kemungkinan prospek berikutnya yang bisa dijadikan pilihan oleh lulusan teknik mesin. Tentunya, prospek kerja ini akan menjadi kemungkinan positif yang bisa dicoba oleh lulusan teknik mesin.

Menjadi perancang desain mesin, tentunya juga bisa dirangkap sebagai teknisi mesin itu sendiri. Tentunya kesempatan menjadi perancang juga teknisi mesin ini, akan menjadi kesempatan kerja yang tepat untuk lulusan teknik mesin.

3. Menjadi Salah Satu Bagian pada Industri Otomotif

Industri otomotif adalah tempat dengan kesempatan cukup besar untuk lulusan teknik mesin. Biasanya industri ini, akan selalu membutuhkan lulusan teknik mesin untuk dapat membantu produksi pembuatan kendaraan.

4. Menjadi Bagian dari Industri Bioteknologi

Kesempatan kerja yang bisa dijadikan opsi oleh lulusan teknik mesin berikutnya adalah pada industri bioteknologi. Pada industri ini, nantinya lulusan dari jurusan teknik mesin bisa membantu dalam perancangan pembuatan mesin bioteknologi.

Tentunya dalam pembuatan mesin ini nantinya akan membutuhkan banyak pertimbangan supaya nantinya mesin dapat dimanfaatkan. Khususnya dalam kehidupan makhluk hidup setiap harinya.

Itulah tadi 4 prospek kerja teknik mesin yang bisa dijadikan referensi bagi lulusan teknik mesin saat akan mencari kerja. Pada dasarnya prospek kerja dari jurusan ini memang cukup banyak di Indonesia karena jurusan ini pun juga termasuk dalam keterampilan kerja.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.