5 Tips Mengerjakan Tes TOEFL Agar Mendapat Skor Tinggi

Tes TOEFL, bukanlah tes mudah yang bisa dikerjakan tanpa persiapan. Jika ingin mendapat hasil yang baik, maka skornya harus tinggi. Lantas apakah ada tips mengerjakan TOEFL yang bisa diikuti?

Setidaknya ada lima tips berbeda yang tentunya sangat pas untuk dijalankan. Penasaran apa saja tips yang bisa dijadikan pedoman selama pengerjaannya? Untuk mengetahuinya, simak detail uraian berikut ini secara mendalam dan menyeluruh:

1. Temukan Kata Kunci

Saat mengerjakan TOEFL, maka menemukan kata kunci merupakan dasar utama dari proses pengerjaan. Apalagi saat mengerjakan bagian reading, tips ini akan sangat berguna. Cari saja kata kunci yang berhubungan dengan soal, kemudian temukan juga yang ada dalam bacaan.

Proses ini, bisa diikuti dengan baik asal pihak yang mengerjakan soal sudah peka. Kepekaan ini, tentunya bisa didapatkan setelah terbiasa mengerjakan soal serupa. Dengan terbiasa, maka proses menemukan kata kunci tidak perlu memakan waktu yang lama.

Namun jika tidak terbiasa, pastikan untuk memahami sedikit soal yang diberikan. Kemudian temukan bagian yang dijadikan kata kunci, dan terakhir cari jawabannya di bagian bacaan yang diberikan. Meski sulit untuk yang masih belum familiar, namun proses ini akan sangat membantu.

2. Baca Pertanyaan Sebelum Membaca Bacaan

Untuk meminimalisir waktu, proses pengerjaan bisa dimulai dengan membaca soalnya terlebih dahulu. Apabila soal sudah dibaca, maka bisa dilanjutkan dengan membaca bacaan untuk menemukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan.

Mungkin sampai saat ini, banyak yang mengawali proses pengerjaan dengan membaca bacaannya terlebih dahulu. Padahal, metode ini bukanlah metode yang pas untuk diikuti karena bisa membuat waktu terbuang sia-sia. Oleh sebab itu, baca soalnya terlebih dahulu.

3. Baca Kalimat Terdekat dengan Kata Kunci

Tips mengerjakan TOEFL yang ketiga adalah dengan membaca kalimat di bacaan yang letaknya sebelum serta sesudah kata kunci. Apabila saat membaca kalimat yang mengandung kata kunci masih kesulitan menemukan jawaban, maka baca kalimat lain di sekitarnya.

Trik yang satu ini, mungkin jarang diketahui banyak pihak. Padahal, dengan membaca kalimat sekitarnya maka kemungkinan menemukan jawaban akan lebih besar. Hal ini sangat layak untuk diterapkan, mengingat sudah banyak yang membuktikan keberhasilannya.

4. Lakukan Skimming untuk Menemukan Kata Kunci

Apabila perintah soal adalah menemukan maksud dari suatu kata yang ada di kalimat, maka perlu melakukan proses skimming. Metode ini diperlukan, untuk menemukan maksud atau arti dari kata yang dirujuk. Apabila prosesnya diikuti dengan baik, maka metode ini bisa menemukan jawaban yang tepat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa akan ada kata “except” yang menjebak. Kata ini bisa ada atau tidak di dalam pertanyaan. Agar tidak salah pilih, maka baca pertanyaannya dengan baik sebelum memilih jawabannya. Proses ini, akan sangat membantu dalam tahapan pengerjaan.

5. Jawab Soal dengan Percaya Diri

Tips terakhir yang wajib untuk diikuti adalah menjawab soal dengan percaya diri. Tahapan ini, memang termasuk tahapan yang terlihat sepele. Namun sebenarnya, tingkat kepercayaan diri akan membawa jawaban pada tahapan yang jelas dan tidak ambigu.

Sedangkan jika tidak percaya diri, maka jawaban pilihan yang sudah benar pun akan terlihat salah. Hal ini, memungkinkan penjawab soal akan plin-plan dan akan memilih jawaban lain yang tentunya lebih salah untuk dijadikan jawaban.

Daftar tips mengerjakan TOEFL di atas tentunya bisa dijadikan dasar saat mengerjakan soalnya. Pastikan semua bagiannya sudah dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan baik. Asal setiap tipsnya dijalankan, maka hasil TOEFL bisa dijamin baik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.