Ketahui Syarat Masuk Jurusan Pertambangan dengan Prospek Menjanjikan!

Tidak bisa dipungkiri, dari zaman dahulu hingga kini jurusan pertambangan memiliki prospek kerja dengan gaji yang sangat menarik. Memungkinkan setiap pelajar harus tahu syarat masuk jurusan pertambangan dengan baik. Berikut beberapa syarat yang dapat dipahami yaitu:

1. Telah Lulus Seleksi

Syarat masuk jurusan pertambangan pertama yang sangat penting bagi setiap calon mahasiswa yaitu lulus seleksi. Biasanya sebelum menentukan ingin mengambil jurusan apa, akan ada tes untuk masuk perguruan tinggi. Jika telah lulus seleksi, maka langkah selanjutnya pun dapat dilakukan.

Hal terpenting yang harus dilakukan supaya lulus tes seleksi yaitu dengan mempelajari soal-soal masuk perguruan tinggi. Mengingat akan banyak pesaing yang berebut untuk masuk ke dalam jurusan pertambangan. Jadi persiapkan dengan matang segala sesuatu untuk menghadapi ujian tersebut.

2. Melengkapi Setiap Syarat Akademis dan Administrasi

Selanjutnya syarat yang tidak boleh terlewatkan yaitu melengkapi setiap syarat akademis dan administrasi. Untuk syarat akademis, biasanya pihak universitas akan meminta rekap nilai selama bersekolah. Sedangkan administrasi adalah dokumen pelengkap untuk diterima di jurusan tersebut.

3. Mempunyai Minat Di Pertambangan

Syarat masuk jurusan pertambangan berikutnya yang sangat penting yaitu mempunyai minat di pertambangan. Jika tidak ada minata atau terpaksa masuk ke dalam jurusan pertambangan, maka akan memperlambat proses belajar. Mengingat belajar pertambangan tidak didasarkan oleh keinginan yang kuat.

Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua jurusan, tidak hanya pertambangan saja. Pasalnya apa pun itu yang dilakukan tanpa adanya minat, maka akan terasa sulit. Terlebih lagi, jurusan ini sangat kompleks dan banyak praktek yang harus dilakukan di lapangan.

4. Memiliki Kemampuan Observasi

Masuk ke dalam jurusan pertambangan, maka sudah harus siap dan mengenal lebih dalam material-material dalam permukaan bumi. Oleh sebab itu harus memiliki kemampuan observasi yang baik. Tidak hanya itu, tingkat ketelitian dan kecermatan pun harus seimbang.

Hal tersebut diperlukan oleh setiap calon mahasiswa supaya dapat mencari tahu, mengidentifikasi sumber daya tambang dalam bumi. Pemahaman terkait ciri-ciri mineral yang dihasilkan oleh bumi pun harus bisa dipahami. Sampai pada akhirnya lahirlah seseorang yang profesional di bidang pertambangan.

5. Mempunyai Kemampuan Kerjasama yang Baik

Banyak mempelajari hal terkait kekayaan alam bumi, terutama barang tambang, maka calon mahasiswa pun diharapkan dapat bekerjasama. Pasalnya setiap kegiatan tambang akan dilakukan di lapangan secara bersama. Mengingat proses pertambangan yang tidak dapat dilakukan seorang diri.

Seseorang yang sudah terjun di jurusan pertambangan harus mampu membangun komunikasi serta kerjasama tim yang baik. Terlebih lagi dalam menyelesaikan sebuah proyek, maka yang akan menjadi puncak keberhasilannya adalah kerjasama. Tanpa adanya hal tersebut, mustahil proses pertambangan berjalan lancar.

6. Mampu Memecahkan Masalah, Menganalisa serta Berhitung

Terakhir, syarat wajib yang harus dimiliki oleh setiap calon mahasiswa jurusan pertambangan yaitu mampu memecahkan masalah. Mengingat kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang bisa terjadi di luar rencana. Hal tersebut tentu akan mendatangkan masalah, oleh sebab itu kemampuan tersebut harus dimiliki.

Setelah dirasa mampu untuk memecahkan masalah, maka analisis yang baik juga diperlukan. Hal ini dilakukan untuk dapat mencari solusi terbaik dari masalah yang timbul dari kegiatan pertambangan. Jangan lupakan juga kemampuan berhitung yang sangat dibutuhkan dalam pengerjaan sebuah proyek tambang.

Sebelum terjun langsung menggarap sebuah proyek tambang, seseorang diharuskan untuk menghitung dengan baik setiap prosedurnya. Hal ini memungkinkan ilmu berhitung harus kuat. Jika tidak pandai berhitung, maka akan sulit masuk ke dalam jurusan pertambangan yang erat hubungannya dengan perhitungan.

Itulah penjelasan terkait syarat masuk jurusan pertambangan yang harus diketahui oleh setiap calon mahasiswa. Dilihat berdasarkan syarat di atas, sebenarnya tidaklah sulit. Pastikan bahwa pertambangan adalah jurusan yang disukai, maka semua syaratnya akan terasa lebih mudah.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.