pendidikan

Ketahui Materi Kuliah Keperawatan Semester 1 untuk Persiapan Pembelajaran

Persiapan materi menjelang kuliah perlu dilakukan supaya mempunyai gambaran umum materi yang akan dipelajari. Bahkan, dalam bidang yang mengutamakan praktik seperti keperawatan sekalipun, tetap perlu mengetahui materi. Oleh karena itu, ketahuilah materi kuliah keperawatan semester 1 untuk persiapan sebelum kuliah.

Materi yang lazimnya dipelajari pada semester 1 untuk jurusan keperawatan meliputi psikologi dasar, antropologi kesehatan, konsep dasar keperawatan, dan lainnya. Detail materi kuliah tersebut dapat diperhatikan pada ulasan di bawah ini: 

1. Psikologi Dasar

Mata kuliah yang akan dijumpai dalam materi kuliah keperawatan semester 1 yaitu psikologi dasar. Seorang calon perawat perlu mengetahui bab psikologi karena kedepannya akan menghadapi pasien yang memiliki karakter berbeda-beda. Ilmu psikologi akan membantu perawat melayani pasien dengan baik.

Topik yang akan dibahas di dalam materi psikologi dasar antara lain sikap, sifat, serta keadaan perilaku manusia. Dengan mengetahui psikologi manusia, maka dapat diketahui pula psikologi pasien yang sedang dirawat. Seorang perawat juga dapat lebih mengendalikan dirinya dalam mengatasi keadaan.

2. Antropologi Kesehatan

Materi antropologi kesehatan membahas mengenai pandangan masyarakat terhadap bidang kesehatan. Bukan itu saja, materi ini juga mempelajari bagaimana sudut pandang sosial budaya masyarakat, termasuk anatomi fisik dari masyarakat. Hal tersebut nantinya bermanfaat untuk menganalisis kesehatan di masyarakat.

Dengan mendalami materi ini, perawat akan mampu mengakomodasi pola hidup sehat yang tumbuh di lingkungan masyarakat suatu wilayah. Selain itu, dapat pula dibuat diagnosis terhadap suatu kasus dengan meninjau kebiasaan masyarakat di wilayah tersebut. Maka, solusinya pun akan lebih terarah.

3. Konsep Dasar Keperawatan

Materi kuliah keperawatan semester 1 yang wajib dipelajari adalah konsep dasar keperawatan. Mata kuliah ini menjadi bekal utama sebelum mempelajari cabang ilmu keperawatan lainnya. Sebab, sebelum mendalami materi lainnya, perlu diketahui terlebih dahulu teori dasar keperawatan.

Di dalam materi ini, akan diketahui pula siapa tokoh serta ahli yang mencetuskan teori tersebut pertama kali. Konsep dasar keperawatan tidak terbatas pada teori-teori semata, melainkan juga mempelajari etika dan norma yang berlaku di dalam bidang keperawatan.

4. Bahasa Indonesia

Perkuliahan pada jurusan keperawatan tidak hanya mempelajari ilmu khusus di bidang kesehatan, tetapi juga ilmu umum seperti Bahasa Indonesia. Seluruh jurusan biasanya akan menjumpai materi ini di semester awal, tidak terkecuali jurusan keperawatan.

Materi ini sangat berguna dalam proses penyusunan tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Di sisi lain, dengan mempelajari Bahasa Indonesia, seorang perawat akan lebih memahami bagaimana berbahasa yang baik. Alhasil, komunikasi dengan pihak lain juga akan lebih mudah supaya dilakukan.

5. Pancasila

Pancasila merupakan materi kuliah keperawatan semester 1 yang juga tergolong wajib. Sama halnya dengan materi bahasa Indonesia, materi Pancasila juga ditemui pada berbagai jurusan. Hal tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku, bahwasanya Pancasila wajib disertakan dalam pembelajaran di perguruan tinggi.

Keikutsertaan materi Pancasila akan membuat mahasiswa lebih memahami serta menghayati nilai-nilai yang termuat di dalamnya. Lebih lanjut, nilai-nilai tersebut akan dipraktekkan dan diimplementasikan di tengah masyarakat. Entah itu ketika bersosialisasi dengan teman sebaya maupun nanti ketika bekerja sebagai perawat.

6. Anatomi dan Fisiologi pada Manusia

Materi terakhir yang akan dijumpai pada kuliah keperawatan semester 1 adalah materi anatomi dan fisiologi manusia. Materi ini mempelajari mengenai tubuh dan jaringan-jaringan yang ada di dalamnya.

Sederhananya, materi ini adalah pendalaman dari materi biologi yang telah dipelajari semasa SMA. Jadi, secara detail materi ini mencakup struktur dan bentuk tubuh, serta organ-organ beserta fungsinya.

Demikian ulasan tentang materi kuliah keperawatan semester 1 yang perlu diketahui supaya dapat menyiapkan diri untuk belajar. Persiapan bisa berupa mengumpulkan materi sebelum kuliah berlangsung atau membeli buku referensi yang sesuai dengan materi tersebut. Jadi, belajar dapat dijalankan lebih optimal.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button