pendidikan

Materi TKA Soshum yang Harus Dipelajari

Saat akan mendaftar ke perguruan tinggi, salah satu jalur yang paling banyak dijalani adalah jalur UTBK. Saat mengikuti UTBK, maka akan ada salah satu golongan yang bernama soshum. Agar ujian bisa diselesaikan dengan baik, maka ada empat materi TKA soshum yang harus dipelajari.

Agar proses ujian bisa lebih baik, pemahaman tentang soshum juga harus dimiliki sejak awal. Oleh karenanya, pada artikel ini akan dibahas mengenai semua detail tersebut secara menyeluruh. Untuk lebih jelasnya, simak detail yang ada di bagian bawah ini tanpa ada yang terlewat:

Apa Itu TKA Soshum?

Pada UTBK, akan ada golongan soal TKA soshum yang harus diselesaikan. Materi yang ada dalam golongan soal ini sengaja diujikan untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan pendaftar dalam pemahaman keilmuan. Jadi, golongan materinya tidak didasarkan pada perhitungan.

Meski demikian, golongan soal ini juga sangat penting untuk dipahami karena nantinya akan membawa dampak besar dalam proses pengerjaan dan penilaiannya. Oleh sebab itu, setiap materinya harus dipahami dengan baik agar tidak ada cela yang bisa merugikan.

Materi untuk TKA Soshum

Setelah memahami apa itu TKA Soshum secara mendasar, maka harus dipahami juga apa saja materi TKA soshum yang masuk dalam tes. Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, akan ada empat materi yang dijadikan landasan pembuatan soal. Berikut diantaranya:

1. Sejarah

Golongan materi pertama adalah sejarah. Soal dengan unsur sejarah akan menjadi salah satu yang utama dan selalu muncul. Jika dirinci, materi sejarah ini akan terdiri dari berbagai susunan sub materi lainnya. Jadi bukan sejarah secara keseluruhan, namun sudah ada rinciannya tersendiri.

Untuk materi sejarah ini akan terdiri dari materi demokrasi, politik etis, perang dunia, peradaban kuno, pergerakan nasional, hingga zaman pra aksara. Selain itu, akan ada juga soal mengenai perkembangan kerajaan yang ada di lingkup Indonesia.

2. Geografi

Kemudian untuk golongan soal lain ada geografi. Untuk golongan soal yang menyangkut ilmu geografi ini juga didasarkan pada banyak sub materi. Namun jika dibandingkan dengan materi sejarah, maka materi geografi memiliki jumlah yang jauh lebih sedikit.

Materi geografi ini mencakup atmosfer, sumber daya alam, konsep wilayah, pola keruangan kota, perindustrian, sampai pada peta geografis. Semua bagian ini nantinya akan diujikan dan dijadikan landasan soal. Oleh sebab itu, pemahaman materinya harus lebih baik lagi.

3. Ekonomi

Lalu untuk golongan materi ketiga ada ekonomi dan segala ruang lingkupnya. Penjabaran tentang ilmu ekonomi memang tergolong luas. Namun dalam soal TKA soshum ini akan dibatasi dengan sub materi-sub materi tertentu. Hal ini diperlukan agar tidak terlalu banyak bagian materi yang harus dipelajari.

Jika dirinci, materi ekonomi ini akan terdiri dari akuntansi, manajemen, mekanisme pasar, kebijakan fiskal, uang, bank, badan usaha, dan koperasi. Bukan hanya itu saja, materi tentang ketenagakerjaan juga akan masuk. Oleh sebab itu, ada banyak aspek golongan yang harus dikerjakan secara menyeluruh.

4. Sosiologi

Ilmu sosial juga akan masuk dan dijadikan acuan soal TKA soshum. Susunan materi untuk sosiologi ini bersumber dari nilai dan norma, konflik sosial, lembaga sosial, penelitian sosial, globalisasi, hingga penyimpangan dan proses pengendaliannya. Jadi materi ini juga termasuk yang sangat mendetail.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai empat materi TKA soshum yang harus dipahami. Setiap golongan materinya sudah memiliki sub materi lain yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini penting untuk diperhatikan agar nantinya proses pengerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button