pendidikan

Mengenal Metode Pembelajaran Blended Learning Sebagai Peralihan Belajar di Era Digital

Mulai memahami yang dimaksud dengan metode pembelajaran blended learning adalah poin yang bisa dijadikan solusi belajar di era modern ini. Melalui metode ini, dianggap bisa menjadi pilihan belajar online serta face to face yang tepat untuk anak modern di era digital.

Apalagi pada masa pandemi yang sempat terjadi dari 2020 lalu. Tentunya, hal ini pada akhirnya mengharuskan banyak kegiatan belajar mengajar harus ditunda dan dilakukan secara online. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan blended learning? Mari simak ulasannya:

Sekilas Tentang Blended Learning

Masa pandemi 2020 lalu rasanya menjadi masa peralihan yang mengharuskan setiap orang siap dalam melakukan segala hal secara online. Mulai dari belanja, bekerja juga pendidikan muai dilakukan secara digital tanpa adanya tatap muka langsung.

Pilihan ini sendiri dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi terjadinya penularan Covid-19 yang sempat meningkat dengan pesat pada tahun tersebut. Pada akhirnya, banyak kegiatan yang harus ditiadakan dan meminimalisir pertemuannya.

Tentu, tidak heran bila pada akhirnya belajar online banyak dijadikan pilihan oleh dunia pendidikan untuk tetap bisa menjalankan kegiatan belajar. Kegiatan ini pun, pada dasarnya didukung dengan berbagai aplikasi pertemuan online, pembagian tugas online serta kelas online.

Namun, bila dilihat secara lebih jauh sebenarnya metode pembelajaran online ini sendiri, belumlah bisa dijadikan metode maksimal untuk mencerdaskan anak bangsa. Hal inilah kemudian yang membuat pengembangan metode online terus dilakukan.

Metode pembelajaran blended learning adalah jenis pengembangan yang kemudian dilakukan dalam pengembangan metode online ini. Pada dasarnya, metode ini sendiri adalah metode gabungan dari pembelajaran online dengan face to face.

Namun, tentu ada porsi yang telah ditetapkan dimana waktu tepat untuk belajar face to face serta belajar online. Hal ini, pada umumnya akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran untuk setiap murid.

Supaya metode ini pun bisa berjalan lancar tentunya kedua belah pihak dari guru serta murid juga haruslah siap dalam menjalankan gabungan dua metode sekaligus. Hal lain yang perlu dipersiapkan, tentunya adalah kecakapan teknologi sebagai perantara pembelajaran.

Apa Keuntungan Blended Learning?

Metode pembelajaran blended learning tentunya memiliki berbagai kelebihan yang kemudian dijadikan pilihan metode belajar di era modern ini. Melalui metode ini, tentunya nantinya pembelajaran juga bisa efektif di era modern yang semuanya harus serba cepat.

Pada dasarnya, metode ini pun juga memiliki beberapa keuntungan yang nantinya bisa didapatkan oleh guru maupun murid. Lalu, apa saja keuntungan tersebut? Mari simak dua ulasan berikut untuk tahu kelebihannya:

1. Hemat Biaya juga Waktu

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari metode belajar ini tentunya adalah adanya hemat biaya serta waktu. Nantinya metode ini, akan memungkinkan murid juga guru untuk bisa menggunakan waktu lebih singkat dalam menyampaikan pembelajaran.

Tentunya dalam perhitungan biaya yang akan dikeluarkan orang tua murid juga akan lebih murah. Hal ini, karena adanya pengurangan penggunaan fasilitas sekolah oleh murid dimana seharusnya biaya penggunaan fasilitas pun juga berkurang.

2. Fleksibilitas Waktu

Pada dasarnya metode ini pun juga akan memberikan keuntungan pada fleksibilitas waktu. Hal ini, karena umumnya nantinya guru bisa mengatur jadwal yang tepat dan disesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki oleh murid maupun guru.

Tentunya dengan begini, maka waktu belajar pun bisa lebih santai dan maksimal, karena kedua belah pihak tidak perlu terdistorsi kegiatan lain. Inilah kemudian yang menjadikan blended learning bisa menjadi opsi metode tepat diera modern ini.

Itulah tadi sekilas tentang metode pembelajaran blended learning yang bisa menjadi pilihan belajar di era modern yang hampir semuanya dilakukan dengan gadget. Tentunya melalui metode ini juga tidak akan melupakan adanya pembelajaran face to face untuk memberikan mata pelajaran lebih matang kepada murid.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button