pendidikan

Lengkapi Syarat Masuk Jurusan Perhotelan Jika Ingin Bekerja Dihotel!

Pada dasarnya, syarat masuk jurusan perhotelan harus dipenuhi oleh orang yang berminat untuk bekerja di hotel. Mengingat dunia perhotelan menjadi satu diantara beberapa bisnis yang banyak diminati dan berpeluang besar di pasaran. Untuk itulah tidak sedikit orang ingin kerja disana.

Beberapa kelebihan pun menjadi alasan sebagian orang untuk mengincar pekerjaan di hotel. Contohnya seperti gaji yang ditawarkan, kemudian tempat kerja yang bersih dan lainnya. Bagi yang penasaran, berikut daftar persyaratan untuk bisa masuk di jurusan perhotelan:

1. Mempunyai Minat

Tak bisa dipungkiri bahwa, satu diantara beberapa faktor utama menjatuhkan pilihan untuk terjun dalam dunia perhotelan adalah minat yang kuat. Minat dalam hal ini tidak hanya yang berhubungan dengan bidang perhotelan saja, melainkan juga bisa dari minat pariwisata.

Pasalnya dengan syarat masuk jurusan perhotelan satu ini, pelamar akan mempunyai rasa penasaran yang kuat akan dunia perhotelan. Di samping itu, dengan adanya minat yang kuat bisa juga membuat pelamar mempunyai dorongan untuk terus berinovasi serta belajar tentang dunia perhotelan.

Mengingat tanpa adanya minat besar yang mengiringi langkah mahasiswa, maka rasanya akan cukup sulit bagi mahasiswa untuk menerima materi kuliah yang disampaikan. Selain itu, juga mahasiswa bisa merasa kurang bersemangat akan apa yang dijalankan dalam bidang perhotelan.

2. Putar Berkomunikasi

Secara langsung ataupun tidak ternyata kuliah dalam jurusan perhotelan akan menuntut mahasiswa untuk pandai dalam hal berkomunikasi. Mengingat dengan memilih jurusan perhotelan ini, prospek kerjanya akan membuat seseorang berhadapan dengan banyak orang yang memiliki beragam karakteristik.

Lantaran begitu pentingnya kemampuan komunikasi dalam bidang ini, tidak sedikit perguruan tinggi memasukkan mata kuliah ini dalam jurusan perhotelan. Kemampuan dalam berkomunikasi ini, memegang peranan penting serta cukup berguna supaya mahasiswa mampu melakukan komunikasi dengan lebih efektif.

Contohnya seperti ketika berbicara bersama dengan tamu hotel. Selain itu, komunikasi diperlukan ketika berhadapan dengan pengunjung yang komplain dan lainnya.

3. Lulus Persyaratan Secara Akademik

Tentunya bagi orang yang ingin bekerja di hotel, maka secara persyaratan akademik tidak hanya lulusan dari jurusan perhotelan. Akan tetapi bisa juga datang dari jurusan pariwisata. Bahkan jika diperlukan mahasiswa bisa menempuh pendidikan dengan jurusan ini di perguruan tinggi di luar negeri.

Bukan tanpa alasan, pasalnya mengenyam pendidikan di luar negeri ini mungkin belum didapatkan ketika belajar di Indonesia. Tentunya untuk bisa sekolah di luar negeri ini perlu melengkapi sejumlah persyaratan yang sudah ditetapkan.

4. Mempunyai Kemampuan Bahasa Asing

Satu dari beberapa persyaratan untuk bisa masuk di jurusan perhotelan adalah memiliki kemampuan berbahasa asing. Sebagaimana yang banyak diketahui bahwa pekerjaan di bidang jasa semacam hotel, memang yang menjadi prioritas merupakan pelanggan atau tamu hotel.

Terlebih lagi jika hotel yang menjadi tempat bekerja merupakan hotel kelas atas yang sering dikunjungi oleh orang dari berbagai negara. Dalam hal inilah, kemampuan bahasa asing dari pekerja hotel dibutuhkan. Adapun bahasa asing utama yang perlu dimiliki adalah bahasa Inggris.

5. Mempunyai Wawasan Luas

Sebagai orang yang bekerja di hotel, wawasan luas penting untuk dimiliki di samping pelayanan maupun fasilitas yang disediakan hotel. Setidaknya, mahasiswa yang akan bekerja di hotel, mempunyai wawasan atau pengetahuan tentang dunia pariwisata di wilayah sekitar.

Hal ini, karena sebagian besar dari tamu yang menginap di hotel memiliki tujuan untuk berlibur. Disini yang dimaksud dengan wawasan, seperti wawasan mengenai kapan waktu yang pas untuk berkunjung ke suatu objek wisata. Kemudian persiapan seperti apa yang diperlukan dan lainnya.

Demikian sekilas informasi mengenai syarat masuk jurusan perhotelan yang perlu dilengkapi. Beberapa syarat seperti di atas penting dimiliki oleh calon mahasiswa di jurusan perhotelan. Jika saat ini belum memiliki, mungkin masih bisa mempersiapkannya lebih dulu.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button