Prospek Kerja Teknik Informatika dan Gajinya di Berbagai Posisi

Dengan pesatnya kemajuan teknologi saat ini, bidang Teknologi Informasi memang menjadi perhatian utama para calon mahasiswa dalam memilih jurusan. Prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya juga menarik.

Luasnya peluang karir bagi para lulusan TI serta potensi mendapatkan gaji yang besar, memang menjadi dorongan utama untuk memilih jurusan ini. Berikut ini, akan dibahas mengenai beberapa jenis pekerjaan dan gajinya agar bisa dijadikan pertimbangan.

Mengenal Jurusan Teknik Informatika

Jurusan yang kerennya disebut Computer Science ini adalah jurusan yang mempelajari komputer dan segala detailnya, seperti sistem, perangkat lunak dan keras juga bahasa pemrograman. Termasuk pengetahuan pendukungnya.

Misalnya kecerdasan buatan, algoritma, statistik, sistem operasi, pemrograman, arsitektur komputer, dan kalkulus. Di samping pengetahuan dasar lainnya. Oleh karenanya, banyak yang berminat untuk kuliah di jurusan ini.

Prospek Pekerjaan Jurusan TI

Ada banyak sekali prospek kerja Teknik Informatika yang tersedia saat ini. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya berikut ini:

1. Full Stack Developer

Posisi ini adalah sebagai pengembang web di front and back-end. Mahir menggunakan bahasa pemrograman front-end (tampilan web) dan juga backend (membuat server, bekerja dengan database dan API, dan logika situs). Termasuk memahami tentang hosting dan jaringan.

Gajinya berkisar antara 11 juta rupiah atau lebih. Keterampilan yang dibutuhkan adalah pemrograman HTML/CSS (front-end), Python (back-end), dan PHP (back-end).

2. Front-End Developer

Prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya pada posisi ini memang tidak seberat Full Stack Developer, karena hanya menangani bagian depan saja atau Front-End. Mulai dari penampilan desain web yang menarik, berfungsi benar, logo, kolom pencarian, serta tata letak secara keseluruhan.

Keterampilan yang harus dimiliki adalah bahasa pemrograman HTML/CSS, JavaScript, kemudian React JS dan AngularJS di bagian framework. Gajinya berkisar pada 8 juta rupiah. Posisi ini, juga meminta komunikasi dan bisa bekerja sama dalam sebuah tim.

3. Back-End Developer

Prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya pada posisi ini hampir mirip dengan Front-End hanya saja yang ditangani adalah Back-End-nya. Bisa disebut posisi penting di balik layar. Mengupayakan kerja optimal web dan operasionalnya.

Keterampilan yang dibutuhkan adalah bahasa pemrograman seperti PHP, Python, Java berikut framework-nya. Posisi ini, juga membutuhkan pekerjaan tim jadi harus mampu berkomunikasi dengan baik. Kisaran gajinya juga 8 juta rupiah.

4. Data Analyst

Tugas dan tanggung jawab utama posisi ini adalah melakukan analisis data, termasuk mengumpulkan dan mengubah data mentah menjadi informasi. Nantinya semua informasi yang disusun akan menjadi dasar sebuah keputusan bisnis yang dibuat.

Keterampilan yang dibutuhkan adalah bahasa pemrograman seperti Oracle, R, Python, dan SQL. Juga harus mampu membuat desain database, data models, dan melakukan segmentasi data. Gajinya berada di kisaran 10 juta rupiah.

5. Cyber Security Analyst

Posisi ini, merupakan ahli dalam hal memantau jaringan dan sistem untuk mendeteksi adanya kemungkinan berbagai ancaman keamanan. Termasuk mencari solusi pencegahan dan menjaga standar keamanan yang digunakan.

Spesifikasi keterampilan yang dibutuhkan adalah firewalls, antivirus, proxy, dan juga mampu melakukan pengujian untuk mencoba menerobos jaringan komputer. Termasuk meningkatkan sistem dan kinerja keamanan. Kisaran gajinya adalah 10 juta rupiah.

6. IT Consultant

Posisi ini, membutuhkan kemampuan analisis sistem agar bisa merencanakan, merancang, memberikan saran, juga melakukan implementasi TI untuk para klien. Penghasilannya dimulai dari 7 juta rupiah.

Keterampilan yang dibutuhkan adalah mampu menganalisis sistem TI dan arsitektur perusahaan tersebut. Kemudian mampu mengidentifikasi masalah, adanya inefisiensi, serta kelemahan sistem yang digunakan. Lalu memberikan saran terbaik di bidang TI untuk diterapkan sebagai pengembangan.

Masih banyak dan luas prospek kerja Teknik Informatika dan gajinya juga lumayan tinggi. Karena memang ini adalah sebuah keahlian dan cara berpikir yang patut dihargai. Memang akan membutuhkan banyak keterampilan yang harus terus diasah sesuai perkembangan teknologi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.