6 Syarat Masuk Jurusan Perbankan Syariah Bagi Lulusan SMA/SMK Sederajat!

Hampir serupa dengan jurusan kuliah lainnya, syarat masuk jurusan perbankan syariah pun tidak bisa dikatakan mudah. Pasalnya setiap jurusan mempunyai kriteria calon mahasiswa yang mampu untuk memenuhi setiap syarat. Untuk mengetahui apa saja syaratnya, simak berikut ini ulasannya yaitu:

1. Telah Lulus Jenjang SMA/SMK

Syarat masuk jurusan perbankan syariah yang pertama yaitu telah dinyatakan lulus dari SMA/SMK sederajat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk jurusan perbankan saja, tetapi semua jurusan. Mengingat alur pendidikan Indonesia yang dimulai dari SD, SMP, SMA barulah perguruan tinggi.

Supaya dapat menjadi mahasiswa di jurusan perbankan syariah, sebenarnya tidak pula harus berasal dari sekolah Islam. Untuk para pelajar dari sekolah umum, dapat menjadi mahasiswa dengan jurusan tersebut. Namun akan menjadi pernah bersekolah di sekolah keIslaman, tentu akan lebih familiar.

2. Menguasai Dasar Ilmu Manajemen dan Perbankan

Selanjutnya, calon mahasiswa umumnya akan diminta untuk bisa menguasai ilmu dasar manajemen dan perbankan. Hal ini, dilakukan pihak kampus untuk mempermudah proses pembelajaran nantinya. Setidaknya, mahasiswa sudah mendapatkan gambaran terkait apa yang akan dipelajarinya.

Umumnya, syarat ini lebih menguntungkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari jurusan IPS, mengapa? Sebab pada jurusan tersebut, para calon mahasiswa pernah mempelajari dasar-dasar dari ilmu ekonomi. Memungkinkan proses belajar nantinya akan terasa lebih mudah menyesuaikan.

3. Memahami Dasar Syar’i dalam Landasan Perbankan Syariah

Tidak hanya dasar dari ilmu manajemen dan perbankan saja yang harus dipahami oleh calon mahasiswa, tetapi dasar syar’i juga. Pasalnya dalam jurusan ini, ilmu yang dipelajari akan dilihat dari sudut pandang Islam. Oleh sebab itu, penting sekali mengetahui dasar-dasar fiqih.

Munculnya pemahaman akan dasar syar’i ini, nantinya akan mempermudah pemahaman akan setiap materi yang dipelajari. Itulah sebabnya, mengapa calon mahasiswa yang berasal dari sekolah ke Islaman akan sangat diuntungkan. Namun, bukan berarti jurusan ini mustahil dipelajari oleh lulusan sekolah umum.

4. Cakap dalam Berhitung

Ingin menjadi mahasiswa manajemen perbankan syariah, tentu harus memiliki kecakapan dalam berhitung yang baik. Mengingat jurusan yang satu ini akan banyak berhubungan dengan angka dan materi hitungan. Terlebih lagi, hitungan yang dipecahkan dalam jumlah nominal yang besar.

Biasanya calon mahasiswa yang tertarik dalam jurusan ini, memang memiliki kemampuan berhitung yang baik. Tidak hanya itu, kemampuan analisa dalam perhitungan pun dibutuhkan. Pasalnya, persoalan hitung perbankan syariah yang dipelajari nantinya akan sangat kompleks tentunya.

5. Teliti dan Disiplin

Banyak terlibat dengan materi-materi hitungan yang memerlukan konsentrasi penuh, ketelitian serta kedisiplinan sangat dibutuhkan. Mengingat kesalahan yang terjadi pada satu angka saja dapat menimbulkan kerugian yang besar di dunia kerja. Oleh sebab itu, sejak kuliah kedua hal tersebut perlu diterapkan.

6. Menyukai Dunia Ekonomi

Hal terpenting yang termasuk ke dalam syarat wajib untuk dipenuhi, yaitu menyukai dunia ekonomi. Pasalnya jika tidak ada minat dalam ekonomi, maka akan sulit untuk mempelajarinya. Hal ini berlaku untuk semua jurusan tentunya.

Jadi pastikan terlebih dahulu, apakah memang menyukai ekonomi atau tidak. Jika mengambil jurusan ini hanya karena coba-coba dan ikut-ikutan teman, maka akan sulit untuk kedepannya. Namun, hal ini bisa diatasi dengan giat belajar dan terus memahami materi yang disampaikan dosen.

Itulah syarat masuk jurusan perbankan syariah yang dapat diketahui dan juga dipelajari oleh para calon mahasiswa. Berdasarkan syarat yang telah disebutkan, tentu tidak sulit untuk dipenuhi bukan? Terlebih lagi untuk para pelajar yang menginginkan kerja di bank atau sejenisnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.