Apa Fungsi Fiber Optik dan Kelebihannya Dalam Suatu Jaringan

Pada dasarnya dalam sebuah jaringan komputer, akan memuat sejumlah komponen pendukung sebagaimana host, server dan yang lainnya. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang bingung mengenai apa fungsi fiber optik dalam hal ini sebenarnya.

Lantaran sejumlah orang menginginkan kecepatan yang lebih tinggi saat menjalankan Internet. Lantas hadirkan kabel yang banyak dikenal dengan sebutan fiber optik ini. Penasaran dengan yang disebut fiber optik selebihnya? Mari simak penjelasan berikut:

Apa Fungsi Fiber Optik

Tidak sedikit orang yang masih mempunyai pertanyaan mengenai apa fungsi fiber optik dalam dunia Internet. Jika dilihat secara umum fungsi dari kabel fiber optik, tidak jauh berbeda dengan jenis kabel lainnya.

Dimana fungsi tersebut yaitu untuk menyambungkan antar pengguna komputer pada jaringan tertentu. Adapun hak yang menjadi letak pembeda, yakni kecepatan akses yang dimiliki tergolong cukup tinggi.

Di samping itu kemampuan pengiriman data juga bisa berlangsung dalam waktu yang lebih cepat. Adapun kisaran dalam melakukan pengiriman data bisa mencapai ukuran Gigabit untuk satu detiknya. Jenis kabel ini juga termasuk dalam kabel yang tak membawa listrik.

Dengan begitu kabel fiber optik tidak dipengaruhi oleh yang namanya gangguan elektromagnetik. Oleh sebab itu keberadaan dari kebal ini, cenderung stabil dalam dipakai. Dalam hal ini, kabel fiber optik menawarkan sejumlah kelebihan.

Namun juga perlu diperhatikan bahwa di samping kelebihan tentunya kabel ini, juga mempunyai kelemahan tersendiri. Lantaran sejumlah kelebihan yang ditawarkan tersebut, kisaran harga untuk kabel ini pun tergolong lebih mahal.

Untuk itulah tidak sembarangan orang memakai jenis kabel ini untuk keperluannya. Umumnya pengguna dari jenis kabel fiber optik ini, datang dari kalangan perusahaan besar. Serta juga operator dalam bidang telekomunikasi yang memang membutuhkannya.

Terlebih untuk saat ini terdapat perusahaan yang mengembangkan wifi telah mulai menggunakan kabel fiber optik ini. Adapun alasannya, karena jenis kabel fiber optik dinilai lebih stabil serta cepat saat dipakai.

Kelebihan Kabel Fiber Optik

Selain mengenal tentang fungsi dari kabel fiber optik, orang juga perlu memahami kelebihan dari kabel ini. Dimana kelebihan tersebut mulai dari kapasitas yang besar hingga bebas gangguan sinyal. Penasaran ulasan selebihnya? Mari simak paparan berikut:

1. Kapasitas Besar

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh jenis kabel fiber optik yaitu mempunyai kapasitas yang cukup besar. Dimana kapasitas yang dimaksud, berhubungan dengan ukuran dari pengiriman data. Makanya, kabel ini banyak dipakai oleh perusahaan berskala besar.

2. Transmisi Jarak Jauh

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh kabel fiber optik yaitu dapat melakukan pengiriman data yang jaraknya berjauhan. Di samping dari segi ukuran juga cukup kecil, kabel ini bisa menghemat ruang.

3. Cepat dan Stabil

Ternyata pengguna jenis kabel fiber optik ini bisa meminimalisir data yang hilang. Dengan begitu pengguna tak perlu risau akan validitas data yang dikirim. Selain itu, kabel ini cukup stabil serta aksesnya cepat.

4. Bebas Gangguan Sinyal

Seperti yang diketahui jika kabel fiber optik tidak memakai arus listrik. Dengan demikian tidak dipengaruhi oleh yang namanya gangguan elektromagnetik. Jenis kabel ini pun cukup mempunyai ketahanan yang bagus. Tak mengherankan, jika harga yang dibandrol lumayan mahal.

Itu tadi sekilas informasi mengenai apa fungsi fiber optik dan kelebihannya dalam suatu jaringan. Dengan kelebihan yang ditawarkan, jenis kabel ini pun tidak dipakai oleh sembarang orang karena harganya yang lumayan mahal. Pasalnya kebanyakan pengguna datang dari perusahaan besar.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.