Panduan Cara Cek IP Address HP Terlengkap

cara cek ip address hp

Mengetahui alamat IP (IP address) merupakan hal penting. Sebab itu, pengguna HP perlu mempelajari cara cek IP address HP, baik milik sendiri atau WiFi yang diakses. Alamat IP bisa diketahui menggunakan pengaturan, situs, atau aplikasi.

Seperti yang diketahui, fungsi dari alamat IP adalah sebagai identitas perangkat ketika tersambung dengan internet. Dengan begitu, maka pemakai perangkat dapat saling berkomunikasi dengan perangkat lain. Inilah mengapa alamat IP begitu penting.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengecek IP Address

Sebelum mengetahui cara cek IP address HP, ada baiknya pengguna tahu mengenai dua jenis alamat IP. Hal ini dikarenakan supaya pemakai tidak salah paham saat melakukan pengecekan nantinya. Adapun kedua jenis alamat IP tersebut adalah:

  • Public IP address. Alamat ini berasal dari koneksi internet yang dihubungkan ke pengguna HP. Misalnya saat menggunakan kuota dari provider SIM, atau akses WiFi melalui router.

  • Private IP address. Alamat ini berasal dari dalam perangkat itu sendiri, misalnya smartphone. Kegunaan alamat IP ini adalah agar dapat tersambung ke perangkat lain dengan mudah.

Selain itu, alamat IP juga dibedakan berdasarkan fleksibilitasnya, yaitu static dan dynamic. Perbedaannya adalah static IP address tidak akan berubah-ubah, sedangkan dynamic IP address selalu berubah. Kedua hal ini tergantung pada provider internet.

Begini Cara Cek IP Address HP dengan Mudah

Untungnya, cara mengetahui apa alamat IP perangkat seperti HP itu sangat mudah. Pasalnya, sudah disediakan berbagai metode yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Pengguna HP bisa mengecek alamat IP dengan metode berikut:

1. Mengecek dari Smartphone Android

Untuk pengguna HP Android, cara yang dilakukan untuk mengecek alamat IP cukup mudah. Meski user interface yang dimiliki setiap HP Android berbeda-beda, namun letak alamat IPnya tidak terlalu berbeda. Maka itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, kunjungi dulu Settings atau Pengaturan pada smartphone.

  • Tergantung UI yang dimiliki smartphone, kunjungi opsi WiFI. Lalu, pilih WiFi yang saat ini digunakan atau diakses, kemudian pilih opsi Informasi atau Advanced.

  • Keterangan mengenai alamat IP akan diberikan pada WiFi tersebut.

  • Apabila menggunakan kuota sendiri, bisa melihat melalui Settings > About Phone (Tentang Ponsel).

  • Kunjungi opsi Status, lalu gulir hingga menemukan informasi alamat IP.

2. Mengecek dari Smartphone iOS

Bagi pengguna iPhone atau tablet iPad, juga memiliki alamat IP yang bisa dicari dengan mudah. Letak pengaturannya tidak terlalu berbeda dengan mengecek alamat IP di Android. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, kunjungi dulu Setting, lalu kunjungi opsi WiFI. 

  • Pilih WiFi yang saat ini digunakan, kemudian klik untuk informasi lengkapnya.

  • Keterangan mengenai alamat IP akan diberikan pada WiFi tersebut.

  • Apabila menggunakan kuota sendiri, bisa melihat melalui Settings > About Phone.

  • Kunjungi opsi Status, lalu gulir hingga menemukan informasi alamat IP.

3. Menggunakan Situs Google

Untuk alamat IP publik atau global, cara pengecekannya lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan sifatnya yang publik, jadi seluruh internet bisa mengetahuinya. Maka itu, begini cara cek IP address HP yang publik:

  • Pertama-tama, buka browser pada masing-masing HP. 

  • Kunjungi mesin pencarian Google, lalu ketikkan keyword “my ip address”.

  • Pada hasilnya akan memperlihatkan tentang alamat IP publik yang digunakan.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebagai jalur alternatif, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ketiga, yaitu “What is my IP address”. Aplikasi ini bisa diunduh untuk Android serta iOS, melalui masing-masing Store. Untuk cara menggunakannya bisa mengikuti panduan berikut:

  • Unduh aplikasi yang sudah disebutkan di atas, kemudian jalankan.

  • Secara langsung, aplikasi akan menunjukkan alamat IP, lengkap dengan gateway dan DNS.

Itu dia panduan lengkap mengenai cara cek IP address HP, baik yang public maupun private. Ternyata caranya tidak terlalu sulit, jadi siapa saja bisa mencobanya sendiri. Setelah mengetahuinya, pastikan alamat IP ini jangan sampai diberitahukan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.