Begini Cara Menyambung Kabel Fiber Optik dengan Mudah

cara menyambung kabel fiber optik

Bagi seseorang yang sering berkutat dengan teknologi khususnya terkait IT, tentunya mengetahui cara cara menyambung kabel fiber optik adalah hal yang penting. Melalui informasi inilah, nantinya pemasangan dapat dilakukan dengan tepat.

Tentunya dengan pemasangan yang tepat, maka nantinya kabel fiber optik pun bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Supaya mengetahui bagaimana sebenarnya cara untuk dapat memasang kabel ini, maka mari simak ulasan berkut:

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Supaya bisa mengetahui cara menyambung kabel fiber optik, tentunya hal awal yang harus dilakukan adalah mengetahui alat dan persiapan apa saja yang perlu dilengkapi. Nantinya melalui perlengkapan inilah, kabel dapat dipasang dengan baik dan sesuai dengan prosedur.

Pada dasarnya akan ada sekitar 7 perlengkapan nantinya perlu dipersiapkan. Namun, apa saja sebenarnya perlengkapan tersebut? Mari kenali berbagai persiapan perlengkapannya sebelum kabel dapat dipasang berikut ini:

1. Gergaji Besi

Perlengkapan pertama yang perlu dipersiapkan adalah gergaji besi. Nantinya melalui alat ini, maka kabel fiber optik dapat dipotong. Gunangan gergaji dengan ukuran sedang, supaya nantinya pemotongan kabel dapat dilakukan dengan lebih mudah.

2. Toolkit

Tentunya toolkit juga menjadi perlengkapan berikutnya yang perlu dipersiapkan dalam hal ini. Nantinya mulai dari tang, obeng dan toolkit lainnya, menjadi bagian yang harus dipersiapkan supaya pemasangan dapat dilakukan dengan lebih muda.

3. Fiber Cutter

Supaya potongan serat kabel nantinya dapat dilakukan dengan lebih mudah, maka nantinya bisa menggunakan fiber cutter. Perlengkapan ini, tentunya juga menjadi bagian perlengkapan yang tidak boleh dilewatkan.

4. Alcohol serta Tisu

Hal lainnya yang perlu dipersiapkan pada dasarnya adalah alcohol juga tisu. Dua perlengkapan yang tampaknya sederhana inipun menjadi bagian penting yang tidak boleh terlewat. Nantinya dua perlengkapan ini, akan digunakan untuk membersihkan kaca fiber supaya bisa dipasang dengan optimal.

5. Heater

Heater atau pemanas pun juga menjadi bagian perlengkapan yang diperlukan untuk pemasangan kabel fiber optik. Nantinya heater ini digunakan untuk menutup bagian kabel yang sebelumnya telah dipotong supaya lebih kuat.

Bagaimana Cara Pemasangan Kabel Fiber Optik?

Apabila sebelumnya telah mengetahui apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyambung kabel fiber optik, tentu cara penggabungannya menjadi informasi berikutnya yang perlu diketahui. Cara pemasangan kabel fiber optik inipun pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah.

Namun, tentunya untuk dapat memasang dengan tepat kabel fiber optik ini, maka nantinya haruslah dilakukan dengan tepat sesuai prosedur. Lalu, bagaimana cara pemasangannya? Mari simak ulasan berikut untuk informasi lengkapnya:

1. Kupas Kulit Kabel

Tahap pertama yang perlu dilakukan tentu adalah melakukan pengupasan kabel fiber optik yang akan disambungkan. Nantinya untuk dapat mengupas permukaan kabelini, maka dapat dilakukan dengan menggunakan cutter fiber.

Lakukan pengupasan dengan hati-hati, supaya tidak membuat bagian kabel mengalami kerusakan. Nantinya panjang dari pengupasan ini pun dapat dilakukan sesuai dengan yang dibutuhkan.

2. Kupas Pelindung Serat

Nantinya hal yang perlu dilakukan apabila kulit kabel telah dikupas adalah melakukan pengupasan pada kulit serta fiber optik. Nantinya panjang dari proses pengupasan coating kabel ini bisa dilakukan kurang lebih 4 cm.

Pada tahapan berikutnya nantinya bisa mulai dilakukan pembersihan kabel yang telah dikupas terlebih dahulu menggunakan tisu serta alcohol. Hal ini perlu dilakukan, supaya nantinya kabel dapat disambungkan dengan lebih muda.

3. Pemasangan Kabel

Tentunya langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah melakukan pemasangan kabel. Nantinya hal ini dapat dilakukan apabila proses pemotongan ujung serat kabel telah dilakukan dengan rapi serta telah dibersihkan.

Hal ini perlu dilakukan supaya nantinya kabel dapat disambungkan. Apabila pada serat dipotong tidak rapi serta ada serat yang tidak bersih, maka nantinya kabel tidak dapat disambung. Pada akhirnya proses harus dilakukan dari awal pembersihan kembali.

Begitulah tadi cara menyambung kabel fiber optik yang sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Tentunya sesuai dengan prosedur pemasangan yang tepat, supaya nantinya kabel pun bisa dimanfaatkan dengan tepat sesuai fungsinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.