Apa Yang Dimaksud Dengan Bottleneck Pada PC? Simak Penjelasannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Bottleneck Pada PC? Simak Penjelasannya, Bottleneck. Sebuah istilah yang sepertinya digunakan oleh semua orang di dunia komputasi, namun agak membingungkan masyarakat umum. Apa artinya? Bagaimana ini mempengaruhi saya? Bagaimana saya bisa memperbaikinya jika itu masalah?

Apa Yang Di Maksud PC?

PC artinya komputer…

Definisi “komputer” dalam bahasa berasal dari kata bahasa Inggris “compute” yang berarti “menghitung”.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa komputer adalah alat untuk mengolah data atau melakukan perhitungan.

Komputer pribadi atau PC adalah perangkat komputasi yang digunakan oleh individu. Komputer pribadi terutama digunakan di rumah, mal, dan kantor untuk kebutuhan pribadi dan bisnis.

Menurut Wikipedia, istilah “komputer pribadi” pertama kali muncul pada tahun 1964 dalam sebuah artikel berjudul “The World in 1984” di majalah New Scientist.

Fungsi utama PC adalah mengolah data masukan dan mendapatkan data keluaran berupa data sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3 elemen dasar PC

Ada 3 elemen yang harus ada untuk menjalankan fungsi PC. Tiga elemen PC:

  1. Perangkat Keras: Komponen komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik. Perangkat keras dibagi lagi menjadi 4 yaitu: perangkat input, perangkat pemroses, perangkat output dan periferal. Contoh perangkat keras pada PC adalah keyboard, mouse, monitor, CPU, hard disk, power supply, printer, kipas.
  2. Perangkat Lunak (Software): Data pada komputer yang telah diformat kemudian disimpan secara digital dan tidak dapat disentuh secara fisik. Perangkat lunak juga merupakan program yang berisi instruksi untuk memproses data dan menghasilkan informasi. Perangkat lunak terbagi menjadi 2 yaitu sistem operasi dan aplikasi. Contoh perangkat lunak sistem operasi ini adalah Windows, Linux, dll, dan perangkat lunak aplikasinya adalah Microsoft Office, Adobe Reader, Autocad, Corel Draw, dll.
  3. Brainware: Orang yang memiliki atau menggunakan komputer pribadi. Perangkat lunak otak ini juga disebut sebagai pengguna, lebih baik, gamer atau apa pun, tergantung pada manfaat yang didapat dari menggunakan PC.

Ketiga elemen diatas harus saling berkaitan dan membentuk satu kesatuan agar PC dapat berfungsi dengan baik sesuai fungsinya.

Artikel ini menjelaskan apa itu bottleneck dan memberikan contoh sebelum memberi tahu Anda cara memperbaiki bottleneck pada PC Anda.

Apa Itu Bottleneck, Beberapa Contoh Bottleneck PC, Bagaimana Mengatasi Bottleneck PC, Kesimpulan

Apa Yang Dimaksud Dengan Bottleneck?

Untuk PC kustom, bottleneck mengacu pada komponen yang membatasi hal-hal seperti daya pemrosesan atau performa grafis. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kapasitas maksimal kedua komponen, dimana kapasitas maksimal salah satu komponen mungkin lebih besar dari komponen lainnya, sehingga menimbulkan efek bottleneck dimana performa terganggu.

Anda dapat melihatnya seolah-olah banyak air yang keluar dari botol. Jika air tidak keluar dari botol karena leher terlalu tipis, berarti botol tidak melakukan tugasnya. Namun, jika lebar leher sempit cukup lebar, air bisa keluar dengan cepat. Analogi ini mirip dengan bagian-bagian komputer, di mana Bottleneck terjadi ketika satu bagian tidak dapat dengan cepat “mengalir” ke bagian lain.

Bottleneck PC tidak selalu disebabkan oleh merek, usia, atau kualitas komponen, tetapi juga dapat disebabkan oleh daya atau performa perangkat. Ini tidak hanya dapat terjadi dengan sistem kelas atas. Tapi itu juga bisa terjadi pada perangkat dengan anggaran lebih rendah jika tidak direncanakan dengan hati-hati.

Beberapa contoh Bottleneck PC

Salah satu Bottleneck paling umum yang akan Anda temui adalah game PC yang terkait dengan CPU (Central Processing Unit). CPU bertanggung jawab atas beban penuh operasi komputer penting dan mengirimkan instruksi rendering ke GPU (Graphics Processing Unit).

Seringkali CPU terlalu lemah untuk bersaing dengan GPU yang kuat pada perangkat PC yang dirancang dengan buruk, sangat membatasi jumlah frame per detik. Jadi Anda dapat menggunakan GPU 100% jika CPU Anda lebih bertenaga.

Poin penting lainnya adalah jika Anda memiliki CPU yang sangat kuat tetapi GPU yang lemah, pada dasarnya Anda merender seluruh game lebih cepat daripada yang dapat dirender oleh GPU. Tapi seburuk kedengarannya, itu sebenarnya berarti komputer Anda menampilkan 100% dari kemungkinan bingkainya, yang persis seperti yang Anda butuhkan saat bermain game.

Contoh terakhir adalah penyimpanan. Jika Anda menggunakan perangkat lama tetapi telah mengupgrade CPU, GPU, atau RAM, Anda mungkin memiliki hard disk drive (HDD). Akibatnya, Anda mungkin mengalami waktu pemuatan atau penutupan yang lebih lambat saat program mencoba mengambil informasi dari hard drive Anda.

Bagaimana Anda mengatasi Bottleneck PC?

Solusi termudah untuk Bottleneck adalah memastikan Anda memilih campuran komponen yang seimbang. Perangkat keras apa pun yang Anda pilih, perencanaan yang cermat akan membantu Anda menghindari Bottleneck perangkat keras dan memastikan kinerja keseluruhan yang optimal. Daripada membeli komponen berkekuatan tinggi satu per satu, jauh lebih baik membeli kit yang seimbang yang bekerja sama dengan baik. Jika tidak, sistem Anda akan melambat.

Situs-situs seperti CPUAgent dapat membantu Anda merencanakan pembuatan PC karena situs tersebut memungkinkan pengguna untuk menyatukan bagian-bagian dan melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak. Dengan situs seperti ini Anda dapat membuat sistem yang selalu berfungsi tidak peduli program apa yang Anda jalankan atau game apa yang Anda mainkan.

Demikianlah ulasan yang sudah di jelaskan mengenai Processor komputer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Jika ada sesuatu yang perlu ditanyakan, silakan tulis melalui kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Terima Kasih!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.