Cara Setting IP Address, Mengapa Perlu Dilakukan?


Cara setting IP Address sangat bermanfaat untuk berbagai kebutuhan komputasi. Misalnya hendak mengakses konten luar negeri yang dibatasi akses regional. Atau ingin menghubungkan komputer ke laptop untuk saling bertukar informasi.

Dengan fungsinya yang beragam, IP Address bisa memudahkan berbagai urusan yang tadinya terhambat. Namun sebelum mengulas tentang pengaturannya, terlebih dahulu mari memahami tentang IP Address itu sendiri.

Apa yang Dimaksud IP Address?

Secara sederhana, IP Address adalah kumpulan angka unik dengan fungsi mengidentifikasi berbagai perangkat pada sebuah jaringan. Serangkaian angka ini memuat data terkait lokasi yang bisa membantu router, perangkat, hingga website untuk mengidentifikasi serta menyalurkan informasi.

Pengguna komputer/laptop tentu sudah sering mendengar istilah ini. IP Address bermanfaat untuk menjalin komunikasi, baik memakai internet dan jaringan lainnya. Karena itu IP Address juga disebut alamat rumah untuk mengirim serta menyalurkan berbagai data.

Mengapa IP Address Perlu Diganti?

Sebelum masuk ke cara setting IP Address, mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa perlu mengganti alamat ini? Ada banyak manfaat yang mendasari perubahan alamat IP, di antaranya:

  • Mengakses situs yang diblokir. Akses website pada suatu negara sudah diatur pihak berwenang. Sehingga untuk mengakses website tertentu, perlu mengganti alamat IP yang bersangkutan.

  • Menjaga informasi. Dengan mengganti alamat IP, sama artinya dengan menyembunyikan alamat sebenarnya. Hal ini bisa mengatasi berbagai risiko, terutama penyalahgunaan data atau pengintaian oleh hacker.

  • Mengatasi permasalahan jaringan. Seringkali masalah pada router mengalami masalah dikarenakan IP Addres-nya salah. Untuk mengatasinya, alamat IP dapat diganti secara manual sehingga bisa fungsinya kembali optimal.

  • Mengakses konten luar negeri. Beberapa konten tidak bisa diakses karena berasal dari negara berbeda. Akses ini bisa dibuka kembali dengan mengganti alamat IP.

Cara Setting IP Address

Banyak hal yang bisa dioptimalkan dengan mengganti IP Address. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara menggantinya. Inilah beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam penggantian alamat IP:

1. Windows 8 & 10

Bagi yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Windows terbaru seperti 8 hingga 10, cara mengubah IP Address cukup mudah. Bisa menerapkan beberapa tahap seperti berikut ini:

  • Ketuk “Start”, kemudian buka “Settings”.

  • Setelah masuk ke halaman pengaturan, klik “Network & internet”.

  • Carilah opsi “Properties”, kemudian di pilihan “IP Settings” tekan “Edit”.

  • Lanjutkan dengan memilih “Manual”, kemudian nyalakan tombol on di “IPv4”. Ketikkan alamat IP-nya.

  • Tekan “Save” untuk menyimpan pengaturan yang baru.

2. Macbook

Pengguna Macbook semakin banyak dari tahun ke tahun. Cara setting IP Address bagi pengguna Macbook akan cukup berbeda dari Windows. Meski begitu, langkah-langkahnya juga cukup sederhana. Mari simak caranya di sini:

  • Carilah “System references”, lanjutkan dengan memilih “Network”.

  • Di kolom bagian kiri, pilihlah jaringan yang akan digunakan, kemudian tekan “Advanced”.

  • Pilih “TCP/IP”, setelah itu di “Configure IPv4” bisa ketuk “Manually”.

  • Ketukkan IP Address pada kolom yang tersedia, lalu simpan dengan klik “Ok”.

3. Android

Selain laptop/komputer, berikutnya ada cara untuk mengubah IP Address yang diperuntukkan bagi pengguna Android. Agar bisa menggantinya, perlu mengikuti beberapa tahap yang disebutkan di sini:

  • Buka halaman pengaturan pada perangkat masing-masing, kemudian cari “Connection” kemudian “WiFi”.

  • Klik ikon “Settings” di jaringan yang dipakai saat ini.

  • Tekan “IP Settings”, berikutnya “Static”. Selanjutnya cukup mengetikkan alamat IP dengan benar, kemudian “Save” untuk menyimpan perubahan tersebut.

Itulah informasi tentang pengertian, cara setting IP Address serta alasan untuk menggantinya. Peran alamat IP meski tidak disadari sebenarnya penting terhadap fungsi sebuah perangkat. Untuk itulah penting untuk menggantinya demi menjaga keamanan serta mengoptimalkan performanya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.