Teknologi

Kenali Jenis Jenis Kabel Fiber Optik dan Keunggulannya Disini!

Tentunya mengetahui jenis jenis kabel fiber optik menjadi informasi penting. Apalagi di era modern ini dimana sekarang dimana fiber optik menjadi masa peralihan melakukan transmisi sinyal jaringan.

Hal inilah kemudian yang membuat fiber optik cukup banyak dijadikan pilihan. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kabel optik ini serta apa saja jenisnya? Mari simak ulasan berikut:

Sekilas Tentang Fiber Optik

Pada dasarnya untuk menghubungkan suatu jaringan ke komputer tentu akan membutuhkan adanya kabel. Kini di era modern ini kabel yang digunakan adalah kabel fiber optik dimana kabel jenis ini bisa melakukan transmisi cahaya lebih cepat.

Tentunya melalui fiber optik ini nantinya proses komunikasi pun bisa lebih cepat saat digunakan. Kecepatan akses yang tinggi inilah kemudian yang membuat proses komunikasi lebih lancar.

Fiber optik ini sendiri memiliki bentuk yang kecil dengan tekstur yang lembut seperti halnya serabut. Ukuran dari kabel fiber optik ini sendiri pun hanya 120 mm. Tentu ukuran ini menjadikan proses pemasangan kabel ini pun harus dilakukan dengan tepat.

Menilik dari sini, maka pemasangan kabel fiber optik ini haruslah dilakukan dengan tepat oleh petugas yang bertanggung jawab. Nantinya dengan pemasangan yang tepat sesuai prosedur, maka nantinya kabel pun bisa difungsikan dengan baik dan tentunya akan lebih aman.

Mengenal Jenis Fiber Optik

Tentunya setelah mengetahui pengertian singkat dari fiber optik diatas, maka mengetahui jenis jenis kabel fiber optik menjadi informasi penting berikutnya. Pada dasarnya jenis kabel optik inipun umumnya ada dua.

Jenis kabel pertama yaitu kabel optik tunggal sedangkan jenis kabel berikutnya ialah fiber optik multiple. Lalu, apa sebenarnya beda dari dua jenis kabel fiber optik tersebut. Mari simak ulasan berikut untuk informasi berikut:

1. Fiber Optik Tunggal

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwasannya fiber optik memang bisa terbagi menjadi dua dimana salah satunya adalah fiber optik tunggal. Jenis kabel satu ini nantinya hanya akan ada satu indeks cahaya yang digunakan.

Cahaya ini nantinya tidak dipantulkan namun akan merambat pada sepanjang media yang dibentangkan. Pada fiber optik tunggal inipun pada dasarnya maksimal hanya mencapai 10 mikron.

2. Multimode

Jenis fiber optik berikutnya ialah multimode dimana jenis kabel fiber optik yang memiliki beberapa mode cahaya untuk nantinya dapat ditransferkan pada sepanjang media. Tentunya hal ini menjadikan fungsi dari kabel optik ini bisa digunakan lebih cepat dibandingkan pada optik tunggal.

Pada jenis fiber optik ini pun memiliki kabel yang tentunya lebih tebal dibandingkan dengan fiber optik tunggal. Hal ini tentu juga menjadi pembeda lain dari dua jenis kabel fiber optik ini.

Menilik Keunggulan Kabel Optik Tunggal dan Multimode

Apabila sebelumnya telah mengenal apa itu fiber optik serta jenisnya, maka mengetahui keunggulan dari dua jenis kabel itu tentu juga penting. Pada dasarnya dua mode kabel fiber optik memang memiliki keunggulannya masing-masing.

Tentunya informasi ini menjadi penting sebagai pertimbangan sebelum nantinya digunakan dan dimanfaatkan. Supaya mengetahui apa saja keuntungan dua jenis kabel ini, maka mari simak ulasannya:

1. Keunggulan Jenis Kabel Fiber Optik Tunggal

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari menggunakan kabel fiber optik tunggal adalah terkait jarak tempuh kabel. Menggunakan kabel ini berarti nantinya daya jangkau kabel bisa mencapai sekitar 100 km.

Biasanya jenis kabel ini sering digunakan pada network lokal seperti halnya LAN. Layananan TV kabel juga telepon rumah juga menjadi perangkat yang bisa memanfaatkan kabel jenis ini.

2. Keunggulan Jenis Kabel Fiber Optik Multimode

Berbeda dengan fiber optik tunggal, pada fiber optik multimode bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kecepatan lebih baik. Kabel satu ini bisa digunakan untuk media pada jarak dekat.

Itulah tadi sekilas tentang jenis jenis kabel fiber optik yang tentunya perlu diketahui. Pada dua jenis kabel fiber optik ini pada dasarnya memiliki keunggulan yang berbeda dan tentunya bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button