Kenali Struktur Kabel Fiber Optik untuk Maksimalkan Penggunannya

Seperti yang diketahui bahwasannya struktur kabel fiber optik menjadi hal penting yang menyusun dalam mentransmisikan sinyal pada jaringan. Biasanya, kabel jenis ini pun digunakan untuk jaringan LAN pada internet atau bahkan telepon.

Kini pun kabel optik menjadi komponen penting yang dimanfaatkan dalam teknologi komunikasi. Namun, apa saja sebenarnya struktur penyusun dari kabel ini? Mari simak ulasan berikut untuk informasi lengkapnya:

Mengenal Kabel Fiber Optic

Internet memang telah menjadi bagian penting dalam hidup manusia modern. Hampir semua kegiatan baik transaksi, edukasi, atau bahkan dalam pekerjaan pun menggunakan internet sebagai perantaranya.

Hal inilah kemudian yang membuat komponen dalam komputer atau perangkat harus memadai, dan dapat memberikan support supaya jaringan dapat digunakan lancar. Tentunya menggunakan kabel fiber optic adalah salah satu contohnya.

Pada dasarnya kabel fiber optic ini sendiri merupakan kabel  disusun dari kaca atau bahkan dari plastic yang bahannya sangat halus. Melalui kabel ini, nantinya sinyal dapat ditransmisikan melalui cahaya dari satu media ke media yang lain.

Tentu dengan adanya cara kerja yang memanfaatkan dari aliran cahaya ini juga menjadi hal unik yang bisa digunakan. Pada dasarnya, hal ini karena cara kerja kabel fiber optic tidak menggunakan aliran listrik untuk bisa mentransmisikan sinyal.

Ini jugalah kemudian yang membuat perangkat yang menggunakan kabel ini memiliki kemungkinan kecil mengalami gangguan elektromagnetik. Jenis dari kabel optic ini pun, pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu kabel fiber optic tunggal serta multimode.

Mengenal Struktur dalam Kabel Fiber Optik

Apabila sebelumnya telah mengenal secara singkat terkait kabel optik, maka mengetahui struktur kabel fiber optik tentu juga menjadi informasi penting berikutnya. Pada dasarnya, pada kabel ini memang memiliki ornamen penyusun yang berfungsi untuk dapat mentransmisikan sinyal.

Bahkan bagian dari struktur kabel ini pun dapat dibedakan menjadi 4 struktur. Lalu, apa saja struktur penyusun tersebut? Mari simak ulasan di bawah untuk mengetahui struktur penyusun dari kabel fiber optik ini:

1. Cladding

Struktur pertama yang perlu diketahui dari kabel fiber optik adalah pelindung pantulan cahaya yang akan disalurkan pada jalur ke jalur berikutnya. Melalui adanya cladding ini, nantinya cahaya dapat dialirkan dengan tepat.

Tentunya cladding juga berfungsi untuk menghindari terjadinya masalah, karena cahaya yang disalurkan pada jalur yang tidak sesuai. Pada dasarnya, cladding ini pun terbuat dari silikon khusus yang digunakan untuk melindungi kabel fiber optik.

2. Core

Bagian struktur kabel fiber optik berikutnya adalah core, dimana ini merupakan bagian inti dari kabel optik itu sendiri. Core ini pada dasarnya terbuat dari bahan kaca yang memiliki ukuran sangat kecil.

Fungsi dari core ini adalah untuk membantu gelombang cahaya, supaya dapat merambat pada jalur yang sesuai. Melalui core ini pulalah, nantinya data dapat disalurkan dengan cepat.

3. Coating

Struktur berikutnya yang perlu diketahui tentu adalah coating yang ada pada kabel fiber optik. Pada dasarnya coating ini sendiri bisa diartikan, maka dapat diterjemahkan sebagai mantel.

Melalui terjemahan ini pun juga bisa dilihat fungsi utama dari coating. Pada dasarnya, coating memang berfungsi sebagai pelindung dari core atau bagian inti serta pelindung dari cladding.

4. Outer Jacket

Struktur terluar dari kabel fiber optik ini sendiri adalah outer jacket. Pada dasarnya, outer jacket ini nantinya menjadi bagian paling luar dari kabel fiber optik sebagai pelindung kabel.

Melalui adanya struktur inilah, nantinya kabel dapat dilindungi dari berbagai kemungkinan gangguan fisik. Tentunya dengan adanya struktur ini, maka nantinya fungsi kabel fiber optik pun juga bisa dimaksimalkan.

Itulah tadi struktur kabel fiber optik yang pada dasarnya memiliki fungsinya masing-masing untuk dapat melindungi aliran sinyal cahaya saat akan dialirkan. Tentunya dengan adanya struktur ini, maka nantinya kabel pun dapat digunakan secara maksimal.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.