Teknologi

4 Cara Menyambung Speaker Bluetooth ke HP dengan Mudah

cara menyambung speaker bluetooth ke hp

Jika sudah terbiasa menggunakan speaker bluetooth, pembaca mungkin sudah memahami langkah-langkah mengkoneksikannya. Sebetulnya cara menyambung speaker bluetooth ke HP cukup sederhana. Tetapi, tidak sedikit orang yang belum memahami cara menghubungkannya.

Speaker bluetooth memang banyak digemari, sebab dapat digunakan tanpa menggunakan kabel. Tidak heran, jika speaker bluetooth sering dipakai untuk memutar musik atau film dari HP. Berikut panduan cara menyambung speaker bluetooth yang dapat disimak:

1. Mengaktifkan Speaker Bluetooth

Bentuk fisik dari speaker bluetooth sebetulnya tidak berbeda dengan speaker aktif. Adapun cara mengaktifkan speaker bisa dimulai dengan menggeser Switch ke posisi ON. Pada beberapa jenis speaker bluetooth, ada yang aktif dengan cara ditekan lama.

Letak dari tombol Power, biasanya berada paling depan diantara tombol lainnya. Sementara mengaktifkan bluetooth bisa dilakukan dengan menekan tombol Source. Lampu indikator yang berwarna biru atau warna lain, seketika akan berkedip.

Lampu indikator menandakan bahwa bluetooth pada speaker sedang mencari perangkat bluetooth HP. Supaya tidak kesulitan saat mengoperasikan speaker bluetooth, pelajari beberapa tombol yang tersedia di bawah ini:

  • Power, berguna untuk menyalakan speaker bluetooth.

  • Bass, stereo, dan treble, berfungsi mengatur audio (hanya tersedia pada speaker tertentu).

  • Pause, berfungsi untuk menjeda musik.

  • Volume, berguna untuk mengatur besar kecilnya suara yang dihasilkan oleh speaker.

  • Play, berfungsi untuk memainkan lagu.

2. Mengaktifkan Bluetooth Pada HP

Setelah speaker bluetooth siap, silahkan buka HP dan mulailah mengaktifkan bluetooth. Pastikan HP diposisikan tidak jauh dari perangkat speaker agar dapat mendeteksi jaringannya. Adapun langkah-langkah menghidupkan bluetooth HP sebagai berikut:

  • Buka beranda HP, masuk ke menu Pengaturan.

  • Pilih opsi Koneksi, kemudian cari fitur Bluetooth.

  • Geser slider poin untuk menyalakan bluetooth pada HP Android.

  • Jika bluetooth sudah aktif, maka slider poin akan berwarna biru.

Selain lewat menu Pengaturan atau Setting, menyalakan bluetooth HP juga bisa dilakukan dengan praktis. Cukup usap layar ke bawah, lalu ketuk ikon bluetooth. Tunggu sampai ikon tersebut berubah warna menjadi biru.

3. Menyambungkan Speaker ke HP

Pada tahapan ini, pengguna perlu melakukan scan perangkat bluetooth terdekat agar terhubung dengan speaker. Tahap ini tidak terlalu lama, asalkan kedua perangkat posisinya berdekatan. Adapun cara menyambung speaker bluetooth ke HP sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan.

  • Cari opsi Koneksi dan temukan fitur Bluetooth.

  • Klik Search atau ikon (+) untuk menambahkan perangkat baru.

  • Tunggu perangkat HP menemukan sinyal bluetooth dari speaker yang aktif.

  • Setelah nama speaker bluetooth muncul, klik satu kali untuk menghubungkan.

  • Jika keluar ikon headset pada sudut atas HP, menandakan jika bluetooth berhasil terhubung.

4. Melakukan Testing dengan Musik

Setelah kedua perangkat terhubung, pengguna HP bisa mencoba memainkan musik pada HP. Sesuaikan equaliser pada speaker untuk mendapatkan dentuman audio yang diinginkan. Aturlah volume musik, bisa dari speaker maupun HP.

Semakin jauh jarak antara perangkat HP dan speaker, maka suara yang muncul akan bermasalah. Umumnya, bluetooth dapat bekerja dengan jarak maksimal 8 meter. Posisikan speaker dan HP dengan baik agar suara yang dihasilkan optimal.

Jika terjadi masalah saat pemutaran lagu yang disebabkan karena bluetooth tidak terdeteksi. Silahkan melakukan reset ulang dengan cara menghidupkannya kembali seperti tahap awal. Namun, jika perangkat speaker rusak maka perlu dilakukan perbaikan ke tempat servis.

Itulah cara menyambung speaker bluetooth ke HP melalui beberapa tahapan yang mudah. Saat memutar lagu, pastikan jika jarak antara HP dan speaker bluetooth tidak terlalu jauh. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan suara musik putus-putus atau berhenti.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button