internetTeknologi

Cara Mengetahui Password WiFi Lewat CMD, Ternyata Mudah

Cara mengetahui Password WiFi lewat CMD merupakan sebuah metode yang bisa dilakukan ketika lupa dengan kata sandi dari perangkat jaringan Internet yang ada di rumah. Seringkali orang melupakan hal tersebut karena tidak dicatat dan sudah menggunakannya lama.

Untuk melakukannya, pemilik WiFi perlu melakukan beberapa langkah agar pencarian password Wifi berjalan dengan lancar. Selain itu, CMD atau Command Prompt sendiri memiliki berbagai fungsi lainnya. Ingin tahu apa saja itu? Yuk, mari disimak ulasannya!  

Cara Tahu Password WiFi Melalui Fitur Command Prompt atau CMD

Tutorial atau cara mengetahui password WiFi lewat CMD ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Bagi yang baru pertama kali akan menggunakan metode ini, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pemilik perangkat agar password WiFi terlihat:

  • Buka kotak Command Prompt dengan mengklik menu Home atau Windows pada komputer, kemudian ketik CMD pada kolom Search, atau bisa juga dengan membuka kotak RUN dengan menekan tombol Windows dan R dari keyboard dan ketik CMD.
  • Setelah kotak Command Prompt terbuka, ketik kalimat perintah pemrograman ‘netsh wlan show profiles’ di dalam kotak perintah yang muncul, kemudian tekan Enter.
  • Selanjutnya, berbagai WiFi yang pernah terhubung dengan perangkat komputer atau laptop akan muncul di layar CMD, dan pilih nama WiFi mana yang ingin dilihat password-nya.
  • Ketik ‘netsh wlan show profiles’, pada layar CMD, kemudian tambahkan nama WiFi di sampingnya, lalu Enter.
  • Nantinya akan muncul berbagai informasi tentang jaringan WiFi tersebut, kemudian masukkan perintah yang sama, lalu tambahkan nama WiFi yang akan diketahui passwordnya dan ketik ‘key=clear’.
  • Tekan tombol Enter kembali, dan lihat di bagian Security Settings akan muncul password yang digunakan pada WiFi tersebut.

Fungsi Command Prompt pada Komputer dan Laptop

Selain untuk mencari password WiFi yang terlupa, sistem CMD atau Command Prompt juga memiliki fungsi lain yang dapat membantu pemilik untuk mengetahui hal lain tentang program perangkat. Berikut beberapa fungsi lain dari CMD yang perlu diketahui:

  • Dapat menghentikan program aplikasi secara paksa. Beberapa aplikasi yang mengganggu dan membuat lambat kinerja perangkat laptop ataupun komputer dapat dihentikan melalui Command Prompt.
  • Melakukan pemeriksaan terhadap Hardisk. Komponen penyimpanan ini perlu diperiksa agar tidak terkena bad sector yang dapat mengakibatkan data di dalamnya hilang dan komponen rusak.
  • Mencari File yang tersembunyi pada perangkat. Fungsi selanjutnya dari Command Prompt adalah dapat membantu file yang tersembunyi akibat virus atau hal lainnya. Pemilik bisa memasukkan perintah ‘attrib -h -r -s /s /d G:*.*’.
  • Menyembunyikan file rahasia. Selain mencari file yang tersembunyi, fitur Command Prompt juga bisa untuk menyembunyikan suatu file agar tidak dilihat orang lain. Menyembunyikan file ini bisa dilakukan untuk menjaga dokumen rahasia dari peretasan.
  • Pemeriksaan kesehatan baterai pada Laptop. Jika PC atau komputer langsung disambungkan ke sumber listrik, penggunaan laptop tentu terdapat baterai di dalamnya agar dapat dibawa kemana-mana. Pemeriksaan kesehatan baterai bisa dilakukan melalui CMD tersebut.
  • Mengetahui IP Address perangkat komputer atau Laptop. Selain informasi WiFi, fungsi dari CMD atau Command Prompt adalah melihat IP Address dari perangkat komputer atau Laptop yang digunakan.
  • Melakukan pengecekan informasi aktivasi Windows. Walaupun ketika membeli Laptop atau komputer biasanya sudah teraktivasi Windows-nya, namun terkadang hal tersebut bisa saja belum dilakukan. Untuk itu, Command Prompt bisa dimanfaatkan untuk mengecek hal tersebut.

Itulah cara mengetahui password WiFi lewat CMD serta fungsi lain dari Command Prompt tersebut. Selain milik sendiri, penggunaan CMD juga bisa untuk mengecek atau melihat password WiFi lain yang sebelumnya pernah terhubung pada perangkat yang digunakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button