Simak Cara Cek IP Address HP dan Informasi Penting Lainnya

Adanya IP address memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan cepat. Setiap perangkat tentu dilengkapi dengan kode IP yang berbeda sebagai identitas. Cara cek IP address HP juga sangat simple, yaitu melalui menu pengaturan perangkat.

Selain itu, pengguna juga bisa meminta bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek IP. Aplikasi tersebut biasanya tersedia gratis tanpa subscriptions. Berikut ini pembahasan selengkapnya mengenai cara periksa IP address pada HP yang wajib disimak.

Mengenal Pengertian IP Address dan Fungsinya

IP address diketahui sebagai sekumpulan angka unik yang ada di perangkat seperti HP, komputer, website, dan lainnya. Angka tersebut digunakan sebagai identitas yang membedakan dari perangkat lain.

Pengguna pun dapat berkomunikasi dengan mudah ketika terkoneksi internet. Selain itu, IP address memungkinkan pemilik website atau jaringan WiFi publik mengetahui siapa saja yang mengaksesnya.

Fungsi lainnya yaitu untuk alat pengiriman data ke perangkat milik pengguna. Jadi ketika pengguna mengakses sebuah website, maka akan ada proses download data yang terjadi di perangkat.

Macam Versi dari IP Address

IP address umumnya terbagi menjadi dua versi yaitu IPv4 serta IPv6. Tentunya keduanya memiliki perbedaan dan fungsi tertentu pada perangkat yang digunakan. Berikut ini penjelasan singkat mengenai macam versi IP, antara lain:

1. IPv4

Versi IPv4 ini diketahui telah digunakan sejak internet mulai diterapkan secara komersial. IP address juga menjadi versi yang banyak digunakan di berbagai perangkat, termasuk HP.

IP address versi ini terdiri dari empat kumpulan angka yang dipisahkan titik dengan panjang sekitar 32 bit. Hal tersebut merepresentasikan desimal dari delapan digit dari angka biner.

Terdapat pula oktet atau satu baris angka biner di setiap IP address. Nilai tersebut memiliki nilai maksimal sampai dengan 255.

2. IPv6

Dibandingkan dengan IPv4, versi ini mempunyai kapasitas yang lebih besar. Panjang angka dari IP address ini mencapai 128 bit dengan kombinasi delapan angka serta huruf. Biasanya kombinasi tersebut dipisahkan dengan simbol titik dua (:).

Selain itu, kombinasi huruf dan angka tersebut diketahui sebagai bentuk desimal dari angka biner yang berjumlah 16. Tentunya IP address tidak akan kekurangan dan sangat bervariasi.

Cara Cek IP Address HP

Sebenarnya cara memeriksa IP address pada HP cukup gampang dilakukan. Pengguna bisa mengetahuinya lewat pengaturan maupun aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa cara untuk mengecek alamat IP, antara lain:

1. Memeriksa Lewat Android

Terdapat dua cara cek IP Address HP di Android yang bisa diterapkan oleh pengguna. Cara pertama, pengguna bisa memeriksanya saat perangkat terhubung ke WiFi. Jalankan menu “Settings”, lalu klik opsi “Connection” dan pilih “WiFi”.

Selanjutnya, pengguna bisa menemukan sederet angka di samping jaringan yang terhubung di HP. Angka tersebut dikenal sebagai IP Address HP pengguna.

Selain melalui koneksi WiFi, pengguna juga bisa melihat informasi IP di “About Phone” yang ada di menu “Settings”. Nantinya pengguna dapat mengetahui MAC maupun IP Address serta informasi lainnya mengenai HP.

2. Mengecek di Perangkat iOS

Pengguna dapat mengecek IP Address melalui “Settings” di perangkat iOS seperti iPad dan iPhone. Setelah membuka menu “Settings”, pengguna bisa memilih opsi “WiFi” lalu tekan ikon “i” di samping kanan jaringan yang terhubung.

Kemudian, pengguna bisa memeriksa IPv4 maupun IPv6 Address milik HP. Pengguna juga dapat melihat informasi lain yang dibutuhkan.

3. Menggunakan Aplikasi My IP Address

Melihat IP Address ternyata bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Pengguna dapat mengunduh dan menginstall My IP Address di HP. Aplikasi tersedia di PlayStore dan bisa diakses secara gratis.

Setelah itu, pengguna diminta menjalankan aplikasinya tanpa harus login terlebih dahulu. Nantinya pengguna bisa mengetahui IP Address di halaman utama.

Demikian pembahasan tentang cara cek IP address HP yang penting diketahui. Memeriksa IP address perlu dilakukan untuk meningkatkan koneksi internet ke perangkat yang dipakai. Dengan begitu, pengguna bisa mendapat akses yang lebih cepat serta stabil.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.