Cara Setting Wifi Repeater Lewat Hp serta Ulasan Lengkapnya!

Kini ada cara setting WiFi repeater lewat Hp yang mampu memancarkan sinyalnya lebih luas dan kuat ketika sinyal Wi-Fi lemah. Kira-kira apa itu repeater? Dan cara pengaturan melalui Hp seperti apa? Mari simak ulasannya berikut:

Repeater, What’s That?

Repeater, apa itu repeater? Apakah benar merupakan solusi ketika Wi-Fi mengalami masalah? Jawabannya benar. Repeater merupakan sebuah perangkat ataupun alat dengan fungsi untuk memperluas jangkauan dari si sinyal Wi-Fi tersebut.

Sehingga ketika berada diluar zonanya Wi-Fi tidak memiliki kendala pada sinyalnya. Tetapi repeater ini hanya bisa berlaku ketika memang berada diluar zona Wi-Fi. Jenis repeater ada banyak dan paling sering digunakan itu jenis kabel.

Panduan Pengaturan Wi-Fi Repeater Melalui Hp

Setelah tadi membahas seputar tentang repeater, kini masuk ke pembahasan cara setting wifi repeater lewat Hp. Panduannya ada dua cara, menggunakan Tp-Link dan Wi-Fi range extender. Diantara kedua cara tersebut gunakanlah salah satunya yang menurut masing-masing mudah untuk diaplikasikan.

1. TP-Link

Cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan sinyal pada Wi-Fi yaitu menggunakan repeater tipe TP-Link. Simpel dan tidak perlu menggunakan bantuan kabel atau apapun karena melalui Hp sudah cukup. Catat dan ikuti langkah-langkahnya berikut:

  • Langkah awal yang bisa diambil yaitu aktifkan repeater TP-Link nya terlebih dahulu.
  • Lalu selanjutnya hubungkan antara perangkat Hp Android tersebut ke arah sinyalnya Wi-Fi repeater. Umumnya sinyal pada Wi-Fi ini memiliki SSID yang sama dengan tipe TP-Link yang digunakan tersebut.
  • Berikutnya, melakukan login dengan memasukkan password agar terhubung antara Hp ke repeaternya. Untuk mengetahui kode atau password nya, sudah tersedia di belakang alat repeater yang digunakan tersebut.
  • Jika tanda sudah terhubungnya, akan muncul notifikasi. Klik notifikasi tersebut akan langsung masuk ke browser login repeater nya.
  • Bila notifikasinya tidak muncul, lakukan akses secara manual yaitu dengan masuk ke browser di Hp. Alamat untuk repeater umumnya yaitu 168.0.1 dan lainnya.
  • Lakukan login dan akan diminta untuk memasukkan password baru, lalu isi data yang dibutuhkannya. Lalu langsung klik tombol Lets Get Start. Ada beberapa yang tidak perlu dilakukan setting.
  • Begitu selesai, masuklah ke menu opsi Wireless dan klik tombol LAN. Disinilah dilakukan pengaturan IP. Jika sudah, klik tombol Save.
  • Selanjutnya akan diarahkan pada Operation Mode, dan pilih opsi menu Range Extender untuk nantinya dijadikan TP-Link sebagai repeater.
  • Step berikutnya masuk ke menu opsinya Quick Setup lalu klik tombol Next. Hal ini untuk menjangkau TP-Link ke Wi-Fi nya.
  • • Kembali ke AP List nya dan klik tombol Connect. Masukkan password Wi-Fi router nya.
  • Untuk Wi-Fi range nya bisa diganti namanya sesuai kesukaan masing-masing yang nantinya akan tampil di device. Jika sudah, klik tombol Next.
  • Step terakhir adalah ubahlah Smart DHCP nya menjadi IP Static. Jadikan disable, terakhir klik tombol Next. Nanti atur saja Wi-Fi repeaternya langsung di Hp karena sudah tersambung.

2. Wi-Fi Range Extender

Kini masuk cara kedua yaitu cara setting wifi repeater lewat Hp menggunakan Wi-Fi range extender. Cara ini juga tergolong simpel dan mudah untuk diaplikasikan, anti ribet. Simak saja langsung step by step berikut:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah hidupkan terlebih dahulu perangkat pada Wi-Fi range extender nya.
  • Lalu step selanjutnya adalah hidupkan power nya dan tunggu sampai indikator pada lampu power nya tidak berkedip.
  • Masuk ke step berikutnya adalah hubungkanlah perangkat Hp ke jaringan pada Wi-Fi range extendernya.
  • Tunggu beberapa saat yang nantinya otomatis akan langsung masuk ke halaman browser Wi-Fi untuk dilakukan pengaturan.
  • Step lanjutannya adalah melakukan login dengan masukkan password. Lalu pilihlah opsi Range Extender dan pilihlah jaringan yang ingin diperluas tersebut.

Demikian, itulah tadi seputar informasi cara setting wifi repeater lewat Hp serta mengulas sedikit tentang repeater. Sehingga tidak hanya mengetahui cara kerjanya, dan kegunaannya secara umum, tetapi juga mengetahui tentang repeater itu sendiri.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.