Teknologi

Apakah Ada Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee? Simak Berikut Ini!

Ingin tahu cara menghapus riwayat pesanan di Shopee bagaimana? Ketika berbelanja di Shopee, pastinya akan muncul riwayat pesanan pengguna. Biasanya muncul informasi terkait pesanan seperti kapan melakukan pembelian, di toko mana, produk apa dibeli dan lain-lain

Bagi sebagian orang mungkin ingin melakukan penghapusan riwayat pesanan tersebut. Lantas, apakah bisa dilakukan untuk menghapus riwayat pesanan tersebut?

Riwayat Pesanan di Shopee

Setiap berhasil berbelanja di Shopee, akan tercatat dalam riwayat pesanan akun masing-masing. Melalui fitur riwayat pesanan di Shopee, pengguna dapat melihat rentetan pembelian yang telah dilakukan sebelum-sebelumnya.

Adanya riwayat ini, akan terbantu untuk melacak sampai mana paket yang telah dipesan tersebut. Pengguna bisa memastikan pesanan telah dikirim oleh penjual atau sudah dalam proses pengiriman. Selain itu, fitur ini memberikan informasi terkait pesanan tersebut.

Misalnya, informasi mengenai toko, nama produk, jumlah, total pembayaran dan lain sebagainya. Tentunya ini berguna jika ingin melakukan pembelian lagi. Selain itu, riwayat pesanan dapat digunakan untuk mengajukan keluhan apabila ada masalah terkait dengan barang yang dipesan.

Adakah Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee?

Bagi sebagian orang mungkin ingin melakukan penghapusan riwayat pesanan di Shopee. Bisa karena tidak ingin dilihat oleh orang lain demi menjaga privasi, atau menyortir riwayat pesanan supaya tidak menumpuk oleh historis barang-barang yang sekiranya tidak penting.

Sayangnya, tidak ada cara menghapus riwayat pesanan di Shopee dengan cara apa pun. Penghapusan bisa dilakukan hanya dengan menghapus akun Shopee, sehingga semua transaksi di akun tersebut ikut terhapus. Dengan demikian, akun pengguna pun ikut terhapus.

Saat ini, Shopee belum menyediakan fitur untuk menghapus riwayat pesanan pengguna. Ada beberapa alasan Shopee tidak memberikan layanan ini, seperti mempermudah pengguna untuk melihat riwayat pembelian sebelumnya. Selain itu, menjadi bukti transaksi yang dilakukan.

Jika pun ingin menghapus informasi pesanan, pengguna hanya bisa menghapusnya melalui notifikasi pesanan di Shopee. Hanya saja, di riwayat pesanan tetap akan muncul daftar belanja yang sudah dilakukan.

Cara Menghapus Riwayat Notifikasi Pesanan Di Shopee

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, pengguna hanya bisa melakukan penghapusan pesanan melalui notifikasnya saja. Setiap pesan yang dibeli akan muncul notifikasi terkait produk tersebut. Misalnya informasi pembayaran produk atau sampai mana produk tersebut di proses.

Ketika barang sudah dikirim atau telah diterima oleh pemiliknya, akan muncul pula notifikasi pemberitahuan. Untuk hal yang satu ini, pengguna masih bisa melakukan penghapusan agar tidak memenuhi fitur notifikasinya. Berikut tahapan langkahnya untuk menghapus:

  • Pertama, bukalah Shopee dan pastikan telah masuk ke akun masin-masing.
  • Selanjutnya, pergi menuju menu “Notifikasi” di Shopee pada bagian bawah.
  • Akan muncul pemberitahuan yang masuk ke akun pengguna.
  • Silakan memilih notifikasi pemberitahuan pesanan yang ingin dihapuskan dari daftar tersebut.
  • Caranya dengan tap dan tahan beberapa saat sampai muncul tulisan “Hapus”.
  • Jika sudah, pengguna bisa menekan tombol “Hapus” dan “Ya”.
  • Selesai. Dengan demikian, notifikasi pesanan akan secara otomatis terhapus dari daftar tersebut.
  • Lakukan cara yang sama untuk menghapus notifikasi lainnya agar tidak menumpuk.

Kini pengguna telah mengetahui apakah ada cara menghapus riwayat pesanan di Shopee atau tidak Nyatanya, pihak Shopee hingga saat ini belum menyediakan fitur untuk melakukan penghapusan riwayat pesanan. Pengguna hanya bisa sekedar menghapus notifikasi pemberitahuan pesanan saja.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button