Ketahuilah! Cara Mengembalikan Data Hp Yang Sudah Di Reset Pabrik Dengan Aman

Penerapan cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik sangat penting untuk diketahui. Terkadang, reset pabrik pada Hp  banyak dilakukan oleh pengguna untuk mengatasi memori Hp yang terlalu full. 

Akan tetapi, reset pabrik memiliki resiko yang besar bahkan resiko kehilangan banyak data, berkas, dan lainnya yang ada pada Hp. Jika terlanjur terjadi, pengguna bisa melakukan pemulihan secara aman melalui beberapa cara dibawah ini. 

1. Menggunakan Aplikasi Data Recovery

Saat melakukan reset pabrik pada Hp, semua data termasuk foto, berkas, dan aplikasi akan hilang. Selain itu, pengaturan Hp juga akan hilang sehingga Hp akan seperti baru dan kosong dari data apapun.

Namun, pengguna masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan data tersebut dengan cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik. Akan tetapi, data yang diperbaiki tidak bisa kembali secara keseluruhan. 

Aplikasi data recovery ini memang mampu mengembalikan data seperti foto, video, berkas, dan lainnya. Akan tetapi, tidak semuanya bisa dipulihkan. Selain itu, aplikasi ini juga mudah diunduh dan digunakan tanpa menyulitkan pengguna.

Aplikasi data recovery juga tersedia gratis tak berbayar. Dengan begitu, pengguna bisa lebih leluasa untuk menggunakan aplikasi ini tanpa khawatir dengan harga yang perlu dibayar. Jika data yang dipulihkan sedikit, maka aplikasi ini akan berjalan lebih cepat. 

2. Melalui Pemulihan Data Pada Akun

Selain menggunakan aplikasi tambahan seperti aplikasi data recovery, pengguna juga bisa melakukan cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik melalui akun Google yang dimiliki. Cara ini terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Akan tetapi, data yang terhapus saat reset pabrik bisa kembali jika sebelumnya pengguna melakukan backup data pada Hp. Jika sebelumnya belum atau tidak melakukan backup, maka kemungkinan besar cara ini tidak bisa dilakukan dan data tidak akan kembali.

  • Masuk pada menu pengaturan yang ada di Hp masing-masing.
  • Buka halaman menu manajemen umum.
  • Selanjutnya, masuk pada menu pencadangan dan pemulihan.
  • Pilih menu pulihkan data untuk memulihkan atau mengembalikan semua data yang telah dicadangkan atau di backup sebelumnya. 
  • Data yang dipulihkan akan dikembalikan secara bertahap dan berproses. Setelah proses selesai, maka data dan aplikasi yang dipulihkan bisa ditemukan dan digunakan kembali.

3. Melalui Pemulihan Data Pada Perangkat Eksternal

Selain melakukan backup atau mencadangkan data di akun google, pengguna juga bisa melakukan pencadangan dengan bantuan media eksternal. Perangkat tersebut seperti Laptop, Hard disk, Flash disk, CD, dan lain sebagainya.

Beberapa data seperti foto, video, berkas, dan lainnya bisa disimpan pada media lain. Setelah itu, pengguna bisa memulihkan data tersebut pada Hp dengan cara memindahkan data tersebut melalui beberapa tahapan cara.

Keuntungan dari cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik yang ketiga ini yaitu pengguna bisa menyimpan dan memulihkan semua data. Data apapun yang telah disimpan bisa dikembalikan tanpa terkecuali.

Pengguna juga bisa memilah manakah aplikasi atau data yang ingin dipertahankan dan ingin dibuang. Cara pemulihannya juga mudah dan hanya tinggal menyambungkan perangkat yang ingin digunakan pada Hp.

Jika menggunakan flash disk, maka pengguna membutuhkan laptop sebagai perantara dan berlaku juga pada beberapa perangkat bantuan lainnya. 

Itulah beberapa cara mengembalikan data hp yang sudah di reset pabrik yang bisa pengguna terapkan. Sebelum memutuskan untuk reset pabrik, perhatikan kembali resiko yang mungkin dialami dan simpanlah data atau aplikasi yang penting dan dibutuhkan untuk dipulihkan. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.