Cara Cek Transaksi Terakhir Telkomsel Yang Praktis

Sebagai pengguna provider Telkomsel maka harus tau cara cek transaksi terakhir Telkomsel untuk mengetahui kegiatan yang membuat pulsa atau kuota selalu berkurang. Pulsa maupun paket kuota yang berkurang sering dialami bahkan tanpa diketahui penyebabnya.

Untuk mencegah pengulangan kehilangan pulsa dan kuota secara terus menerus maka perlu dicek transaksi penggunaan agar tidak terbuang sia-sia. Telkomsel menyediakan suatu fitur untuk melihat penggunaan pulsa dan kuota tersebut, dengan cara sebagai berikut:

Cara Cek Pakai Kode

Cara cek transaksi terakhir Telkomsel itu ada 2 macam, yang pertama menggunakan kode dial up. Cara ini mudah sekali dilakukan tanpa menggunakan koneksi internet atau WiFi karena hanya cukup mendapat jaringan seluler yang lancar.

1. Buka Aplikasi Telepon

Setiap ponsel umumnya akan tersedia aplikasi ponsel secara otomatis. Di aplikasi ini pengguna bisa melakukan panggilan ke kontak siapa saja. Di aplikasi Telepon ini, pengguna kartu Telkomsel juga bisa melakukan pengecekan terkait kartu.

2. Ketiklah Kode Dial Up

Untuk kode dial up yang digunakan untuk mengecek transaksi kartu adalah *888*77##. Tekan panggil atau icon telepon dan bila menggunakan dua SIM, pastikan tombol yang ditekan sesuai dengan lokasi SIM Card yang ingin di cek.

3. Tunggu Pop Up Berhasil

Untuk mengecek menggunakan kode dial ini tidak langsung muncul dan perlu menunggu beberapa saja. Cepat atau lamanya pop up terbuka tergantung kondisi jaringan seluler, oleh karena itu sebelum mengecek perhatikan jaringan seluler kartu.

4. Cek Transaksi Terakhir

Setelah berhasil masuk maka akan muncul kotak dialog yang berisi riwayat transaksi terakhir dari kartu Telkomsel yang digunakan. Pada kolom tersebut juga tertera jumlah biaya pengeluaran yang digunakan sebelumnya.

Cara Cek Lewat Aplikasi

Selain menggunakan kode dial up yang dilakukan melalui aplikasi Telepon, pengguna kartu Telkomsel juga bisa mengecek menggunakan aplikasi khusus kartu Telkomsel. Sekarang ini, Telkomsel sudah mempunyai aplikasi bernama MyTelkomsel.

Aplikasi MyTelkomsel menjadi aplikasi khusus pengguna kartu Telkomsel untuk mempermudah melakukan berbagai kegiatan dan transaksi terkait kartu. Untuk mengecek menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah, dengan cara sebagai berikut:

1. Perhatikan Koneksi Internet

Sebelum mulai melakukan pengecekan, harap perhatikan koneksi jaringan internet untuk memperlancar proses. Ini akan berbeda dengan menggunakan kode dial up yang hanya membutuhkan jaringan yang lancar saja tanpa koneksi internet.

2. Buka Aplikasi MyTelkomsel

Bagi yang belum mempunyai aplikasi ini harap unduh terlebih dahulu di PlayStore secara gratis. Setelah aplikasi terpasang lakukan login menggunakan nomor Telkomsel yang sedang dipakai dan dalam keadaan aktif.

Perhatikan juga bahwa aplikasi MyTelkomsel tersebut sudah diupdate ke versi terbaru. Hal ini agar pengguna bisa menemukan berbagai layanan baru atau menggunakan menu atau fitur yang telah diperbarui.

3. Tekan Menu

Saat masuk ke beranda, pengguna akan melihat berbagai macam menu, mulai dari pembelian paket, voucher hingga jumlah pulsa yang tersedia. Pilih fitur menu yang berada di pojok kanan yang berupa tiga garis dengan tulisan ‘Menu’ dibawah.

4. Pilih Pemakaian Terakhir

Pada fitur Menu, ada berbagai fitur lainnya seperti profil, paket, riwayat pembelian, dan lainnya. Khusus untuk mengecek transaksi terakhir, pilihlah opsi Pemakaian Terakhir.

5. Keterangan Transaksi Terakhir

Masuk ke fitur Pemakaian Terakhir, pengguna bisa menemukan segala kegiatan transaksi yang terjadi secara lengkap. Pada keterangan tersebut, pengguna bisa mengetahui jenis transaksi, biaya, dan waktunya.

Itulah cara cek transaksi terakhir Telkomsel yang bisa dilakukan ketika terus menerus mendapat kuota dan pulsa sering berkurang. Pulsa dan kuota yang berkurang ini memiliki berbagai penyebab dan untuk mengetahui penyebabnya, ikuti cara-cara tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.