3 Cara Merubah Rekaman Suara Menjadi Teks di Android Dengan Mudah dan Cepat

Saat ini teknologi telah berkembang pesat, semua hal menjadi mudah dan praktis. Salah satunya yakni kini dapat menulis note dengan mudah dengan mode suara. Perlu diketahui bahwa cara merubah rekaman suara menjadi teks di android kini sudah dapat dilakukan dengan mudah.

Fitur tersebut tentu sangat membantu pengguna smartphone, apabila malas untuk menuliskan note. Dengan fitur tersebut pengguna hanya perlu mengatakan apa saya yang harus ditulis dalam note. Berikut cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

1. Melalui Pengaturan Google

Cara merubah rekaman suara menjadi teks di Android yang pertama adalah dengan melakukan pengaturan lanjutan pada smartphone yang digunakan. Dewasa ini fitur pengubah suara menjadi teks sudah umum dan otomatis telah diaktifkan.

Namun jika belum aktif, maka pengguna dapat mengaktifkannya secara manual melalui menu pada google. Fitur pengubahan suara ini merupakan fitur yang bekerjasama dengan pihak google, oleh karenanya perlu mengaktifkannya melalui aplikasi google. Berikut langkahnya:

  • Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi google dan pilih opsi lanjutan atau more, dan klik pengaturan.

  • Kedua, setelah mengklik pengaturan adalah dengan memilih menu suara atau voice.

  • Langkah ketiga adalah dengan mengaktifkan pengenalan ucapan luring, artinya akan ada fitur pengenalan suara secara offline.

  • Langkah terakhir adalah memilih dan memastikan bahasa yang digunakan didalamnya sudah menggunakan bahasa Indonesia

Untuk smartphone android seperti Samsung, merk ini telah memiliki fitur terintegrasi tersendiri. Dengan demikian, pengguna Samsung tidak perlu ribet untuk mengaktifkannya melalui google.

2. Melalui Website secara Online

Menggunakan website online menjadi cara merubah rekaman suara menjadi teks di android yang selanjutnya. Artinya dengan menggunakan website, pengguna perlu untuk terhubung dengan jaringan saat melakukan fitur tersebut. 

Biasanya pengguna fitur merubah suara menjadi teks dengan menggunakan website adalah pengguna yang telah memiliki rekaman suara dengan berbagai bentuk file. Pengguna bukan secara real-time ingin mengubah suaranya menjadi sebuah teks.

Selain nilai negatif yang dimiliki berupa harus terkoneksi dengan jaringan internet, menggunakan website juga memberikan nilai positif. Dengan menggunakan website, pengguna dapat mengetahui lirik lagu dengan baik, hanya dengan menginput suara penyanyi.

Selain itu, menerima berbagai bentuk media juga menjadi suatu nilai positif dalam penggunaan website online. Berikut langkah untuk menggunakan fitur pengubah suara dengan menggunakan website online. 

  • Pastikan pengguna terkoneksi dengan jaringan internet untuk menggunakan mesin pencari, search engine dapat berupa chrome ataupun google.

  • Setelah membuka mesin pencari, pengguna dapat membuka website veed.io 

  • Scroll hingga bagian bawah halaman website, dan selanjutnya klik mentranskrip audio. 

  • Selanjutnya upload audio yang ingin diubah menjadi teks, ketika pengunggahan selesai pilih bahasa yang ingin digunakan. 

  • Terakhir adalah unduh hasil pengubahan audio tersebut dengan opsi beberapa bentuk file.

Cara diatas memang cukup rumit namun terdapat beberapa pilihan media yang dapat diunggah maupun diinstal. 

3. Melalui Keyboard Catatan

Cara merubah rekaman suara menjadi teks di android yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur suara pada keyboard yang ada pada catatan atau note. Menggunakan fitur voice yang telah tersedia tentu tidak memerlukan tindakan lebih lanjut.

Melalui fitur voice yang ada pada keyboard catatan atau note, pengguna dapat secara langsung mengubah suara menjadi teks dalam catatan tersebut. Namun, terkadang fitur voice ini tidak hanya tersedia pada catatan namun juga tersedia dalam aplikasi lainnya.  

Demikianlah beberapa cara merubah rekaman suara menjadi teks di android, terdapat cara yang sangat mudah karena sudah tersedia dalam perangkat. Namun juga terdapat cara yang mengharuskan pengguna terkoneksi dengan jaringan internet dalam penggunaannya. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.