Begini 3 Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat, Ketahui Penyebabnya Terlebih Dulu!

Touchscreen ponsel tiba-tiba ngangkat tentu bisa bikin panik, sehingga pengguna harus tahu bagaimana cara mengatasi touchscreen ngangkat agar normal kembali. Sebab, jika masalah ini dibiarkan terlalu lama, bisa menyebabkan layar sulit ditekan atau bahkan mati total.

Layar LCD yang terangkat, rentan menjadi rusak seperti sambungan dalam LCD yang terlepas atau bergesernya komponen. Sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan beberapa cara agar tidak rusak semakin parah.

Penyebab Touchscreen Pada Ponsel Ngangkat

Sebelum mengetahui cara mengatasi touchscreen ngangkat, pengguna harus tahu dulu apa penyebabnya. Tujuannya, agar kejadian ini nantinya tidak akan terulang kembali.

Selain itu, tujuan lainnya adalah agar bisa mengatasinya karena telah diketahui penyebabnya. Berikut, faktor-faktor penyebabnya:

1. Ponsel yang Terjatuh dan Terbentur

Faktor penyebab LCD ngangkat yang pertama adalah ponsel yang terjatuh dan terbentur. Pada saat terjatuh, layar LCD akan terangkat karena adanya dorongan.

Apalagi jika ponsel yang terjatuh ini menghadap ke arah belakang, secara otomatis akan menekan bagian depan. Oleh karena itu, simpan ponsel pada tempat aman dan usahakan untuk memegang dengan erat.

2. Baterai Ponsel yang Sudah Mengembung

Faktor ngangkat yang kedua, bisa terjadi karena baterai ponsel yang sudah mengembung. Mengingat desain baterai tentu sudah sesuai ukuran, jika mengembung tentu akan menyebabkan dorongan.

Ibaratnya, baterai akan melakukan dorongan keluar untuk mendapatkan ruang baterai tambahan. Jika baterai mulai terasa menggembung, usahakan untuk langsung menggantinya.

3. Lem yang Kurang Merekat

Selanjutnya, LCD yang ngangkat bisa terjadi karena lem yang kurang merekat, setelah diperbaiki oleh tukang servis. Entah perbaikan LCD atau perbaikan kerusakan lainnya.

Jika dalam beberapa hari layar touchscreen mulai mengangkat setelah diperbaiki, besar kemungkinan penyebabnya karena lem kurang merekat. Maka, cobalah periksa dengan teliti untuk memastikan penyebabnya.

4. Pelindung Layar yang Dilepas Salah

Kualitas dan daya rekat tiap tempered glass berbeda-beda. Jika pengguna menggunakan pelindung selebar 5D, lem yang digunakan cukup kuat.

Sehingga, jika ingin diganti pengguna harus melakukannya dengan cara yang benar. Coba panaskan menggunakan hair dryer, agar rekat lem berkurang atau bisa menggunakan alat khusus agar tidak rusak dan layar terangkat.

Cara Mengatasi Touchscreen Ngangkat dengan Benar

Setelah mengetahui faktor penyebab LCD ngangkat, selanjutnya pengguna harus tahu bagaimana cara mengatasinya. Apalagi, jika posisi touchscreen sudah terangkat. Berikut beberapa cara yang bisa pengguna coba di bawah ini:

1. Cara Mengatasi dengan Ganti Layar LCD

Cara mengatasi touchscreen ngangkat yang benar pertama kali adalah dengan mengganti layar LCD. Namun sebelum diganti, coba pastikan dulu kualitas serta ukuran layarnya.

Jangan sampai mengganti layar namun tidak sesuai dengan ukurannya. Agar layar LCD bisa terpasang sempurna pada ponsel.

2. Cara Mengganti dengan Ganti Baterai Baru

Kedua, pengguna bisa menggantinya dengan membeli baterai baru. Baterai yang sudah mengembung atau mengembang, sudah wajib diganti untuk menghindari touchscreen semakin ngangkat.

Silakan gunakan baterai yang sesuai dengan ponsel pengguna. Pastikan menggunakan baterai dengan benar agar tidak kembali mengembung.

3. Cara Mengganti dengan Melakukan Lem Ulang

Terakhir, pengguna bisa melakukan lem ulang pada touchscreen yang ngangkat. Lem yang digunakan adalah double tape merk 3M atau lem jenis mechanic B7000. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, siapkan double tape 3M atau lem perekat jenis mechanic B7000.

  • Kedua, bersihkan touchscreen ponsel yang ingin direkatkan kembali menggunakan tisu atau lap lembut.

  • Ketiga, bersihkan touchscreen dan bagian yang telah terangkat secara hati-hati. Bersihkan di bagian dalam tanpa didorong.

  • Keempat, pasang touchscreen dengan hati-hati dengan memperhatikan letak perekat.

  • Pastikan pemasangan tidak sampai menutupi layar touchscreen agar sensitivitas tetap pas dan tidak berkurang.

  • Terakhir, rekatkan kembali kedua sisi touchscreen dengan pas agar debu tidak masuk.

  • Jika masih ada sisa lem keluar, segera bersihkan sebelum mengering.

  • Selesai.

Itulah beberapa cara mengatasi touchscreen ngangkat agar normal kembali. Perlu diketahui apa penyebab touchscreen bisa ngangkat, baru bisa pilih cara untuk mengatasinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.