Inilah Cara Memakai Kuota Internet Lokal Dengan Mudah

cara memakai kuota internet lokal

Pada zaman serba digital ini mayoritas masyarakat pasti membutuhkan paket internet dalam kebutuhan sehari-harinya. Dalam kuota internet pasti terdapat pembagian jenis-jenisnya, maka dari itu penting untuk mengetahui cara memakai kuota internet lokal agar tidak boncos.

Setiap provider pasti menyajikan berbagai pilihan kuota internet yang beraneka ragam dengan harga yang bermacam-macam juga. Salah satunya ada paket lokal yang bisa diakses. Berikut penjelasannya.

Cara Memakai Kuota Lokal

Seperti yang dikatakan di awal, pada zaman serba digital ini tidak hanya terdapat provider saja yang beraneka ragam. Melainkan berbagai paket internet juga sangat bervariasi, hal itu berguna untuk menyesuaikan kebutuhan pada masyarakat.

Berbagai jenis paket internet tersebut juga mempengaruhi dalam harganya, yang pastinya setiap provider berlomba-lomba menyediakan untuk menyediakan yang terbaik. Biasanya para provider juga memberikan bonus kuota lokal pada paket yang ditawarkan.

Kuota lokal ialah suatu jenis paket internet yang hanya bisa digunakan di daerah pengguna mengaktifkan paket internetnya. Jadi di luar daerah tersebut, kuota lokal tidak bisa digunakan oleh pengguna kembali.

Sebenarnya untuk cara memakai kuota internet lokal tergantung pada masing-masing provider. Yang pastinya terdapat dua kondisi tertentu untuk pemakaian kuota lokal yaitu:

  • Kuota lokal akan dipakai dahulu sebelum pemakaian kuota utama.

  • Kuota lokal akan dipakai saat kuota utama telah habis digunakan.

Jadi tidak ada pengaturan untuk pemakaian kuota lokal, pengguna tinggal melihat saja pada detail jenis paket internet yang digunakan. Yang penting pengguna tetap berada dalam daerah saat aktivasi paket internet untuk dapat memakai kuota lokal.

Jika Kuota Lokal Tidak Bisa Digunakan

Mungkin dari pengguna terdapat permasalahan yang menyebabkan kuota lokal tidak dapat digunakan. Padahal pengguna sudah berada di daerah tempat aktivasi paket internet. Jika hal itu terjadi maka lakukan beberapa cara berikut ini:

  • Coba lepas dan masukkan ke Hp yang berbeda. Lakukan cara ini dan cek apakah bisa digunakan atau tidak. Jika tetap tidak bisa digunakan maka kemungkinan toko tempat pengguna membeli paket internet menyediakan voucher data yang berbeda zona.

  • Menunggu hingga kuota utama habis. Seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa setiap provider memiliki ketentuan tersendiri. Mungkin pada provider yang pengguna pakai mengharuskan kuota utama habis dahulu untuk dapat memakai kuota lokal.

  • Melihat ketentuan pemakaiannya. Coba pengguna perhatikan apa saja persyaratannya, harus dalam jaringan 4G atau tidak. Perlu diketahui bahwa kuota lokal adalah kuota bonus, jadi pasti terdapat syarat pemakaian di dalamnya.

  • Menghidupkan mode pesawat. Dengan cara ini maka pengguna bisa merefresh jaringan internet pada Hp. Caranya cukup mudah, tinggal nyalakan mode pesawat kemudian tunggu sebentar lalu matikan kembali mode pesawatnya. Silahkan pengguna kembali memakai internet.

  • Bertanya kepada customer service. Jika semua cara sudah dilakukan namun masih tidak ada hasil, pengguna dapat menghubungi customer service. Pastikan untuk menyampaikan atas semua kendalanya. Tujuannya agar pihak provider memberikan jalan keluar.

Perbedaan Kuota Lokal Dengan Utama

Terdapat perbedaan yang sangat jelas antara kuota lokal dengan kuota utama, yaitu dalam pemakaiannya. Jika kuota utama hanya dapat digunakan pada daerah pengaktifan kuota internet. Sedangkan kuota utama dapat digunakan dimanapun pengguna berada.

Sehingga dari aspek pemakaian jelas lebih bebas pemakaiannya kuota utama ketimbang kuota lokal. Hal itu karena kuota lokal merupakan kuota internet bonus saja, yang biasa tersedia pada pembelian paket kuota utama.

Namun kebanyakan jika paket internet terdapat kuota lokal di dalamnya, maka harganya akan lebih terjangkau. Namun masih tetap, bahwa semua ketentuan kuota lokal tergantung pada masing-masing providernya.

Itulah cara memakai kuota internet lokal. Yang pada intinya, semua paket lokal harus digunakan pada daerah aktivasi paket internet, di luar itu maka kuota lokal tidak akan bisa dipakai. Kemudian setiap provider memiliki ketentuannya masing-masing.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.