TeknologiTutorialWhatsapp

2 Cara Mengganti Nada Dering Wa dengan Suara Google Tanpa Aplikasi, Mudah!

cara mengganti nada dering wa dengan suara google tanpa aplikasi

Ketika ada pesan atau panggilan baru masuk ke WhatsApp, pengguna akan menerima pemberitahuan berupa notifikasi dan nada dering. Pola notifikasi tersebut dapat diubah sesuai dengan preferensi user, hal tersebut dapat diubah dengan cara mengganti nada dering wa dengan suara google tanpa aplikasi dengan mudah.

Dalam hal ini, ketika mengganti nada dering whatsapp menggunakan suara google caranya cukup dengan menggunakan teknologi text to speech. Teknologi ini dirancang untuk dapat mengubah suara normal menjadi seperti suara robot. Untuk mengetahui lebih detail, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1.Gunakan Situs Web FreeTTS

Selain dapat membaca teks berbahasa Indonesia, situs web FreeTTS ini juga dapat mendeteksi bahasa lainnya, seperti bahasa Inggris, Arab, dan Spanyol. Selain itu, situs gratis ini juga menawarkan beberapa gaya bicara yang berbeda untuk setiap bahasa. Berikut cara mengganti nada dering wa dengan suara google tanpa aplikasi dengan mudah:

  • Langkah pertama, buka situs https://freetts.com/ kemudian tekan tombol Mulai Obrolan yang berada di tengah halaman. 

  • Pengguna dapat menyalin teks yang ingin dijadikan nada dering kemudian ditempel di kolom atau dapat mengetik langsung teks di kotak putih yang sudah tersedia.

  • Pilih bahasa teks dengan menyesuaikan kalimat yang sudah ditulis, jika pengguna menulis dalam bahasa Indonesia, pilih Indonesia. Kemudian pilih gaya bahasa sesuai keinginan.  

  • Tekan tombol Konversi dan tunggu beberapa saat hingga teks selesai diubah menjadi audio. Setelah ikon pemutar MP3 muncul di bagian bawah kolom, tekan tombol putar untuk mendengarkan suara yang dihasilkan website FreeTTS.  

  • Tekan tombol Unduh untuk mengunduh audio dalam format mp3 dan menyimpannya di folder perangkat yang digunakan.

  • Tambahkan suara mp3 tersebut ke nada dering dengan mengklik Pengaturan, lalu tekan Nada Dering kemudian Pilih file mp3. Setelah itu, tekan tombol Selesai. 

  • Buka aplikasi WhatsApp lalu ketuk tiga titik atau tombol pengaturan di kanan atas. Setelah itu, pilih pada menu Notifikasi lalu tekan menu Suara Notifikasi dan pilih nama mp3 tersebut.

2. Gunakan Situs Web Sound Text

Apabila dengan menggunakan cara di atas pengguna merasa kesulitan, user dapat menggunakan web Soundoftext sebagai cara alternatif. Website ini menawarkan sekitar 30 pilihan bahasa yang digunakan untuk mengubah teks menjadi ucapan. Berikut langkahnya:

  • Pertama, masuk ke situs web https://soundoftext.com/ dengan menggunakan browser pada perangkat smartphone maupun komputer. 

  • Masukkan teks atau kalimat di kotak yang sudah disediakan. Kemudian, pilihlah jenis audio sesuai dengan bahasa teks yang sudah ditulis, kemudian tekan tombol Kirim. 

  • Tunggu sebentar hingga situs web berhasil mengubah teks tersebut menjadi Google Voice. 

  • Setelah berhasil mengkonversi, file audio  Google Voice dapat diunduh dengan mengklik opsi Unduh.

  • Selanjutnya, buka menu pengaturan dan tekan menu Pusat Pengetahuan dan Kontrol. Kemudian, lanjutkan dengan menekan opsi Pemberitahuan Aplikasi. 

  • Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp dan tekan tombol Pemberitahuan. Lanjutkan dengan memilih opsi Suara dan tekan pada bagian Nada Dering Lokal. 

  • Selanjutnya, masuk ke menu File Manager, kemudian pilih unduhan suara yang sudah dibuat melalui web soundoftext. Tekan ikon Terapkan dan selesai, nada dering wa sekarang sudah menggunakan suara teks yang unik.

Demikian adalah 2 cara mengganti nada dering wa dengan suara google tanpa aplikasi dengan mudah. Agar nada dering whatsapp terus berbunyi ketika ada panggilan maupun notifikasi, pastikan volume suara smartphone tidak dalam kondisi diam atau dalam mode bergetar. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button