LaptopTeknologi

3 Cara Meredupkan Layar Laptop, Ternyata Simpel dan Mudah!

Cara Meredupkan Layar Laptop



Bagi sebagian orang tidak menyukai tampilan pabrik layar laptop, khususnya pada tingkat kecerahan layar. Tidak sedikit pengguna mencerahkan atau meredupkan layar laptop pengguna itu sendiri.

Setiap laptop sudah dirancang agar pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan sesuai kebutuhannya. Produsen sudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pelanggannya, sehingga mereka sudah menyiapkan itu. 

Cara Mengatur Kecerahan Layar laptop

Ada banyak cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatur kecerahan laptopnya sendiri. Ada yang menggunakan Personalize, Fitur Mobility Center, dan Keyboard. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan Personalize

Untuk cara ini pengguna tidak perlu susah-susah untuk mengubahnya. Langsung ikuti langkah mudahnya yang ada di bawah ini:

  • Pertama, pengguna menuju ke halaman Windows utama atau tampilan awal.

  • Lalu klik kanan pada mouse pengguna.

  • Setelah itu pengguna bisa pilih opsi ‘Personalize’

  • Setelah  pilih opsi ‘Personalize’, pengguna bisa  pilih ‘Display’

  • Langkah terakhir, pengguna bisa mengatur kecerahan dengan klik ‘Adjust Brightness’ dan atur sesuai kebutuhan.

2. Menggunakan Fitur Mobility Center

Fitur Mobility Center merupakan salah satu sistem operasi Windows yang menawarkan cara cepat untuk melakukan pengaturan. Pengguna dapat memanfaatkan ini untuk  mengatur kecerahan laptop pengguna sendiri:

  • Klik tombol ‘Windows’ dan X pada keyboard laptop atau komputer. 

  • Setelah fitur Mobility Center muncul, pilih opsi ‘Display’

  • Setelah itu, aturlah tingkat kecerahan sesuai kebutuhan pengguna. 

  • Jika ingin meredupkan tinggal mengurangi nilai dari tingkat kecerahan. 

  • Jika ingin mencerahkan bisa menambahkan nilai dari tingkat kecerahan. 

3. Menggunakan Tombol Keyboard

Menggunakan tombol keyboard untuk mencerahkan atau  meredupkan layar laptop merupakan cara yang paling gampang dibandingkan yang lain. Cara tersebut juga berlaku untuk PC/laptop berbasis Windows apapun. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, klik tombol fn+simbol brightness pada keyboard pengguna. 

  • Pastikan bahwa pengguna sudah menekannya secara bersamaan dan tepat.

  • Setelah mengklik tombol tersebut, pengguna sudah mengatur kecerahan layar pengguna sendiri.

Perlu diketahui, bahwa cara ini bergantung pada laptop pengguna masing-masing. Karena tidak semua keyboard ada simbol ‘Brightness’ tersebut. Semua tergantung keyboard pengguna itu sendiri.

Sedangkan tombol ‘Brightness’ itu sendiri dilambangkan dengan gambar matahari. Biasanya simbol ini berada sama tombol ‘F1’. Selain di tombol ‘F1’ juga berada di tombol ‘F2’

Itu tadi tiga cara yang bisa pengguna lakukan untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop.  Agar berhasil, lakukan sesuai dengan petunjuk. Sebenarnya masih ada banyak cara yang lainnya, tapi 3 cara tersebut sudah termasuk paling mudah.

Manfaat mengatur Kecerahan Layar Laptop Sendiri

Mencerahkan atau meredupkan layar laptop sendiri sangat menguntungkan bagi pengguna. Karena pengguna bisa mengatur sesuai kebutuhan atau keperluan yang pengguna inginkan masing-masing.

Setiap pengguna pasti memiliki tipe kecerahan masing-masing. Ada yang suka terlalu cerah, terlalu redup, atau yang sedang-sedang saja. Oleh karena itu tidak bisa disamaratakan antara pengguna satu dengan lainnya.

Selain bisa diatur sesuai kebutuhan, hal tersebut juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Karena cahaya yang masuk terlalu terang maupun terlalu redup tidak baik untuk kesehatan mata. Hal tersebut juga bisa mengganggu aktifitas masing-masing pengguna.

Itu tadi tiga cara  untuk mencerahkan atau meredupkan layar laptop yang bisa pengguna lakukan sendiri. Selain itu juga sudah dijelaskan manfaat atau dampak dari mengatur kecerahan layar laptop itu sendiri.

Untuk itu, jika pengguna ingin melakukannya, pengguna harus melakukan dengan tepat agar hasil sempurna. Karena salah pencet satu kali saja pengguna tidak akan bisa mendapatkan hasil yang sesuai atau gagal. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button