HandphoneTeknologi

Jenis Charger Handphone Bagi Pengguna iPhone dan Android

Jenis Charger Handphone



Keberadaan charger menjadi sangat penting di era ini khususnya bagi para pengguna handphone, dikarenakan segala akses kehidupan yang sdh bisa dilakukan hanya melalui hp. Pesatnya perkembangan teknologi memungkinkan terciptanya berbagai jenis charger handphone saat ini.

Keberagaman jenis charger hadir untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan para pengguna handphone yang semakin kesini semakin canggih. Berikut ulasan lengkap mengenai beberapa jenis charger baik bagi para pengguna handphone jenis iOS maupun Android:

1. Jenis USB Charger Type-A

USB type ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dan masih banyak dijumpai dan digunakan hingga saat ini. USB Type-A biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer atau laptop dengan peripheral seperti handphone, camera, dan mouse.

Jenis ini umumnya dijumpai pada semua jenis kabel untuk charger hp karena menjadi salah satu bagian ujung kabel yang dihubungkan dengan kepala charger. USB Type-A dilengkapi dengan 4 pin yang menyediakan koneksi data maupun daya.

2. Jenis USB Charger Type-C

Jenis USB ini banyak dijumpai pada perangkat handphone dengan kelas menengah ke atas. USB Type-C sendiri merupakan konektor yang memiliki kelebihan yakni mampu mentransfer data hingga melebihi 10 Gbps serta mampu mengalirkan daya 240 watt.

Kelebihan lain yang dimiliki selain mampu mengisi daya pada perangkat yang lebih besar dengan kecepatan ekstra ialah bentuknya yang simetris. Bentuk simetris pada USB Type-C memudahkan pengguna saat pemakain karena tidak perlu membolak-balik posisinya.

3. Jenis USB Type-B

Berbeda dengan dua jenis USB diatas USB Type-B ini biasanya digunakan sebagai konektor untuk menghubungkan perangkat komputer maupun laptop dengan printer dan scanner. Karena fungsinya yang hanya khusus tersebut jenis ini menjadi sedikit langka.

USB Type-B memiliki bentuk cenderung kotak dan sedikit melingkar serta memiliki sudut eksterior pada posisi sebelah atas. Jenis ini juga memiliki kabel yang tebal serta kokoh, sehingga sangat jarang mengalami kerusakan terutama pada bagian kabel.

4. Jenis Mini-USB

Jika dibandingkan dengan USB Type-A ukuran USB jenis ini tentu jauh lebih kecil, oleh karena itu dinamakan mini-USB. Jenis ini paling banyak digunakan pada awal tahun 2000-an, namun keberadaanya kini sudah tergeser oleh jenis baru.

Meski demikian, mini-USB masih banyak digunakan oleh para pengguna ponsel jadul, maupun beberapa jenis camera digital, serta mp3 player. Sebagai informasi tambahan tipe ini sebenarnya memiliki 2 jenis yakni USB mini-B 4-pin dan versi 5-pin.

5. Jenis Micro-USB

USB jenis ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2007 dan merupakan versi compact dari USB sebelumnya yakni mini-USB. Sama halnya dengan jenis mini-USB, micro-USB juga terdiri dari dua jenis yakni micro A dan B.

Pada tipe ini yang lebih banyak digunakan atau yang dianggap sebagai standar USB bagi handphone adalah micro-USB jenis B. Konektor jenis ini berbentuk trapezoid dan memiliki 5 pin yang mampu digunakan sebagai charging, dan lainnya.

6. Jenis Charger lightning

Jenis konektor ini bisa dibilang tidak sepopuler jenis konektor USB yang lainnya terutama bagi para pengguna handphone jenis android. Jenis charger handphone ini didesain khusus bagi para pengguna produk iOS seperti iPhone, iPad, maupun Mac.

Konektor lightning diluncurkan pada pertengahan tahun 2012 untuk pertama kalinya dan digadangkan sebagai pengganti peran 30-pin dock connector. Tidak jauh berbeda dengan USB android Type-C, jenis ini berukuran sangat pipih dan bisa dibolak-balik saat dipasang.

Demikian seputar informasi penting mengenai jenis charger handphone yang saat ini masih banyak digunakan dan berlaku di berbagai belahan dunia. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca untuk menentukan pilihan terbaik mereka saat membeli charger handphone.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button