GoogleTeknologiTutorial

Begini Cara Membuat Absen di Google Formulir dengan Mudah

cara membuat absen di google formulir

Salah satu cara yang efisien dan praktis untuk membuat absen adalah melalui Google Formulir. Google Formulir adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat survei, kuesioner, dan juga formulir absensi. Cara Membuat Absen di Google Formulir juga lebih gampang dan efisien waktu.

Dengan menggunakan Google Formulir, mengumpulkan data absensi akan lebih mudah dan terorganisir. Dibawah ini terdapat penjelasan langkah-langkah untuk membuat absen di Google Formulir, sehingga pembaca dapat memanfaatkannya dalam kegiatan sehari-hari:

1. Buka Google Formulir

Buka Google Drive di browser web dan pastikan sudah masuk ke akun Google. Lalu buat formulir baru dengan mengklik tombol “+ Baru” di sebelah kiri dan pilih “Lebih banyak” dari menu drop-down.

Kemudian pilih “Google Formulir” dari opsi yang tersedia. Sebuah jendela baru dengan formulir kosong akan terbuka. Itu akan menjadi formulir yang akan diisi dengan bagian absen oleh para pengabsen.

2. Buat Pertanyaan

Pada halaman formulir, beri judul pada formulir tersebut dan tambahkan pertanyaan untuk absen. Misalnya, pertanyaan pertama bisa menjadi “Nama lengkap” dan pertanyaan kedua bisa menjadi “Tanggal absen”.

Sesuaikan juga jenis pertanyaannya, seperti pilihan ganda atau paragraf, tergantung pada kebutuhan. Bahkan esai juga ada pada pilihan yang disediakan. Namun untuk absen biasanya pertanyaan berbentuk pilihan ganda.

3. Tambahkan Opsi Pilihan

Jika ingin menambahkan opsi pilihan seperti “Hadir” atau “Tidak Hadir”, tambahkan pertanyaan dengan jenis “Pilihan Ganda” atau “Kotak Centang” di bawah pertanyaan tanggal. Kemudian masukkan opsi-opsi yang inginkan, misalnya “Hadir” dan “Tidak Hadir”.

Ini menjadi bagian yang penting saat membuat formulir untuk kehadiran atau absen. Karena para pengabsen akan memilih status kehadiran mereka pada bagian ini di Google formulir.

4. Atur Pengaturan Formulir

Langkah Cara Membuat Absen di Google Formulir selanjutnya yaitu klik ikon roda gigi di bagian atas kanan formulir untuk mengatur pengaturan formulir lebih lanjut. Misalnya, pembaca dapat membatasi satu respons per orang atau meminta login ke akun Google untuk mengisi formulir.

Hal ini bertujuan agar tidak adanya double answer pada formulir. Karena ini merupakan formulir pengabsenan, maka hal tersebut tidak boleh terjadi. Cara Membuat Absen di Google Formulir yang baik tergantung pengaturannya ini.

5. Bagikan Formulir

Setelah formulir selesai, klik tombol “Bagikan” di bagian atas kanan formulir. Bagikan tautan formulir melalui email, menggandakan tautan untuk membagikannya di tempat lain, atau mengundang orang untuk mengisi formulir melalui email.

Sebarkan link formulir nya kepada grup atau kumpulan orang-orang yang ingin diabsenkan. Pastikan link formulir tidak tersebar ke orang yang tidak bersangkutan karena dapat dipermainkan isinya.

6. Mengakses Tanggapan

Untuk melihat tanggapan yang masuk, buka formulir dan klik tab “Tanggapan”. Di sini, pembaca dapat melihat tanggapan individu atau mengakses tanggapan melalui lembar kerja Google Sheets yang terhubung ke formulir.

Disini akan terlihat kehadiran atau absen dari yang bersangkutan. Bagian ini dapat dijadikan acuan dalam keaktifan seseorang. Karena akan terlihat siapa yang hadir dan tidak hadir. Selain itu pembaca juga dapat melihat email yang mereka gunakan saat mengisi absen.

Itulah Cara Membuat Absen di Google Formulir dengan mudah yang dapat pembaca ikuti. Dengan adanya fitur ini akan membantu dalam pengabsenan sekaligus efisien dalam pembuatan dan pengabsenannya tersebut.

Selain itu pastikan juga untuk menjelaskan dengan jelas kepada para pengabsen bagaimana cara mengisi formulir absen dan mengirimkannya. Jika sudah tinggal tunggu formulir diisi oleh mereka dan buatlah rangkumannya di excel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button