Tutorialyoutube

Inilah 2 Cara Melihat History YouTube yang Sudah Lama Palling Works

Cara Melihat History YouTube yang Sudah Lama



Ingin kembali menonton tayangan seru di YouTube yang telah ditonton sebulan lalu namun merasa kesulitan untuk mencarinya di history tontonan? Jika seperti ini, jangan khawatir, ada cara melihat history YouTube yang sudah lama bahkan yang sudah terhapus sekalipun.

History YouTube sendiri terbagi menjadi dua jenis, ada YouTube Search History, yakni riwayat pencarian video yang telah pengguna lakukan sebelumnya. Lalu ada YouTube Watch History, riwayat ini berisi tentang video-video yang sudah ditonton oleh pengguna.

Cara Melihat History YouTube Melalui Aplikasi YouTube

Sebagai aplikasi penyedia video, tentu pihak YouTube sendiri menyediakan cara menelusuri history untuk para penggunanya. Hanya saja, kadang pengguna tidak tahu caranya dan berakhir dengan melakukan scroll history video dan memperhatikan nama video satu persatu.

Cara tersebut tentu akan membuang-buang waktu penggunanya. Terdapat cara yang lebih sederhana yang bisa dilakukan langsung melalui aplikasi YouTube. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan jika pengguna belum menghapus riwayat tontonan di aplikasi. Begini langkah-langkahnya:

  • Bukalah terlebih dahulu aplikasi YouTube. Perhatikanlah bagian bawah sebelah kanan dari layar, jika menemukan menu ‘Koleksi’, kliklah menu tersebut agar bisa beranjak ke langkah selanjutnya.

  • Klik menu ‘History’ jika menu ‘Koleksi’ sudah terbuka. Setelah dipilih, nantinya di layar akan muncul sederetan video yang sudah pernah pengguna tonton sebelumnya.

  • Carilah video melalui kolom ‘Telusuri histori tontonan’. Nah, inilah cara mudah untuk mencari video yang sudah lama sekali pengguna tonton. Cukup mengetik kata kunci dari video yang dicari, nanti video tersebut akan muncul.

  • Kliklah video yang dituju jika sudah muncul. Cara melihat history YouTube yang sudah lama melalui aplikasi YouTube secara langsung sudah selesai sampai di sini.

  • Lakukan cara lain jika history sudah terhapus/dihapus. Pengguna bisa melakukan pencarian history YouTube melalui cara lainnya, yakni dengan mengakses akun Gmail.

Cara Melihat History YouTube Melalui Google Chrome

Umumnya, pengguna YouTube telah melakukan login di aplikasi YouTube menggunakan akun email, contohnya seperti Gmail. Apabila pengguna menggunakan Gmail dan menyinkronkan seluruh aktivitas pencarian apapun termasuk YouTube, pengguna bisa melihat history YouTube melalui Gmail.

Gmail dapat diakses menggunakan aplikasi yang tersedia di perangkat Android pengguna atau melalui browser. Karena langkahnya hampir sama, hanya medianya yang berbeda. Berikut adalah cara melihat history YouTube yang sudah cukup lama melalui Google Chrome:

  • Bukalah aplikasi browser Google Chrome. Pastikanlah akun yang digunakan saat ini merupakan akun yang digunakan untuk login di aplikasi YouTube. Jika bukan, ganti terlebih dahulu.

  • Beralihlah ke Google Account. Letak Google Account terdapat di bagian kanan layar, dan terpampang foto profil dari masing-masing pengguna.

  • Pilihlah ‘Kelola Akun Google’. Opsi ini biasanya terpampang jelas di bawah foto profil dari akun Gmail yang sedang digunakan. Apabila sudah terbuka, pilihlah opsi menu ‘Data & Personalisasi’.

  • Klik opsi ‘Aktivitas Saya’. Jika bingung, letak ‘Aktivitas Saya’ terdapat dibagian bawah dari opsi ‘Activity and Timeline’. Di sini pengguna bisa mengecek seluruh aktivitas YouTube ataupun pencarian browser lainnya.

  • Gunakanlah filter waktu. Jika mengingat kapan waktu pasti dirinya menonton video, pengguna dapat memfilternya berdasarkan waktu. Bisa kemarin, seminggu lalu, sebulan yang lalu, ataupun 3 bulan yang lalu.

Ada beberapa penyebab history tidak ditemukan. Hal tersebut bisa karena pengguna memang tidak melakukan login menggunakan akun Gmail. Jika sudah login dengan Gmail, itu berarti terjadi kesalahan pada perangkat gadget atau aplikasi YouTube itu sendiri.

Demikianlah pembahasan mengenai cara melihat history YouTube yang sudah lama atau bahkan sudah terhapus di aplikasi. Pengguna dapat dengan mudah menemukan kembali tayangan favorit dan menontonnya kembali dengan menggunakan kedua cara melihat history di atas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button