Teknologiyoutube

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video Padahal Sinyal Bagus? Ini Alasan dan Tipsnya

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video Padahal Sinyal Bagus



Sebagian orang bingung kenapa YouTube tidak bisa memutar video padahal sinyal bagus dan kuota masih banyak. Atau mungkin menggunakan WiFi, tetapi sedang tidak digunakan untuk mengunduh file apa pun yang bisa membuat internet lemot.

Mungkin memang sebenarnya masalah bukan dari jaringan internet tetapi karena alasan tertentu dari aplikasi atau video itu sendiri. Berikut akan dijelaskan tentang alasan apa yang menyebabkan video tidak bisa diputar dan bagaimana tips mengatasinya.

Alasan Video Youtube Tidak Bisa Diputar

Pengguna yang belum terbiasa menggunakan YouTube mungkin bingung ketika mendapat link video dari chat tetapi tidak bisa dibuka. Atau ketika ingin menonton ulang video lama dari playlist YouTube, tetapi tidak bisa diputar. 

Terlebih masalah yang terjadi bukan dari sinyal atau kuota, mungkin saja kendalanya bersumber dari hal lainnya yang tidak disadari pengguna. Siapa tahu salah satu alasannya adalah berikut ini:

1. Pembatasan Usia Pengguna

Ada kalanya video yang diunggah di YouTube tidak melanggar kebijakan, hanya saja ada ketentuan bahwa hanya bisa disaksikan orang dewasa. Biasanya hal ini berlaku pada konten yang mengandung adegan berbahaya, kekerasan, dan hal vulgar.

Ketika memilih video yang dikenai ketentuan pembatasan usia, setiap pengguna akan ditanya apakah sudah berusia 18 tahun. Bila belum cukup umur, maka video tidak bisa diputar demi menjaga aktivitas menonton yang positif. 

2. Video Diblokir atau Take Down

Mungkin dulunya seseorang pernah menyimpan suatu konten YouTube dari orang lain dan tiba-tiba saja ingin menyaksikan kembali. Akan tetapi ketika mengarah ke link yang sebelumnya, ternyata video yang dimaksud tidak bisa dibuka karena diblokir.

Selain itu ada kalanya YouTube tidak akan mengizinkan suatu video untuk ditayangkan ketika menyalahi kebijakan. Dengan demikian siapapun tidak bisa memutar video yang diblokir apalagi yang sudah ditarik dari peredaran ‘take down’.

3. Aplikasi Browser Usang

Menonton video YouTube tidak hanya lewat aplikasi, tetapi juga bisa diakses dari berbagai tipe browser, khususnya bagi pengguna smartphone. Akan tetapi, kenapa YouTube tidak bisa memutar video padahal sinyal bagus dan tidak digunakan download?

Mungkin hal itu bisa terjadi, karena lupa melakukan update atau masih menggunakan browser yang sudah usang. Tidak heran, karena mungkin sebagian orang sengaja tidak mengaktifkan fitur update otomatis karena kapasitas ponsel yang terbatas.

4. Tidak Ada Plugin Flash Player

Untuk bisa memutarkan video di suatu situs yang menautkan video dari Youtube atau lainnya, dibutuhkan plugin flash player. Mungkin saja video tidak bisa diputar di browser karena perangkat pengguna belum memiliki plugin flash player.

Tips Mengatasi Video Youtube Tidak Bisa Diputar

Sebagian dari penyebab yang telah diuraikan sebelumnya masih bisa diatasi dengan mudah asalkan tahu cara tertentu. Hanya saja khusus untuk video yang memang sudah diblokir oleh YouTube atau bahkan sudah di-take down oleh pemiliknya.

Bila kendala berkaitan dengan pembatasan usia, plugin, atau browser, mungkin masih bisa diatasi dengan mudah. Untuk mengetahui cara mengatasi berbagai alasan yang membuat YouTube tidak bisa memutar video, coba simak dan terapkan tips berikut ini:

  • Melakukan sign up dan sign in ke akun Google. 

  • Memilih opsi konfirmasi bila usia telah lebih dari 18 tahun.

  • Memperbarui aplikasi browser versi terbaru.

  • Mengunduh plugin flash player untuk browser.

Jadi, itulah sebab kenapa YouTube tidak bisa memutar video padahal sinyal bagus dan jumlah kuota juga mendukung. Tinggal terapkan tips yang sudah disebutkan tadi, kelak kendala pemutaran video YouTube mungkin bisa teratasi dengan mudah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button