Ketahui Cara Menghapus Playlist di YouTube yang Mudah dan Cepat



Berbagai macam konten video yang ada di YouTube memang dapat disimpan pada playlist pengguna. Namun, di lain sisi ada juga cara menghapus playlist di YouTube tersebut. Penghapusan yang dilakukan itu tentunya dengan berbagai tujuan.

Cara Menghapus Playlist di YouTube

Pengguna yang biasa mengakses YouTube melalui ponsel serta menyimpan video dalam playlist-nya dapat melakukan penghapusan di perangkat tersebut. Caranya pun cukup mudah seperti berikut ini:

1. Melalui Menu Koleksi/Library

Cara menghapus playlist di YouTube yang pertama ini cukup mudah dan bisa dengan cepat dilakukan. Pengguna bisa mengakses di ponselnya maupun laptop/komputer. Langkah untuk menghapusnya yakni sebagai berikut:

  • Buka YouTube. Pada ponsel maupun laptop/komputer, pengguna bisa membuka YouTube. Tentu jika pada ponsel biasanya dalam berupa aplikasi. Sedangkan pada laptop/komputer dapat diakses melalui browser. Pastikan juga akses YouTube telah terhubung dengan akun Google pengguna.

  • Pilih menu koleksi/library. Jika mengakses menggunakan ponsel, biasanya menu ini berada di sisi kanan paling bawah layar. Sedangkan pada laptop/komputer biasanya terletak di sisi kiri layar.

  • Tentukan video playlist. Cari dan tentukan atau pilih video playlist yang ingin dihapus pada menu pilihan playlist tersebut.

  • Hapus playlist. Setelah memilih playlist tujuan, lalu hapus playlist tersebut dengan menekan Ikon titik tiga serta pilih menu “delete/hapus playlist”.

2. Melalui Pengaturan Akun YouTube

Pilihan cara berikutnya yang bisa dicoba pengguna yakni melalui pengaturan akun YouTube. Dalam hal ini dibutuhkan akses akun Google pengguna juga yang dijadikan sebagai akun YouTube tersebut. Langkah-langkahnya adalah:

  • Buka aplikasi YouTube. Lakukan log in akun Google yang juga menjadi akun YouTube untuk mengakses aplikasi tersebut.

  • Klik Ikon profil akun pengguna. Di sisi kanan atas, biasanya akan muncul Ikon profil pengguna yang terhubung dengan akun Google. Ikon tersebut bisa diklik dan biasanya juga terlihat dengan Inisial huruf depan penggunanya.

  • Pilih menu “channel anda”. Dari beberapa pilihan yang terlihat, pilih menu “channel anda”.

  • Cari dan hapus Playlist. Geser ke bagian menu playlist dan pengguna bisa memilih video playlist yang ingin dihapus. Kemudian, cukup dengan mengklik tanda berupa titik tiga, lalu pilih menu “hapus”.

Cara Membuat Playlist di YouTube

Jika ada sebagian pengguna yang tidak mengetahui letak playlist serta cara membuat atau menambahkan video tontonannya ke daftar putar di YouTube tersebut, bisa menyimak langkahnya seperti berikut:

  • Buka YouTube. Pengguna dapat membuka YouTube pada ponsel maupun laptop/komputernya. Jangan lupa juga menggunakan akses akun Google.

  • Pilih video. Lakukan pencarian video yang ingin disimpan di playlist. Video yang diinginkan tersebut bisa dicari dengan mengetikkan judul atau kata kunci tertentu di bagian pencarian.

  • Klik menu simpan. Setelah mendapatkan video yang diinginkan, tekan Ikon titik tiga pada video tersebut. Kemudian, klik menu “simpan ke daftar putar/playlist”.

  • Beri judul. Video yang akan ditambahkan, bisa diberi judul pada penyimpanan playlist baru tersebut, atau menambahkannya pada kategori playlist yang telah ada dan tersimpan sebelumnya.

  • Selesai. Video yang telah dipilih tersebut akan langsung tersimpan ke daftar putar/playlist setelah memilih menu simpan sebelumnya. Nantinya pengguna dapat melihat kembali video playlist tersebut pada pilihan menu yang sama, yakni daftar putar/Playlist.

Dengan mengetahui cara menghapus playlist di YouTube, pengguna dapat secara cepat dan mudah untuk meniadakan video di daftar putar/playlist tersebut. Menu penyimpanan playlist tersebut juga tidak akan terlihat menumpuk dengan video-video yang terdapat di dalamnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.