Begini Cara Menghapus Akun Facebook yang Tersimpan di Google Smart Lock, Solusi Cepat, Anti Ribet



Berbagai aplikasi atau situs Web yang menggunakan akses password memang dapat diintegrasikan dengan Google Smart Lock, termasuk Facebook. Cara menghapus akun Facebook yang tersimpan di Google Smart Lock pun bisa dilakukan dengan beberapa pilihan yang mudah. 

Google Smart Lock sendiri merupakan fitur keamanan dalam akses tertentu yang salah satunya disediakan oleh Google. Namun, jika akses yang disimpan tersebut tidak ingin digunakan lagi, pengguna pun bisa menghapusnya dengan cara seperti berikut ini.

Cara Menghapus Penggunaan Akses Google Smart Lock ke Facebook

Aktivitas log in Facebook yang tersimpan data aksesnya seperti kata sandi memungkinkan akses yang lebih cepat dan mudah. Pengguna yang ingin melakukan cara menghapus akun Facebook yang tersimpan di Google Smart Lock, caranya seperti berikut:

1. Melalui Menu Pengaturan Ponsel

Pilihan cara yang pertama ini bisa dilakukan pengguna melalui akses ponselnya dalam menu pengaturan. Langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu seperti:

  • Buka menu pengaturan ponsel. Pada pengaturan ponsel, cari dan pilih “akun Google”, terutama akun untuk mengakses berbagai aplikasi maupun situs Web. Akun tersebut juga yang nantinya ingin dihapus akses Google Smart Lock-nya.

  • Klik menu “Kelola akun Google anda”. Setelah memilih salah satu akun Google tersebut, klik menu”Kelola akun Google anda”. Kemudian, pilih/gulir ke menu “keamanan”.

  • Pilih menu “Pengelola kata sandi”. Setelah itu, scroll ke bagian bawah hingga menemui menu “Pengelola kata sandi”, lalu pilih menu tersebut.

  • Cari akun Facebook. Lihat serta cari aplikasi yang terhubung dengan akses Google Smart Lock. Setelah memilih akun Facebook yang ingin dihapus, tekan pilihan “hapus”.

2. Melalui Menu Pengaturan Google Chrome

Cara berikutnya, yakni melalui menu pengaturan yang ada  di Google Chrome. Pilihan ini juga cukup mudah dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka Chrome. Pengguna bisa membuka Google Chrome-nya dan memilih tanda berupa titik tiga di sisi kanan atas dan pilih menu “setelan”.

  • Klik pilihan menu “Sandi”. Lihat beberapa menu pilihan yang ada dan klik pada pilihan menu “Sandi”.

  • Pilih akses akun Facebook. Akun Facebook yang terhubung dengan Google Smart Lock serta ingin dihapus pengguna, bisa dipilih, lalu menekan pilihan “hapus” atau Ikon trash bin jika ada.

  • Nonaktifkan pengaturan akses. Di lain hal, pengguna bisa menonaktifkan pengaturan akses Google Smart Lock tersebut dengan cara menggeser pilihan pengaktifan “simpan kata sandi” serta “log in otomatis”, atur hingga ke pilihan off.

Pro-Kontra Penggunaan Google Smart Lock

Penggunaan Google Smart Lock yang bisa menghubungkan akses berbagai aplikasi maupun situs Web, termasuk akun Facebook, memiliki pro-kontranya tersendiri bagi kalangan penggunanya. Hal tersebut tidak terlepas dengan kaitannya pada kurang-lebihnya penggunaan akses ini.

Google Smart Lock sendiri memang memiliki keunggulan yakni untuk memudahkan penggunanya melakukan akses pada media tersebut secara cepat dan mudah. Dengan penghubung akses yang telah tersimpan, pengguna bisa terbantu dalam berbagai akses melalui perangkatnya.

Namun, di lain sisi, hal tersebut tidak menutup kemungkinan berpotensi terjadinya penyalahgunaan karena mudahnya akses dengan informasi log in tertentu yang tersimpan otomatis tersebut. Itulah sebabnya pilihan penghapusannya bisa menjadi langkah antisipasi dalam kondisi tertentu.

Dengan adanya pilihan cara menghapus akun Facebook yang tersimpan di Google Smart Lock tersebut, pengguna bisa melakukannya dengan praktis dan cukup mudah. Penghapusan ini bisa dijadikan solusi jika pengguna tidak ingin lagi menghubungkan akses tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.