Simak Cara Mendownload SPSS di Laptop dengan Mudah



Bagaimana cara mendownload SPSS di laptop? Mendownload langsung pada halaman web adalah cara utamanya. Dalam halaman pencarian di internet, banyak situs-situs yang menyediakan untuk mendownload SPSS dengan mudah di laptop.

Apa itu SPSS? Merupakan salah satu software yang banyak digunakan untuk melakukan analisis sebuah data statistik. Biasanya aplikasi SPSS banyak digunakan dalam ruang lingkup pekerjaan, atau pembelajaran kuliah.

Spesifikasi Laptop Untuk Mengunduh SPSS

Agar software SPSS berjalan dengan lancar pada laptop yang hendak digunakan nantinya, perlu pengguna ketahui spesifikasi yang diperlukan. Kapasitas RAM yang diperlukan agar SPSS berjalan lancar adalah minimal membutuhkan 4 GB RAM pada laptop.

Memiliki ruang penyimpanan minimal menyisakan 2 GB, pastikan windows 7, 8 atau windows 10 pada laptop milik pengguna. Dengan memiliki display pada monitor sudah berukuran 1024×768, dan mengenakan single core 2Ghz sebagai prosesornya.

Cara Mendownload SPSS di Laptop

SPSS memiliki banyak fungsi kegunaan, maka dari itu aplikasi ini cukup banyak digunakan untuk pekerjaan menganalisis sebuah data. Dari mulai menganalisis kuesioner, membantu dalam mengambil suatu keputusan bisnis, hingga membuat representasi pada data statistic.

Software SPSS sudah tersedia, dan tersebar pada beberapa web untuk memudahkan pengguna saat  hendak mendownloadnya. Simak langkah di bawah, untuk mengikuti cara mendownload aplikasi SPSS di laptop.

1. Melalui Beberapa Situs Internet

Seperti yang dijelaskan pada sebelumnya, untuk mendownload aplikasi SPSS bisa melakukannya pada halaman web. Dengan mengunjungi salah satu website yang akan dijelaskan di bawah:

  • Pastikan laptop sudah dalam keadaan menyala, jika laptop dalam kondisi mati, alangkah baiknya untuk menyalakannya terlebih dahulu.

  • Buka halaman internet, lalu buka situs web (spss-64bits/id/download/it) Klik, ‘Unduh’ pada halaman web. Tunggu beberapa saat sampai proses mendownload telah selesai.

  • Jika SPSS sudah berhasil di download, jangan lupa untuk ekstrak file. Ketika sudah, buka folder untuk mulai menginstall aplikasi.

  • Klik kanan pada file yang sudah di ekstrak, lalu pilih opsi ‘run as administrator’. Setelahnya akan muncul sebuah tab mengenai user account, lalu klik ‘yes’ untuk menjalankannya.

  • Jika sudah, akan muncul halaman pertama SPSS, klik ‘next’ ketika muncul sebuah tab mengenai software license jangan lupa klik ‘i accept …’

  • Nanti akan kembali muncul tab untuk menentukan pengguna hendak menyimpan aplikasi di mana, missal pada ‘local disk c’.

  • Jika sudah, proses install dapat langsung dilakukan, tunggu sampai proses install selesai maka aplikasi sudah dapat dijalankan.

2. Melalui Situs Resmi IBM

Untuk mengunduh aplikasi SPSS bisa dengan mengakses langsung pada situs aslinya. Bukalah halaman web resmi dari IBM untuk proses download SPSS. Berikut langkahnya:

  • Tunggu sampai download selesai, jika sudah buka file untuk mulai proses install.

  • Nantinya akan muncul micenses materials, dan klik ‘next’. Tunggu beberapa saat dan akan kembali muncul tab welcome to the install … dan klik, ‘next’.

  • Jika sudah, nantinya akan kembali muncul sebuah tab software licence, dan klik ‘next’.

  • Ketika muncul sebuah tab customer information, sudah terisi secara otomatis nantinya, sampai tab lainnya muncul pengguna bisa kembali klik ‘next’.

  • Lanjutkan untuk menentukan aplikasi di ruang mana, sama dengan cara pertama. Klik ‘install’ untuk memulai prosesnya dan tunggu sampai selesai.

Demikian cara mendownload spss di laptop dengan mudah, sebelum memulai download pastikan jika spesifikasi laptop sudah sesuai. Pengguna akan bisa langsung menggunakan aplikasi setelah proses download selesai.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.