Blog

Cara Agar Sinyal Smartfren Bagus, Ini Rahasianya!

cara agar sinyal smartfren bagus

Beberapa orang mencari cara agar sinyal Smartfren bagus tanpa adanya kendala. Memang terkadang, sinyal yang hilang atau lemot membuat jengkel. Karena sinyal menjadi kebutuhan semua orang setiap hari.

Pada umumnya, susah sinyal disebabkan oleh beberapa hal. Masalah tersebut bisa terjadi karena faktor eksternal maupun internal. Untuk masalah eksternal tersendiri, tidak dapat dikendalikan oleh pengguna kartu provider.

Penyebab Sinyal Tidak Stabil

Penyebab terjadinya ketidakstabilan sinyal, tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab dari sinyal yang tidak stabil agar dapat mencari solusi dari masalah tersebut. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Lokasi yang Minim Koneksi

Yup, jaringan yang hilang bisa disebabkan oleh lokasi. Sebagian daerah masih minim akan penggunaan teknologi, sehingga masih sulit untuk mencari koneksi. Biasanya, berada di tempat pegunungan atau daerah terpencil.

2. Cuaca yang Tidak Menentu

Terutama pada cuaca hujan, air yang deras hingga angin yang cukup kencang dapat mempengaruhi sinyal. Bisa juga mempengaruhi layanan operator, dikarenakan pada cuaca hujan, pengguna semakin banyak dan membuat jaringan lemot.

3. Maintenance Dari Pusat Provider

Masalah pada sinyal juga bisa disebabkan dari pusat. Biasanya, masalah ketidakstabilan sinyal dari pusat akan menyebabkan seluruh pengguna kartu provider tersebut dan informasinya akan tersebar luaskan melalui sosial media.

4. Pengguna Ponsel

Selain dari faktor eksternal, faktor internal bisa juga menjadi penyebab utamanya. Entah eror pada bagian tempat kartu sim atau dari bawaan ponsel tersebut. Untuk masalah ini dapat diselesaikan dengan beberapa cara.

Cara Agar Sinyal Smartfren Bagus

Setelah mengetahui penyebab dari gangguan sinyal, maka dapat mencari solusi dari permasalahan tersebut. Beberapa caranya bisa langsung dipraktekkan, berikut solusi yang dapat dilakukan:

1. Matikan Ulang Handphone

Tidak selamanya terkena gangguan jaringan berdasarkan faktor eksternal. Nah, untuk memastikan, bisa menggunakan cara yang satu ini. Reboot ponsel sudah terbukti ampuh apabila terdapat gangguan pada sinyal.

2. Nyalakan Mode Pesawat

Cara kedua, bisa menggunakan mode pesawat. Fitur ini dapat dinyalakan sebentar, lalu matikan kembali. Tujuannya, untuk merefresh jaringan pada ponsel yang digunakan.

3. Cek Tempat Sim Card

Apabila dua cara di atas tidak juga bekerja, coba cek tempat pemasangan sim card. Usahakan, sebelum membuka tempat sim card, matikan daya terlebih dahulu untuk memaksimalkan jaringan agar terdeteksi.

4. Ganti Mode Jaringan

Pengaturan ponsel terdapat beberapa pilihan untuk mode jaringan. Sesuaikan juga dengan lokasi yang ditempati. Karena, beberapa lokasi masih menyediakan jaringan 3G, sehingga jaringan yang dipilih juga harus 3G agar mudah menangkap sinyal.

5. Mencari Lokasi yang Terdapat Sinyal

Apabila susah sinyal dikarenakan lokasi yang masih minim jaringan, coba lah untuk berpindah tempat sejenak untuk memaksimalkan sinyal bekerja. Karena ini sangat berpengaruh pada koneksi yang akan digunakan.

6. Hindari Casing yang Terlalu Tebal

Pelindung ponsel yang tebal akan mengganggu sinyal, karena dapat menutup antena penerima sinyal. Lebih baik menggunakan case ponsel tidak tipis namun juga tidak terlalu tebal, agar ponsel juga tetap terlindungi dan mendapatkan sinyal bagus.

7. Memakai Menu Sim Toolkit Pada Smartfren

Cara lain dengan menyetel sim toolkit pada handphone. Sim toolkit tersendiri mempunyai kegunaan untuk memberikan suatu tindakan pada berbagai layanan dan menjadi nilai tambah semisalnya pada saat sinyal provider tersebut hilang.

Demikian beberapa penyebab hingga cara agar sinyal Smartfren bagus. Sehingga, tidak perlu khawatir lagi para pengguna provider Smartfren akan jaringan yang tiba-tiba menghilang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button