3 Cara Cek Hp Xiaomi 5A untuk Mengetahui Kondisi Luar Dalam

cara cek hp xiaomi 5a

Bagi pecinta Hp Xiaomi 5A dan ingin membelinya dalam kondisi bekas maka harus memperhatikan beberapa hal untuk mengetahui masih normal atau tidaknya. Lalu bagaimana cara cek Hp Xiaomi 5A guna untuk meminimalisir kerusakan pada smartphone tersebut.

Cara-cara yang akan disebutkan dibawah ini dapat pengguna terapkan untuk berbagai tipe hp Xiaomi serta redmi. Bagi yang penasaran bagaimana caranya langsung saja simak beberapa informasinya dibawah ini:

1. Cek Bagian Body HP

Saat akan melakukan pembelian HP Xiaomi, pertama-tama yang harus pengguna cek adalah pada bagian body smartphone tersebut. Sebab damage yang sedikit saja nantinya akan dapat menyebar pada bagian lain seperti fungsi layar serta kamera.

Lalu apa saja fisik yang harus pengguna perhatikan sebelum melakukan pembelian. Berikut ini informasi lebih lengkapnya:

  • LCD > Pastikan lcd smartphone tersebut masih dalam keadaan bersih, tidak retak dan jangan sampai pecah. Selanjutnya pastikan touchscreennya masih berfungsi secara normal.
  • Body > sebisa mungkin body smartphone tidak ada retak atau bahkan pecah, akan tetapi jika hanya lecet sebab pemakaian bisa dianggap wajar.
  • Tombol > pastikan tombol pada smartphon tersebut masih dalam keadaan normal, yakni tidak copot atau tidak keras saat di tekan.
  • Kamera> pastikan lensa pada kamera tidak ada yang lecet dan tidak ada yang retak, sebab kamera merupakan sebuah fitur yang paling penting.

Pastikan pengguna membeli hp Xiaomi yang segelnya belum terbuka keseng juga masih utuh serta tidak rusak. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya kerusakan yang tiba-tiba, sehingga pengguna dapat memperbaikinya pada service center resmi.

2. Mengecek Jaringan HP Xiaomi

Cara cek Hp Xiaomi 5A untuk melakukan pembelian yang selanjutnya yaitu melakukan pengecekan jaringan pada smartphone tersebut. Pengguna dapat melakukannya secara manual, bagi yang belum mengetahui caranya langsung saja simak beberapa langkah berikut ini:

  • Kartu SIM > kedua slot kartu SIM pastikan masih terbaca, terutama pada SIM satu, sebab sinyal utama berada pada satu.
  • WiFi > smartphone tersebut coba sambungkan pada wifi, pengguna bisa mencobanya dengan menggunakan hotspot pada smartphon lain. Apakah wifi dapat tersambung atau tidak.
  • Sinyal > sinyal pada smartphon juga pastikan masih muncul atau tidak, dan pastikan sinyal tidak lemah serta tidak muncul dan hilang. Jika tidak ada sinyal berkemungkinan sinyal rusak, padahal ini sangat penting.
  • Imel > selanjutnya pastikan Imel tersebut masih dapat terbaca dengan baik.

3. Cek Rahasia HP Xiaomi Menggunakan Mode Engineering (Kode)

Melalui mode engineering ini pengguna dapat mengecek semua komponen yang terdapat pada smartphone. Semua dapat di cek dengan cara ini mulai dari LCD serta sensor-sensor yang terdapat di smartphone, berikut ini cara membuka mode engineering:

  •  Pertama-tama silahkan pengguna buka dial pad yang terdapat pada hp Xiaomi.
  •  Selanjutnya pengguna ketik kode *#*#64663#*#*.
  •  Secara otomatis smartphone akan mendeteksi kode rahasia tersebut tanpa pengguna tombol panggil.
  •  Apabila sudah berhasil maka smartphone akan menampilkan mode Engineering yang dapat digunakan untuk mengecek semua komponen pada Xiaomi.

Bagi yang masih bingung harus memulai pengecekan dari mana, tak perlu risau lagi artikel ini akan memberikan panduannya sebagai berikut:

  • Keypad > dapat difungsikan untuk mengecek tombol smartphone tersebut, yakni berupa tombol power, menu, home, volume up dan down serta back.
  • Backlight > dapat digunakan untuk melakukan pengecekan layar yakni dapat diredupkan atau tidak, masih normal atau tidak.
  • LCD> berfungsi untuk mengecek warna layar, cara kerjanya adalah menampilkan warna biru, hijau serta merah dan pastikan semua warna tersebut masih normal.

Itulah beberapa tips dan cara cek Hp Xiaomi 5A yang dapat pengguna terapkan saat akan melakukan pembelian HP Xiaomi bekas. Dengan begitu pengguna dapat meminimalisir kerusakan pada barang tersebut sebab pengecekan dapat dilakukan secara keseluruhan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.