6 Penyebab Layar Laptop Hitam yang Harus Dihindari! 

penyebab layar laptop hitam

Penggunaan laptop atau PC saat ini sudah menyebar di berbagai kalangan. Namun, tak jarang juga laptop tiba-tiba mati saat digunakan. Hal ini tentunya menghambat berbagai kebutuhan yang harus segera diselesaikan. Pengguna perlu mencari tahu apa penyebab layar laptop hitam.

Pasalnya, tak sedikit orang membutuhkan laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di handphone. Layar tiba-tiba mati dan berwarna hitam, atau biasa disebut dengan “Black Screen”. Keadaan ini biasa terjadi karena berbagai penyebab. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Adanya Virus pada Laptop atau PC

Penyebab “Black Screen” pada laptop yang pertama dan paling sering ditemui adalah virus. Ada berbagai jenis virus yang bisa menyerang sistem operasional laptop atau PC. Hal ini tentunya menjadi ketakutan tersendiri bagi para pengguna.

Tak dapat dipungkiri, selain menyebabkan “Black Screen” pada laptop, virus juga dapat membahayakan data penting internal di dalam PC. Jadi yang bisa dilakukan adalah menginstall ulang sistem operasional pada laptop atau PC.

2. Overheat

Laptop tiba-tiba mati dapat juga disebabkan karena penggunaan laptop yang lama sehingga suhu laptop menjadi panas. Laptop atau PC dipaksa bekerja terus-menerus dengan durasi yang lama. Sebagian orang melakukan ini karena banyak hal yang masih harus diselesaikan.

Meski begitu, gunakan laptop dengan durasi waktu secukupnya saja. Berikan jeda supaya suhu laptop tidak panas. Laptop adalah mesin yang juga bisa lelah dan inilah salah satu penyebab layar laptop hitam.

3. Kerusakan pada Perangkat Keras (Hardware)

Penyebab “Black Screen” selanjutnya adalah kerusakan pada hardware laptop atau PC. Kerusakan ini kemungkinan bisa dari layar laptop atau motherboard. Jika motherboard yang rusak, akan muncul berbagai gangguan, tidak hanya layar hitam.

Selain itu, rusaknya motherboard juga akan mengakibatkan stuck pada boot screen saat menyalakan laptop. Namun, jika tidak ditemukan masalah pada motherboard, kemungkinan besar masalahnya ada pada layar laptop itu sendiri.

4. Konektor Kabel LCD Mengalami Masalah

Adanya masalah pada konektor kabel LCD juga menjadi salah satu penyebab layar laptop hitam. Kerusakan ini dapat berupa kabel putus, atau tidak terpasang dengan benar. Jika kabel putus, maka komponen utama mengalami hambatan untuk mengirimkan perintah ke layar

Kabel dapat putus atau terlepas dapat disebabkan berbagai faktor. Kemungkinan laptop pernah jatuh dan terbentur dengan keras, atau dapat juga karena mengotak-atik laptop sehingga konektor kabel LCD tidak terpasang dengan benar.

5. Aplikasi yang Terinstall Bermasalah

Aplikasi yang ada pada laptop atau PC kemungkinan dapat menjadi penyebabnya. Jika sebelum menginstall aplikasi tertentu, laptop masih dapat berjalan secara normal. Kemudian tiba-tiba error atau layar hitam setelah menginstall aplikasi tertentu.

Maka, aplikasi tersebut patut dicurigai. Segeralah untuk menghapus aplikasinya. Kemungkinan, program pada aplikasi itu tidak sesuai dengan versi laptop atau PC yang digunakan. Sehingga mengakibatkan beberapa fungsi laptop tidak bekerja secara normal.

6. Adanya Gangguan pada RAM

Gangguan pada RAM laptop dapat terjadi salah satunya karena kerusakan slot RAM pada motherboard. Hal ini terjadi biasanya disebabkan oleh debu atau terkena air. Karena itulah, simpan laptop di tempat yang tidak berdebu dan jauh dari air.

Selain itu, masalah pada RAM juga dapat disebabkan karena kualitas RAM yang buruk. Hal ini kemungkinan terjadi karena komponen atau bahan yang kurang bermutu. Untuk menghindari hal ini, cari RAM dengan merk terpercaya dan bergaransi.

Itu dia penjelasan dari keenam penyebab layar laptop hitam. Semoga dapat memberikan informasi bagi para pengguna laptop atau PC tentang mengapa layar laptop hitam atau tiba-tiba mati.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.