Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt dengan Berbagai Metode

cara memperbaiki file excel yang corrupt

Excel merupakan alat yang sering digunakan bagi pelajar, mahasiswa dan tentu saja pekerja  yang bergelut dengan excel. Tak luput dari kesalahan, pasti cara memperbaiki file excel yang corrupt menjadi hal yang dicari jika terjadi masalah dengan apa yang sedang dikerjakan.

Oleh karena itu pentingnya memahami bagaimana cara memperbaiki file excel yang corrupt perlu dikuasai agar tidak mengulang pekerjaan yang harus segera dikumpulkan. Ada beberapa cara untuk memperbaiki file corrupt, perhatikan cara-cara berikut ini:

Cara Mudah Mengatasi File Excel Corrupt

Cara termudah mengatasi file corrupt  dalam bentuk excel banyak cara yang dapat dilakukan. Tidak perlu khawatir karena file akan tetap bisa digunakan dan data yang berada di dalamnya bisa dipulihkan. Cermati berbagai cara di bawah ini:

1. Buka dan Perbaiki (Open and Repair)

Jika Excel sheet rusak dan terdapat  pesan seperti ‘file rusak dan tidak bisa dibuka’, Hal ini dapat teratasi dengan cara membuka MS Excel. Simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik file yang corrupt > Membuka.
  • Klik panah yang ada di samping buka di kotak dialog.
  • Tentukan open and repair.

2. Ekstrak Data

Jika data tetap tidak bisa dipulihkan, maka pilih Ekstrak Data. Apabila perbaikan manual dan otomatis tidak berfungsi, terdapat metode pemulihan lain yang dapat membantu memperbaiki data yang rusak.

3. Jadikan Versi Terakhir Disimpan

Cara ini jika terjadi kerusakan di saat sebelum di simpan atau menyimpan perubahan yang dibuat. Hal ini dapat dikembalikan ke versi terakhir. Perhatikan  langkah-langkah berikut:

  • Klik File yang berada di pojok kiri atas, kemudian klik ‘Buka’.
  • Kemudian, ganda nama buku kerja yang terbuka di Excel.
  • Klik  Ya membuka kembali file excel yang corrupt.

Kekurangan dari cara ini, tentu saja perubahan yang dibuat akan menghilang dan berubah menjadi kali terakhir file disimpan.

Memperbaiki File Corrupt dengan Aplikasi

Pilihan lain yang dapat dilakukan, jika file belum bisa kembali adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan. Disini terdapat banyak cara yang dapat digunakan.

1. Pakai Google Spreadsheet

Tentunya sebelum menggunakan cara ini, sudah terdapat akun google yang siap digunakan. Cermati langkah berikut agar tidak ada step yang terlewat:

  • Buka terlebih dahulu google drive, dan pilih icon plus untuk mengupload file.
  • Pilih file yang akan diupload.
  • Buka file melalui cara online dengan mengklik dua kali.
  • File dapat  dibuka lewat Google Spreadsheet dan dapat membantu mengembalikan file Excel yang corrupt.

2. Website atau Tools Online

Beragam website online yang dapat membantu mengembalikan file Excel yang corrupt. Tools online lebih mudah, karena stepnya cukup mengupload dan mendownload ulang file yang sudah diperbaiki.

Ada beberapa website seperti Online File Repair ataupun Office Recovery. Ataupun website lain yang masih banyak di browser.

Tips Agar File Aman dari Virus maupun terjadinya Corrupt

Untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada file, sebaiknya untuk bisa menjaga file tersebut dengan lebih hati-hati. Simak tips di bawah ini:

  • Pastikan untuk selalu menyimpan hasil pekerjaan secara berkala, ataupun mengaktifkan sistem auto save.
  • Flash disk ataupun penyimpanan eksternal lain yang digunakan, pastikan sudah di keluarkan atau di eject terlebih dahulu.
  • Ketika mengharuskan mentransfer file dari perangkat satu ke perangkat lain, pastikan jika file sudah terkirim sempurna seratus persen.

Kurang lebih itu yang dapat dipaparkan bagaimana cara memperbaiki file excel yang corrupt. Semoga bermanfaat, dan tugas pun segera selesai untuk dikumpulkan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.