Teknologi

Inilah Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB dengan Praktis!

Dewasa ini untuk mendapatkan smartphone dengan kapasitas RAM yang besar, pembeli harus menambah beberapa sen untuk mendapatkannya. Sangat tidak efisien dan menguras kantong bukan? Berikut akan ada beberapa cara menambah RAM 1gb menjadi 4gb mudah.

RAM yang kecil sangat tidak leluasa untuk digunakan. Dengan 1gb pengguna akan terbatasi dalam menyimpan file-file berukuran besar.

Sedangkan seperti gambar yang beresolusi tinggi akan memiliki ruang penyimpanan yang besar, apa yang harus pengguna lakukan? Simak tips dan trik berikut:

1. Menambahkan Micro SD

Cara menambah RAM 1gb menjadi 4gb yang paling mudah dan praktis adalah dengan menambah ruang penyimpanan melalui micro sd. Dengan menggunakan micro sd, pengguna dapat menambah penyimpanan berapapun, mulai dari 8gb hingga 64 gb.

Selain itu, menggunakan micro sd juga memiliki keunggulan lainnya yakni data file yang tersimpan pada microsd akan tersimpan dengan aman. Kecil kemungkinan akan hilang atau terhapus tanpa sengaja, serta mudah dibawa kemana-mana.

2. Menggunakan Aplikasi Unduhan

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi unduhan berupa RAM booster. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui play store pada android, kemudian diinstal di dalam hp yang digunakan. RAM booster memiliki fungsi utama berupa mengoptimalkan kinerja RAM.

Dengan RAM booster, pengguna dapat memiliki ruang penyimpanan lebih yang dapat digunakan. RAM booster membantu menghapus file-file yang tidak digunakan dan hanya memenuhi penyimpanan RAM. Aplikasi ini juga dapat memastikan fungsi-fungsi software yang masih baik.

Aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna smartphone, di mana smartphone yang digunakan sudah terlalu lama dan sering mengalami bug. Penyimpanan RAM penuh memiliki banyak dampak negatif terhadap kinerja ponsel, dan menyebabkan ketidaknyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

3. Menonaktifkan Fitur-fitur Tambahan

Cara menambah RAM 1gb menjadi 4gb selanjutnya adalah dengan menonaktifkan fitur-fitur tambahan yang tidak digunakan secara optimal. Seperti halnya widget, live wallpaper, dan sebagainya. Penggunaan fitur-fitur seperti diatas, hanya akan menyebabkan RAM penuh seketika.

Penggunaan fitur-fitur tersebut mungkin akan mempercantik atau memperindah tampilan beranda ponsel pengguna. Akan tetapi hal itu tidak akan berlaku bagi pengguna yang hanya memiliki penyimpanan RAM yang kecil, maka bijak-bijaklah dalam menggunakan ruang penyimpanan.

4. Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Selanjutnya terdapat cara dengan menonaktifkan aplikasi bawaan, hal ini menjadi sangat menyebalkan ketika ruang penyimpanan menjadi penuh seketika. Aplikasi bawaan dari perusahaan produsen sedikit banyak memang membantu, akan tetapi jika pada akhirnya akan merugikan pengguna?

Hal inilah yang patut disadari oleh produsen smartphone, kadang kala penyimpanan aplikasi bawaan memakan ruang penyimpanan RAM yang disediakan untuk pengguna. Sudah sepatutnya, pengguna menghapus atau memberhentikan paksa aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak digunakan.

5. Menghapus Aplikasi dengan Penyimpanan yang Besar

Cara menambah RAM 1gb menjadi 4gb yang berikutnya adalah dengan menghapus aplikasi dengan ruang penyimpanan yang cukup besar. Dimana seperti aplikasi-aplikasi editor video atau gambar rata-rata memiliki ruang penyimpanan yang besar.

Aplikasi-aplikasi tersebutlah yang perlu dipertimbangkan, apakah perlu dan dapat digunakan secara optimal atau tidak. Serta pertimbangkan kembali beberapa aplikasi yang serupa, pilih salah satu dengan fitur terbaik dan ruang penyimpanan yang tidak korup.

Saat ini pengguna smartphone atau ponsel pintar yang memiliki ruang penyimpanan RAM yang kecil sudah tidak perlu risau lagi! Telah dipaparkan beberapa cara menambah RAM 1gb menjadi 4gb diatas dengan mudah dan praktis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button