Cara Memperbaiki Hp Layar Sentuh yang Tidak Bisa Disentuh Samsung, Praktis

cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh samsung

Kerusakan pada sentuhan layar yang tidak dapat disentuh biasa terjadi apabila penggunaan Handphone terlalu intens. Ada beberapa cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh samsung. Tentunya beberapa cara di bawah ini dapat berhasil.

Beberapa cara ini dapat digunakan apabila handphone samsung mengalami kejadian layarnya tidak dapat merespon ketika ditekan. Inilah beberapa tips yang dapat dipakai untuk memperbaiki layar yang tidak dapat disentuh:

1. Membersihkan Layar pada Handphone

Ketika layar terkena kotoran dan minyak, itu bisa jadi faktor touchscreen kadang-kadang tidak responsif. Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan layar menggunakan kain yang lembut dan basah.

Gosoklah dengan lembut, hingga semua kotoran terhapus. Hal ini bisa membuat layar menjadi dapat disentuh kembali.

2. Masuk kedalam Test Mode dan Melakukan Pengujian

Dengan mode pengujian ini, kita dapat melakukan pengujian layar untuk mengetahui apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak.

Panggil *#0*# dan pilih opsi Layar Sentuh. Selanjutnya, geser jari pada kotak-kotak yang ada di layar. Jika tidak ada masalah dengan layar sentuh, kotak-kotak akan berubah menjadi hijau. Untuk keluar dari mode pengujian, restart ponsel.

3. Mengaktifkan Safe Mode

Tidak ada individu di dunia ini yang bisa bertahan tanpa mengunduh aplikasi dari sumber pihak ketiga melalui Play Store. Terkadang, aplikasi ini dapat menyebabkan masalah pada layar sentuh dan mempengaruhi kinerja perangkat.

Untuk mengatasi masalah ini, direkomendasikan untuk mem-boot ponsel dalam Mode Aman. Dengan melakukan ini, semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan dan hanya dapat menggunakan aplikasi bawaan Samsung seperti Telepon, Pesan, dan sebagainya.

Apabila perangkat merespons dengan baik dalam Mode Aman, maka perlu menghapus aplikasi pihak ketiga yang baru saja diinstal dan mengawasi perangkat. Tekan dan tahan tombol Daya. Sentuh dan tahan tombol Matikan. Pilih Mode Aman. Untuk keluar dari Mode Aman, restart ponsel.

4. Melakukan Reset Pabrik pada Handphone

Pilihan terakhir yang dapat digunakan adalah dengan melakukan reset pabrik pada ponsel. Dengan melakukan reset ini, semua pengaturan dan data di ponsel akan dihapus. Untuk mereset ponsel Samsung, di bawah ini adalah langkahnya:

  • Membuka menu “Pengaturan”.
  • Cari menu dan tulisan  “Manajemen Umum”.
  • Selanjutnya, pilih menu “Reset” dan sentuh “Factory Data Reset”.
  • Tinggal tunggu proses reset.

5. Keringkan Handphone Apabila Basah

Ponsel yang terkena air dapat mengakibatkan layar sentuh berhenti berfungsi, tidak responsif, atau tidak stabil. Dalam situasi seperti ini, mengeringkan ponsel secara menyeluruh merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

6.  Melepaskan Anti-gores yang Digunakan

Menggunakan pelindung layar atau anti-gores murah secara sembarangan dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti overheating, berkurangnya responsivitas sentuhan, dan lainnya

Maka dari itu, disarankan selalu menggunakan pelindung layar yang sesuai dan berkualitas, serta menggunakan aksesori lainnya yang direkomendasikan.

7.  Kunjungi Service Center

Selanjutnya cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh Samsung adalah dengan membawanya ke Service Center Samsung. Upaya perbaikan layar belum berhasil, langkah terakhir yang dapat diambil adalah mengunjungi Service Center resmi Samsung.

Jika kerusakan tersebut memang terjadi pada bagian LCD, ada kemungkinan untuk mendapatkan penggantian perangkat atau layanan servis gratis, jika masih berada dalam masa garansi.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh Samsung. Jika sudah mencoba semua cara di atas masalah tetap tidak dapat diperbaiki, maka opsi yang dapat dipertimbangkan adalah mengganti ponsel dengan yang baru.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.