Cara Memperbaiki Suara HP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat!

Cara Memperbaiki Suara HP yang Hilang dengan Mudah dan Cepat!

Speaker tentu menjadi bagian penting dalam komponen hp. Apabila speaker tidak bekerja dengan baik, dan tidak menghasilkan suara maka terdapat partikel atau pengaturan yang salah. Sebenarnya, cara memperbaiki suara hp yang hilang ini dapat dilakukan dengan mudah.

Meskipun suara yang tidak dapat keluar dari speaker hp dapat dialihkan melalui TWS atau headset. Tetap saja merasa kurang sempurna, dan dengan TWS atau headset, audio hanya bisa didengarkan oleh satu sampai dua orang saja. Untuk itu, simak cara yang dapat dilakukan berikut:

1. Memeriksa Pengaturan Volume 

Cara memperbaiki suara hp yang hilang pertama dengan cara memeriksa pengaturan volume. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun bisa saja hp yang digunakan dalam keadaan hening. Apabila dalam keadaan hening, tentu saja speaker tidak berfungsi. 

Pastikan dengan baik bahwa hp yang digunakan tidak dalam mode hening atau jangan ganggu. Dengan begitu speaker akan kembali berfungsi mengeluarkan suara atau audio yang tersedia. 

2. Memastikan Bahwa HP Tidak Terkena Bug atau Error

Permasalahan dengan barang elektronik seperti hp, laptop, dan sebagainya tidak dapat dihindarkan dari yang namanya bug atau error. Penyebab bug atau error tentunya sangat banyak, seperti cache, root, ataupun pemasangan aplikasi yang berbahaya. 

Cache perlu dibersihkan dan dihapus secara berkala agar tidak memenuhi penyimpanan. Rooting yang dilakukan dengan asal-asalan atau tidak benar akan berdampak sangat fatal, tidak hanya akan mempengaruhi komponen hp seperti speaker, juga menyebabkan booting

Sedangkan untuk aplikasi-aplikasi seperti gbwa, dimana pengunduhannya tidak melalui play store atau app store perlu diwaspadai. Pengunduhan aplikasi ilegal dapat membahayakan software pada hp, dan menyebabkan hp sering nge-bug ataupun error. 

3. Memeriksa Speaker 

Pemeriksaan speaker pada hp menjadi cara memperbaiki suara hp yang hilang selanjutnya. Kerusakan pada speaker hp bisa saja bukan berasal dari komponen-komponen software, namun dari speaker itu sendiri. 

Kerusakan pada speaker hp dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya:

  • Speaker HP yang kotor, perlu adanya pembersihan secara berkala pada speaker agar debu-debu yang menempel tidak semakin menumpuk.

  • Terlalu sering berdekatan dengan benda magnetic. Speaker sendiri mengandung magnet dan apabila didekatkan dengan benda magnetic, akan menyebabkan elektronnya menghilang. 

  • Terkena air, apabila speaker atau hp terkena air maka akan terjadi error dan menyebabkan hp tidak berfungsi dengan baik. Namun saat ini sudah banyak brand yang memberikan proteksi terhadap hp jika terkena air. 

  • Penggunaan headset yang terlalu sering, dengan menggunakan headset terlalu sering menyebabkan speaker tidak dapat berfungsi dengan optimal.

4. Menggunakan Aplikasi Unduhan

Cara memperbaiki suara hp yang hilang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi unduhan. Memperbaiki speaker dapat dilakukan dengan aplikasi unduhan play store. Selain cara-cara diatas, terdapat cara lainnya yakni dengan mengunduh aplikasi dari play store. 

Aplikasi yang perlu diunduh adalah soundabout, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Soundabout menjadi salah satu aplikasi terpopuler dalam bidangnya daripada aplikasi lainnya. Aplikasi ini dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan dalam speaker pada hp. 

Penggunaan aplikasi soundabout diperlukan adanya koneksi internet, terutama apabila belum mengunduh aplikasinya dalam playstore. Setelah diunduh dan terinstall dalam hp, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik wired headset setting

Cara memperbaiki suara hp yang hilang diatas, merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Apabila kerusakan yang terjadi tidak tertolong, maka diperlukan adanya service pada speaker hp tersebut. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.