Kenapa Smartfren Unlimited Lemot? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenapa Smartfren Unlimited Lemot? Ternyata Ini Penyebabnya!

Smartfren merupakan salah satu penyedia paket internet di Indonesia dengan memberikan kuota jenis unlimited dengan harga murah. Namun, banyak pelanggan mengeluhkan kecepatan internet smartfren dan selalu menanyakan kenapa smartfren unlimited lemot dan sebagainya.

Hal seperti ini tentu saja bukanlah pertanda yang baik. Pelanggan akan kesulitan dan mungkin akan menjadi kesal dan memilih untuk berpaling dari kartu smartfren, namun sebelum itu semuanya harus tahu penyebab dari lemotnya smartfren unlimited. Berikut penjelasannya:

1. Terdapat Batas Pemakaian Harian Atau FUP

Alasan yang pertama kenapa smartfren unlimited lemot adalah karena adanya batas pemakaian harian yang mana jika batas ini sudah habis, maka kecepatan yang digunakan akan menurun. 

Hal ini akan menyebabkan kesulitan untuk melakukan browsing, bermain media sosial dan bahkan menonton youtube. FUP yang diberikan oleh provider ini tergantung dengan paket unlimited yang dipilih, biasanya kisaran 500 MB hingga 1,5 GB per harinya. 

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan membeli paket tambahan yang berlaku selama satu hari untuk menambah FUP dan membuat kecepatan internet meningkat.

2. Terjadi Gangguan Pada Jaringan Smartfren

Alasan kedua ini merupakan alasan yang tidak dapat diprediksi yaitu terjadi gangguan pada jaringan smartfren, sehingga kecepatan internet akan menjadi lemot secara otomatis. Hal seperti ini umumnya terjadi, karena terdapat masalah langsung dari pusat sehingga tidak dapat melakukan apa pun.

Untuk mencari tahu apakah terdapat gangguan pada jaringan, maka dapat bertanya kepada sesama pengguna smartfren karena biasanya masalah seperti ini terjadi secara merata kepada seluruh pengguna smartfren. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menunggu hingga jaringan kembali pulih.

3. Pengaturan APN

Alasan berikutnya terdapat pada kesalahan dalam pengaturan APN (Access Point Name) yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara perangkat ponsel dengan jaringan internet yang sedang digunakan. 

Jika terdapat kesalahan pada pengaturannya, maka akan menimbulkan penurunan kecepatan internet atau lemot. Cara untuk mengatasinya adalah para pengguna smartfren dapat melakukan pengaturan pada APN yang terdapat di ponsel masing-masing. 

Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan mencari server yang memiliki ping yang sangat cepat seperti smartfren 4G, excite.co.id, dan lain sebagainya yang dapat digunakan dengan baik.

4. Masa Berlaku Paket Unlimited Telah Berakhir

Alasan terakhir yang menjadi bagian dari lemotnya jaringan smartfren unlimited adalah telah berakhirnya masa berlaku atau masa aktif paket yang digunakan. 

Seperti jaringan pada kartu internet lainnya, jika masa berlaku paket yang telah diaktifkan telah habis, maka akan membuat kecepatan internet menurun dan tidak akan bisa melakukan apapun.

Cara baik yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek masa aktif paket unlimited yang digunakan pada aplikasi MySmartfren atau pada dial *999#. 

Sebaiknya selalu perhatikan waktu berakhirnya paket yang digunakan jika ingin tetap menggunakan paket unlimited smartfren tanpa gangguan apa pun.

Demikianlah alasan yang menjadi penyebab kenapa smartfren unlimited lemot dan beberapa cara mudah yang dapat dilakukan secara mandiri. Walaupun paket smartfren unlimited dapat digunakan secara bebas. 

Namun alangkah baiknya untuk memeriksa dan memperhatikan kuota dan masa aktif yang tersedia agar dapat menikmati kelebihan dari internet smartfren.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.