Teknologi

Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Setelah di Reset, Pasti Berhasil!

Cara mengembalikan kontak yang hilang setelah di reset pada smartphone dapat dilakukan dengan mudah. Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan hilangnya kontak, salah satunya yakni per-reset an.

Hal ini biasa dilakukan untuk mengatasi smartphone yang sedang trouble atau bermasalah. Tentu saja hilangnya kontak pada smartphone sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dikarenakan komunikasi yang terputus dengan orang lain. Mari simak langkah untuk mengatasinya!

Menggunakan iCloud pada iPhone

Cara mengembalikan kontak yang hilang setelah di reset dapat dilakukan oleh pengguna iOS atau iPhone. Dengan penggunaan iPhone tidak perlu kecemasan lebih apabila mereset atau mengatur ulang smartphone.

Dalam software iPhone sudah tersedia penyimpanan awan atau biasa disebut dengan iCloud. Dengan iCloud pengguna dapat menyimpan cadangan data-data penting, seperti kontak, foto, note, dan lain sebagainya.

1. Jika Kontak Sudah Tersimpan

Untuk mengantisipasi adanya kehilangan kontak, hal ini dapat diatur dalam pengaturan iPhone. Apakah ingin menyimpan kontak dalam aplikasi kontak saja, atau ingin mencadangkannya pada iCloud. Berikut langkahnya:

  • Buka pengaturan pada iPhone, dan cari pengaturan kontak.
  • Selanjutnya pada default akun, akan tersedia beberapa akun yang dapat digunakan untuk pencadangan. Terdapat iCloud iPhone itu sendiri, dan juga email yang dimasukkan dalam iPhone.

2. Jika Kontak Telah Hilang

Dengan memilih menggunakan default akun iCloud, maka dapat dipastikan kontak yang dimiliki akan tersimpan dengan baik dan tidak akan hilang. Sedangkan apabila kontak-kontak yang dimiliki telah hilang, maka dapat dilakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Buka pengaturan pada iPhone, dan selanjutnya buka pengaturan iCloud.
  • Kemudian non aktifkan tombol kontak, dan pilih keep on my iPhone.
  • Selanjutnya kembalikan tombol kontak menjadi aktif, dan pilih merge atau gabungkan.

Tunggu proses pemulihan hingga akhir, dan kontak yang hilang atau terhapus akan kembali seperti semula.

Menggunakan Google Contact

Cara mengembalikan kontak yang hilang setelah di reset dengan mudah dan praktis yang kedua, adalah dengan menggunakan google contact. Google selalu memiliki aplikasi-aplikasi hebat dalam segala hal, salah satunya adalah google contact.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kontak yang dimiliki akan aman dari kehilangan dan terhapusnya akibat reset. Hal ini dapat dilakukan melalui peramban internet. Berikut langkahnya:

  • Buka peramban internet, dapat berupa browser, mozilla, dan lain sebagainya.
  • Masuk ke google contact dengan menggunakan akun email yang terhubung dengan hp yang digunakan.
  • Kemudian klik pengaturan atau setting pada halaman google contact tersebut.
  • Klik undo changes, dimana yang artinya membatalkan perubahan.
  • Kemudian pilih periode waktu yang disediakan, diantaranya 10 menit, 1 jam, 1 hari yang lalu, atau dapat menentukan sendiri tenggatnya dengan mengklik custome.
  • Klik undo untuk melanjutkan pembatalan perubahan.

Dengan demikian kontak yang hilang akan di restore atau dipulihkan sesuai periode yang telah ditentukan sebelumnya.

Menggunakan Aplikasi Unduhan

Cara mengembalikan kontak yang hilang setelah di reset selanjutnya, adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi unduhan. Dengan menggunakan aplikasi unduhan tentu saja akan terasa lebih merepotkan ketimbang dengan menggunakan iCloud, dan google contact.

Aplikasi yang dapat digunakan adalah recover deleted contact, dan ult fone android data recovery. Aplikasi ini hanya dapat diunduh dan dijalankan dalam smartphone android atau dalam playstore. Berikut langkahnya:

  • Pastikan jaringan internet dalam smartphone yang digunakan stabil untuk mengunduh aplikasi.
  • Buka playstore dan ketikkan salah satu nama dari aplikasi tersebut pada kolom pencarian.
  • Unduh aplikasi, dan tunggu hingga pengunduhan selesai.
  • Selanjutnya tunggu penginstalan atau pemasangan aplikasi pada smartphone yang digunakan.
  • Kemudian ketikkan nomor telepon atau nama kontak yang hilang pada pencarian. Klik pencarian, dan akan muncul no kontak yang hilang sebelumnya.
  • Langkah terakhir dengan mengklik restore atau pemulihan.

Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, maka kontak yang hilang akan dapat dipulihkan dengan mudah.

Diatas merupakan beberapa cara mengembalikan kontak yang hilang setelah di reset, beberapa cara mungkin memerlukan akun email atau iCloud. Dengan mengetahui cara-cara diatas, maka tidak akan risau apabila kontak yang dimiliki hilang akibat reset pabrik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button