Cara Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Dihapus Secara Mudah

cara melihat log panggilan whatsapp yang dihapus

Jika log panggilan di whatsapp terhapus, tidak perlu khawatir. Karena terdapat beberapa cara dalam mengembalikan log panggilan tersebut. Berikut cara melihat log panggilan whatsapp yang dihapus secara mudah agar log panggilan dapat kembali di whatsapp.

Terkadang, tanpa sadar pengguna whatsapp menghapus log panggilannya. Sedangkan pada log panggilan tersebut juga terdapat nomor yang mungkin belum tersimpan pada kontaknya. Bukan berarti log yang terhapus sudah tidak dapat dilihat kembali. Berikut beberapa caranya.

Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Terhapus Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebenarnya terdapat dua cara dalam mengembalikan log data log panggilan yang terhapus. Yaitu tanpa menggunakan aplikasi tambahan, dan menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga.

Meskipun begitu, jika tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, pengguna Whatsapp harus sudah mengaktifkan cadangan chat pada pengaturan Whatsapp. Berikut langsung saja ke cara melihat log panggilan whatsapp yang dihapus secara mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

1. Melalui Google Drive

Sebenarnya terdapat cara yang lebih mudah untuk melihat log panggilan yang terhapus. Yaitu dengan cara memeriksa chat satu per satu untuk melihat log panggilan dalam chat. Sayangnya, tidak semua log dapat tersimpan di dalam chat.

Karena itu google drive merupakan satu cara yang lebih aman untuk melihat kembali log panggilan yang terhapus. Namun cara ini tentu saja bagi pengguna whatsapp yang menggunakan google drive sebagai penyimpanan cadangan data pada whatsappnya.

Kebanyakan yang menggunakan google drive sebagai cadangan data adalah pengguna android. Sedangkan bagi pengguna iOs biasanya menggunakan iCloud. Nah jadi langsung saja berikut cara melihat log panggilan Whatsapp yang dihapus secara mudah menggunakan google drive:

  • Pertama buka aplikasi whatsapp.
  • Selanjutnya masuk ke setting lalu pilih chat backup.
  • Saat terbuka, maka akan terdapat pilihan account option.
  • Pilih data yang diperlukan untuk dikembalikan atau backup.
  • Tunggu hingga proses selesai dan data akan dikembalikan di whatsapp.

2. Melalui Backup Data Lokal

Cara ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh pengguna Android. Pasalnya untuk pengguna Android dapat membuka file manager yang di dalamnya terdapat beberapa file Whatsapp. Sedangkan untuk pengguna iOs tidak terdapat file manager di dalamnya.

Akan tetapi, cara ini mengharuskan menginstall kembali aplikasi Whatsapp. Jadi pastikan jika nomor Whatsapp yang akan digunakan masih dapat digunakan. Langsung saja berikut cara melihat log panggilan Whatsapp yang dihapus secara mudah menggunakan backup local:

  • Pertama buka file manager yang terdapat di Android.
  • Setelah terbuka, maka pilih database dan buka.
  • Cari file dengan format “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12”, dan convert atau ubah menjadi “msgstore.db.crypt12”.
  • Jika sudah, maka install kembali Whatsapp menggunakan nomor yang sebelumnya digunakan.
  • Selesai dan data akan log panggilan akan kembali dalam Whatsapp.

Meskipun cara ini hanya bisa dilakukan di Android, bagi pengguna iOs juga dapat backup log panggilan. Sebenarnya data tersebut telah tersimpan di iCloud, dan pengguna iOs hanya perlu backup data Whatsapp ke iOs melalui iTunes.

Melihat Log Panggilan Whatsapp yang Terhapus Menggunakan Aplikasi Tambahan

Tidak hanya dua cara di atas, sebenarnya menggunakan aplikasi tambahan juga bisa menjadi satu alternatif untuk melihat log panggilan yang telah terhapus. Berikut cara melihat log panggilan whatsapp yang dihapus secara mudah menggunakan aplikasi tambahan:

1. Melalui Aplikasi Recent Notification

Selain melalui google drive, menggunakan aplikasi recent notification juga membantu bagi pengguna Whatsapp untuk melihat log panggilan yang terhapus. Aplikasi ini mungkin perlu diinstall jika pengguna Whatsapp ingin melihat semua log panggilan yang pernah dilakukan.

Cara ini mungkin merupakan cara yang paling mudah karena pengguna Whatsapp cukup mendownload dan menginstalnya di HP. Langsung saja berikut penjelasannya:

  • Download aplikasi Recent Notification.
  • Jika sudah terdownload dan terinstall, maka click get started.
  • Jika muncul pilihan menu, maka berikan izin atau akses untuk notifikasi.
  • Buka aplikasi dan daftar log panggilan akan muncul.

2. Melalui Aplikasi Undeleter

Selain aplikasi recent notification, menggunakan aplikasi undeleter ini juga bisa menjadi satu alternatif lain. Namun syarat menggunakan aplikasi ini adalah smartphone tersebut dalam kondisi rooted. Berikut cara melihat log panggilan whatsapp yang dihapus menggunakan undeleter:

  • Pertama download aplikasi undeleter dan install.
  • Selanjutnya pada aplikasi cari pilihan restore data.
  • Tunggu proses restore data dan selesai.

Terkadang memang tanpa sadar pengguna whatsapp menghapus log panggilan. Karena itu untuk berjaga-jaga ada baiknya untuk pengguna Whatsapp selalu mengaktifkan cadangan pada pengaturan whatsapp agar data di dalam whatsapp dapat tersimpan di penyimpanan cloud.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.