Teknologi

Begini Cara Verifikasi Nomor di Shopee dengan Praktis

Penggunaan aplikasi Shopee sebagai platform pembelian barang yang populer saat ini telah menjadi tren yang semakin meningkat. Untuk memastikan keamanan penggunaan aplikasi ini, disarankan untuk melindunginya dengan cara verifikasi nomor di Shopee sesuai dengan petunjuk yang disediakan.

Melalui verifikasi nomor Shopee, pengguna dapat menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun mereka. Di bawah ini merupakan beberapa cara untuk melakukan verifikasi nomor di Shopee:

1. Verifikasi Nomor menggunakan Aplikasi Shopee

Salah satu prosedur pertama untuk verifikasi adalah melalui aplikasi Shopee itu sendiri. Dalam tahap ini, pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon mereka langsung melalui aplikasi Shopee yang terinstal di perangkat mereka.

Dengan cara ini, pengguna dapat memastikan bahwa nomor telepon yang mereka daftarkan terhubung secara langsung dengan akun Shopee tersebut. Berikut ini adalah langkah untuk melakukan verifikasi nomor melalui aplikasi Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee yang telah terinstal di perangkat ponsel. Kemudian, akses menu “Saya” di aplikasi tersebut.
  • Dalam menu “Saya”, cari dan klik ikon pengaturan yang biasanya berbentuk gerigi mesin atau tekan opsi “Pengaturan” di bawah profil akun.
  • Di dalam menu Pengaturan, temukan dan klik opsi “Profil Saya” atau “Atur Sekarang”. Selanjutnya, pilih opsi “Tambah” untuk memasukkan nomor ponsel  digunakan untuk verifikasi.
  • Setelah itu, akan muncul tombol “Lanjut”, klik tombol tersebut untuk melanjutkan proses verifikasi. Setelah memasukkan nomor handphone, sistem akan mengirimkan kode unik yang hanya dapat digunakan sekali (OTP – One-Time Password) melalui pesan teks (SMS). atau WhatsApp ke nomor yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Setelah menerima kode OTP, akan muncul kolom isian di aplikasi Shopee untuk memasukkan kode tersebut. Kode tersebut dapat diketik ulang secara manual atau dapat menggunakan opsi copy-paste untuk mengisi kolom yang disediakan.
  • Setelah memasukkan kode OTP, klik tombol “Verifikasi” untuk menyelesaikan proses verifikasi. Setelah itu, nomor yang dimasukkan akan menjadi kunci untuk verifikasi data akun di Shopee.

2. Verifikasi Nomor Melalui Situs Web Shopee

Metode kedua untuk melakukan verifikasi nomor di Shopee adalah melalui situs web Shopee, yang dapat diakses melalui laptop atau browser pada perangkat seluler.

Dengan demikian, pengguna dapat memilih untuk melakukan verifikasi nomor melalui situs web jika lebih nyaman atau lebih mudah diakses melalui perangkat seluler yang mereka gunakan.

Di bawah ini merupakan cara verifikasi nomor di Shopee melalui situs web. berikut langkah-langkah tahapan yang dapat ditiru oleh pengguna akun Shopee:

  • Buka situs web Shopee dengan alamat shopee.com. Selanjutnya, cari dan klik opsi “Login” di halaman tersebut. Sediakan kredensial pengguna yang telah terdaftar sebelumnya untuk masuk ke akun Shopee.
  • Setelah berhasil login, navigasikan ke menu “Akun Saya” pada halaman tersebut. Di halaman Akun Saya, cari kolom Nomor Telepon dan klik tombol “Tambah”.
  • Selanjutnya, masukkan nomor handphone yang ingin daftarkan di kolom yang muncul. Setelah itu, tekan tombol “Kirim Kode Verifikasi” untuk meminta pengiriman kode verifikasi (OTP).
  • Setelah mengirim permintaan kode verifikasi, tunggu beberapa saat sampai menerima kode OTP melalui WhatsApp atau SMS. Pastikan nomor telepon yang didaftarkan terhubung dengan nomor WhatsApp agar kode dapat diterima.
  • Saat kode OTP sudah diterima, salinlah nomor tersebut atau menuliskannya secara manual pada kolom yang disediakan untuk kode verifikasi OTP. Pastikan untuk memasukkan kode dengan benar. Setelah memasukkan kode OTP, tekan tombol “Konfirmasi”.
  • Tunggu sejenak untuk mendapatkan izin akses kembali ke akun Shopee. Jika berhasil masuk kembali ke akun, itu berarti proses verifikasi nomor telah selesai.

Sekian dari penjabaran cara verifikasi nomor di Shopee yang dapat ditiru dengan mudah. Melalui cara-cara tersebut, pengguna dapat mengamankan akun Shopee dengan verifikasi nomor telepon, untuk memastikan keberlangsungan keamanan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button