Teknologi

Apa Dampak Hp di Reset Pabrik? Ini Jawabannya

Sebelum melakukan reset ulang, harus mengetahui terlebih dahulu apa dampak hp di reset pabrik. Sehingga, dapat melakukan pencegahan apabila data penting di dalam hp tersebut hilang.

Banyak sekali faktor seseorang melakukan reset pabrik, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah akibat virus dalam ponsel. Untuk itu, seseorang akan melakukan reset pabrik apabila mendesak. Berikut dampak hp di reset pabrik:

Dampak-dampak Melakukan Reset Pabrik

Dampak pada reset pabrik sangatlah banyak. Namun, ketika mengetahui dampak pada reset pabrik, pengguna ponsel akan lebih mudah untuk menangkal hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut dampak pada reset pabrik:

1. Data dalam Memori Internal Hilang

Sudah pasti data yang terhubung oleh memori internal akan hilang. Seperti aplikasi atau foto di dalam ponsel tentu terhapus. Apabila terdapat file penting, sebaiknya dicadangkan terlebih dahulu atau dipindahkan ke alat digital lain.

Namun, untuk ponsel yang melakukan reset pabrik, data internal hilang memang menjadi tujuannya. Karena, di beberapa ponsel ketika memori penuh sangat mengganggu aktivitas dalam bermain ponsel.

2. Akun Sosial Media Ter Log out

Tentu ini sangat merepotkan apabila lupa password akun sosial media. Akan tetapi, apabila akun sosial media terhubung oleh gmail, dapat login kembali.

Reset pabrik dan restart hp mempunyai arti yang berbeda. Pada reset pabrik mempunyai arti menormalkan kembali keadaan hp dengan membersihkan semua data.

Restart hp/reboot hanya untuk mematikan hp sekejap lalu hidup kembali. Biasanya, hal ini dilakukan apabila terjadi error pada ponsel. Hanya dengan menekan tombol power dan pilih reboot, ponsel akan secara otomatis mati.

3. Akun Google Terhapus

Sama halnya dengan sosial media yang ter log out, akun google juga perlu ingat akan password dan gmail yang pernah dipakai sebelumnya. Apabila lupa password, akan sulit untuk login kembali.

Maka dari itu, perlu persiapan yang cukup matang apabila akan melakukan reset pabrik pada ponsel. Selain itu, akun google juga dapat menjadi alternatif lain untuk mencadangkan file penting.

4. Bertambah Rusak

Ini adalah dampak hp di reset pabrik yang sangat ditakutkan. Apabila dalam proses reset tidak berjalan sempurna atau ponsel tidak mendukung, akan terjadinya kerusakan pada software.

Itulah beberapa dampak yang perlu diperhatikan ketika akan mereset pabrik hp. Banyak sekali resiko yang perlu ditanggung oleh pengguna. Akan tetapi, cara ini juga dapat mempermudah pengguna untuk menormalisasi handphone yang terkena virus.

Reset pabrik pada ponsel dapat dilakukan di tempat service handphone atau dilakukan secara sendiri. Namun, untuk melakukan reset handphone pada tempat service akan mengeluarkan biaya.

Cara Melakukan Reset Pabrik Hp Android

Melakukan reset pabrik memang merupakan hal yang mempunyai resiko besar, akan tetapi dapat dilakukan dengan sendiri apabila keadaan kepepet dan tidak memiliki waktu untuk ke tempat service. Berikut cara melakukan reset pabrik sendiri:

  • Buka pengaturan pada ponsel dan pilih general management.
  • Klik reset, lalu pilih reset device.
  • Tunggu hingga muncul tulisan ‘Android Recovery’.
  • Tekan tombol volume bawah hingga terdapat pilihan factory reset dan tekan tombol daya.
  • Tunggu beberapa saat untuk recovery pada ponsel hingga muncul pilihan reboot.
  • Lalu, klik reboot system now dan tekan tombol daya.

Itulah dampak hp di reset pabrik hingga cara mereset pada hp android. Setelah mengetahui hal tersebut, pengguna dapat memberikan pertimbangan dalam mereset hp apabila keadaan tidak mendesak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button